Pages - Menu

Pages

Jumat, 30 April 2021

Penilaian Harian Matematika 3

 Hari/Tanggal : Jum'at, 30 April 2021

 




Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah mendengarkan tausiah serta rangkum isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen wajib ya🥰:


Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak! 

Berikut ini link soal Penilaian Harian Matematika 3


Jangan lupa kirimkan dokumentasi kalian saat mengerjakan soal serta hasilnya. terimakasih!
Jangan lupa shalat 5 waktu, jaga kesehatan dan semangat puasa ibadah dan belajarnya walaupun dari rumah.
Wassalamualaikum.wr.wb

Kamis, 29 April 2021

Matematika

  Hari/Tanggal : Kamis, 29 April 2021

 


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah mendengarkan tausiah serta rangkum isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen wajib ya🥰:


Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak!

Pada pelajaran sebelumnya kita sudah mempelaajari materi tentang Median dan Modus. Dan pada hari ini kita akan belajar tentang materi Mean. Disimak ya nak materi di bawah ini :

Kamis,29 April 2021

Kelas : V

Materi :Mean atau Nilai Rata-Rata 


Tujuan Pembelajaran :

  1. Menjelaskan tentang nila rata-rata (mean)
  2. Memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari yang terkait dengan nilai rata-rata (mean)
  3. Berapa rata-rata nilai ulangan matematika di kelasmu? Bagaimana cara menghitungnya? 


Ada yang tahu berapa rata-rata tinggi badan siswa kelasmu? Bagaimana cara menghitungnya?


Pemahaman Konsep Tentang Rata-Rata (MEAN)

Nah apa hubungan antara banyaknya nilai atau banyaknya data dengan nilai atau jumlah data dengan rata-rata? Jadi, rata-rata adalah jumlah nilai (jumlah data) dibagi banyak nilai (banyak data)


Rata-rata =  Jumlah data / Banyak data


Contoh soal 


  1. Data hasil ulangan Bahasa Indonesia  Rafi banyak 6 kali yaitu 10, 8, 9, 6.7.8
    Nilai rata-rata yang diperoleh Rafi adalah ....

Jawab:

Nilai rata-rata = Jumlah data / Banyak data

        =  6+7+8+8+9+10

        = 48: 6

        = 8

Jadi ,meannya adalah 8

  1. Nilai ulangan Matematika kelas V
    6, 8, 7, 7, 6, 6, 6, 7, 7, 8 9, 8, 7, 7, 6, 7, 9, 7, 7, 7
    9, 6, 6, 7, 8, 9, 8, 7, 8, 9 9, 6, 6, 10, 9, 8, 8, 7, 9, 9

Nilai rata-rata dari data di atas adalah ....

Jawab =
Hitung dahulu dulu total nilai.
6 x 9 = 54
7 x 13 = 91
8 x 8 = 64
9 x 9 = 81
10 x 1 = 10
Total nilai = 300
Jumlah siswa = 40
Rata-rata = Jumlah nilai : banyaknya siswa
Rata-rata = 300 : 40
Rata-rata = 7,5
Jadi rata-rata nilai ulangan matematika adalah 7,5

Itulah materi dan contoh soal beserta penyelesaiannya tentang Mean kelas 5 semester 2 yaitu Penyajian dan Pengumpulan data. Materi ini bukanlah satu-satunya sumber belajar. Masih banyak sumber belajar lain yang harus dimanfaatkan dan dimaksimalkan. Semoga bermanfaat.

Tugas :


  1. Hasil panen Pak Ali  selama 5 bulan dalam ton adalah 10, 6, 7, 9, 8. Rata-rata hasil panen kakek tiap bulan adalah .... ton. 

  2. Ibu membeli gula 8 kg, jagung 10 kg, beras 15 kg, kedelai 12 kg dan kentang 10  kg. Berat rata-rata belanjaan ibu adalah ....

  3. Data ulangan Matematika kelas V 7, 6, 8, 9, 8, 7, 6, 9, 9, 8, 7, 8, 9, 9, 6, 7, 8, 9, 10, 10

Tentukan nilai rata –rata (meannya)

  1. Banyak jeruk yang dapat dijual oleh seorang pedagang selama 10 hari tercatat sebagai berikut (dalam kg) 30, 30, 20, 10, 10, 40, 20, 30, 20, 30


Kerjakan dengan teliti dan jawab dengan benar ya nak! jangan lupa kirimkan dokumentasi kalian saat mengerjakan serta hasil nilainya ya nak! terimakasih

Tetep jaga kesehatan, shalat 5 waktu dan selalu semangat walaupun belajarnya dari rumah.

Wassalamualaikum.wr.wb.

Rabu, 28 April 2021

Final Ceria

  Hari/Tanggal : Selasa, 27 April 2021

 


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah mendengarkan tausiah serta rangkum isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen wajib ya🥰:


Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak!

Hari ini kita masih dalam rangka acara Colorful Ranadhan Event Virtual. Dan sekarang adalah acara finalnya.Berikut susunan acaranya :



Atas kerjasama dan dukungannya ibu guru ucapkan terimakasih... Semangat beribadah dan belajar Wassalamu'alakum😊🥰 


Selasa, 27 April 2021

Lomba Tahfidz Qur'an

  Hari/Tanggal : Selasa, 27 April 2021

 


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah mendengarkan tausiah serta rangkum isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen wajib ya🥰:


Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak!




Hari ini ananda hanya mengirimkan video hafalan surat Al-infithar dengan memakai baju seragam hari Selasa, video yang dikirimkan dalam bentuk menghafal dengan membaca Qur'an dengan Tartil, sikap yang baik dan tajwid yang tepat, video dikumpulkan paling lambat sampai jam 11.30.

Karena yang di nilai  dari tajwid, cara membaca yang khusyuk, makhorijul huruf dan tajwid yang tepat. Kirimkan video terbaik ananda di wa grup kelas kita.

Tetap semangat, jaga kesehatan dan selalu sholat 5 waktu, ibu guru akhiri Wassalamu'alakum 😊🙏

Senin, 26 April 2021

Lomba ceria

 Hari/Tanggal : Senin, 26 April 2021

 


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah mendengarkan tausiah serta rangkum isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen wajib ya🥰:


Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak!



Hari ini kita hanya mengerjakan soal olimpiade PAI ya nak, fokus baca soal dengan teliti dan kerjakan soalnya tepat waktu, pengerjaan soal dimulai dari jam 08.00 sampai jam 09.00 hanya satu kali pengerjaan dan tidak bisa dikerjakan lagi bila sudah lewat jam 09.00.

Karena yang di nilai bukan dari pengetahuan nya saja namun dari kedisiplinan dan tanggung jawab anak-anak. Link soalnya nanti akan ibu guru bagikan di grup wa kelas.

Tetap semangat, jaga kesehatan dan selalu sholat 5 waktu, ibu guru akhiri Wassalamu'alakum 😊🙏

Jumat, 23 April 2021

Tema 9

 Hari/Tanggal : Jum'at, 23 April 2021

 


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah mendengarkan tausiah serta rangkum isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen wajib ya🥰:


Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak! semoga kegiatan pembelajaran kita hari di berikan keberkahan dan selalu di ridhoi oleh Allah SWT,,aamiin
Kelas VD

Baiklah materi-materi kita sudah selesai ya nak, kita hari ini mengulang pelajaran yang sudah pernah di bahas di materi blogger ibu guru pada tema 9 tentang zat campuran homogen dan heterogen

TUGAS

Tugas Ananda hari ini adalah mengirimkan jawaban melalui Voice note di grup kelas kita, pertanyaannya jelaskan pengertian zat campuran homogen dan heterogen serta berikan masing-masing contohnya..!!

Kerjakan tugasnya tepat waktu ya Nak, Bu guru tunggu sampai jam 10.30, jangan lupa tinggalkan komentar di blog ini jika kalian sudah mempelajari materinya & ada yang ingin ditanyakan serta kirim dokumentasi kegiatan beribadah, saat kalian mengerjakan soal latihan serta screenshoot hasilnya ya. 

Terimakasih Sholeh Sholeha V D, salam sehat & semangat, semangat berpuasanya hari ini, bantu orang tuamu, selalu sholat 5 waktu dan selalu berdoa agar keadaan segera kembali seperti biasanya aamiin🤲🏻 😊

Wassalamualaikum wr. wb.

Kamis, 22 April 2021

Tema 9 Membuat Iklan

 Hari/Tanggal : Kamis, 22 April 2021

 


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah mendengarkan tausiah serta rangkum isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen wajib ya🥰:


Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak! semoga kegiatan pembelajaran kita hari di berikan keberkahan dan selalu di ridhoi oleh Allah SWT,,aamiin
Kelas VD

Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan melihat berbagai contoh iklan media cetak, Siswa dapat membuat iklan media cetak

Kita telah mempelajari materi tentang iklan media cetak dan media elektronik. Berikut ini adalah berbagai contoh iklan media cetak dan media elektronik

IKLAN MEDIA ELEKTRONIK



IKLAN MEDIA CETAK








IKLAN LAYANAN MASYARAKAT




Gambar - gambar di atas merupakan contoh - contoh iklan di karenakan materi kita sudah selesai Bu Guru berikan tugas kepada kalian untuk membuat iklan apa saja boleh seperti contoh - contoh gambar di atas boleh juga dengan gambar iklan yang lain jangan lupa untuk di warnai agar lebih menarik iklan yang kalian buat!
Setelah selesai kalian dapat mengirimkan dokumentasi kalian saat membuat atau menggambar iklan serta hasilnya di buat kolase ya nak dokumentasinya! Terimakasih

Jangan lupa shalat 5 waktu semangat puasa dan ibadahnya serta semangat terus belajarnya walaupun dari rumah
Wassalamualaikum.wr.wb

Rabu, 21 April 2021

Pengolahan Data Matematika

 Hari/Tanggal : Rabu, 07 April 2021

 


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah mendengarkan tausiah serta rangkum isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen wajib ya🥰:


Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak! semoga kegiatan pembelajaran kita hari di berikan keberkahan dan selalu di ridhoi oleh Allah SWT,,aamiin
Kelas VD

MATERI       : PENGOLAHAN DATA

Tujuan pembelajaran :

1.      Siswa dapat mencari median atau nilai tengah dari sebuah data

2.      Siswa dapat menentukan modus dari sekelompok data

 

Pengolahan Data Tentang Nilai Tengah (MEDIAN)

Cara menghitung nilai tengah (median)  

Pemahaman Konsep Tentang Nilai Tengah (Median)

Perhatikan tabel berikut ini :

Nilai tengah pada baris pertama adalah 8

Nilai tengah pada baris kedua adalah 8

Nilai pada baris ketiga, karena nilai tengahnya ada 7 dan 8, maka (7+8) : 2 = 15:2 = 7,5 

Kesimpulan :

Jadi, nilai tengah (median) adalah nilai tengah dari sekumpulan data setelah diurutkan.

 Pengolahan Data tentang Modus

Modus adalah nilai atau data yang sering muncul dari sekelompok data

Contohnya:

Data nilai matematika kelas V adalah : 70, 80, 70, 85, 85, 85, 90

Modusnya adalah 85 karena angka yang sering muncul adalah 85

Bagaimana materi hari ini semoga kalian dapat memahaminya ya nak! jika kurang jelas dapat bertanya kepada Bu Guru melalui WA grup kita. Jika sudah paham dengan materi penjelasan bu Guru kalian coba kerjakan latihan berikut ini ya nak!

TUGAS

Tentukan median dan modusnya dari data berikut

a.    3,5,8,7,8,9,

b.    35,36,35,34,38

jika sudah di kerjakan kalian kirimkan dokumentasi kalian saat mengerjakan soal dan hasilnya secara japri ya nak! Bu guru ucapkan terimakasih telah mengerjakan tugas dengan tepat waktu.

semangat terus ibadah puasanya dan selalu jaga kesehatan serta semangat terus ya belajarnya walaupun dari rumah!

Wassalamualaikum.wr.wb 

Selasa, 20 April 2021

Penilaian Harian Tema 9 Sub Tema 3

 Hari/Tanggal : Selasa, 20 April 2021

 




Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah mendengarkan tausiah serta rangkum isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen wajib ya🥰:


Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak! 

Berikut ini link soal Penilaian Harian Tema 9 Sub Tema 3


Jangan lupa kirimkan dokumentasi kalian saat mengerjakan soal serta hasilnya. terimakasih!
Jangan lupa shalat 5 waktu, jaga kesehatan dan semangat puasa ibadah dan belajarnya walaupun dari rumah.
Wassalamualaikum.wr.wb

Senin, 19 April 2021

Tema 9 Sub Tema 3 PB 5 dan 6

  Hari/Tanggal : senin, 19 April 2021

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah mendengarkan tausiah serta rangkum isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen wajib ya🥰:


Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak! 
Kelas VD

Hari / tanggal            : Senin / 19 April 2021

Tema 9                       : Benda – Benda di Sekitar Kita

Sub Tema 3                : Manusia dan Benda di Lingkungan

Pembelajaran ke-      : 5 dan 6

Muatan Terpadu       : Bahasa Indonesia (KD 3.4, 4.4), PKn (KD 3.4, 4.4), IPA ( KD 3.9, 4.9),

SBdP (KD 3.4, 4.4)

 

Tujuan Pembelajaran :

 1.    Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan unsur – unsur iklan eletronik pada media cetak serta membedakan iklan berdasarkan isinya.

2.    Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menciptakan kerukunan di lingkungan sekitar..

3.    Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan larutan dalam pewarna batik jumputan.

4.    Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat membuat karya seni rupa berupa batik jumputan dan perintangan.

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.4, 4.4)

Unsur – Unsur Iklan Media Elektronik

Setiap media elektronik memiliki unsur – unsur iklan yang berbeda – beda. Unsur – unsur tersebut membuat iklan elektronik untuk sebuah produk yang sama dapat memiliki perbedaan isi dan penyampaian dalam media elektronik yang berbeda.


Membedakan Iklan berdasarkan Isinya


Muatan PKn (KD 3.4, 4.4)

Menciptakan Kerukunan di Lingkungan Sekitar

Lingkungan dengan masyarakat yang rukun antara lain memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

1.    Saling menghargai dan menghormati satu sama lain

2.    Memiliki toleransi dalam keberagaman ras, suku maupun agama

3.    Memiliki kesadaran sosial sehingga dapat bekerjasama dan tolong menolong.

 

Muatan IPA ( KD 3.9, 4.9)


Muatan SBdP (KD 3.4, 4.4)

Mengenal Batik Jumputan

Salah satu karya seni rupa daerah adalah batik jumputan. Batik jumputan atau  sering disebut  juga dengan batik ikat celup adalah  kain batik yang  menggunakan motif hias jumputan. Motif  hias jumputan banyak dijumpai pada motif hias kain pelangi. Motif  hias kain pelangi adalah kain yang   dihiasi dengan  motif hias  jumputan. Motif  hias jumputan banyak digunakan pada benda pakai seperti selendang atau  sampur, kain,  taplak meja, dan lain-lain. Kain  dengan motif hias jumputan tidak hanya terdapat di Yogyakarta saja, tetapi juga banyak terdapat di daerah Palembang, Bali, dan Gresik.


Batik Perintangan


Bagaiman paham ya nak? jika tidak paham dapat bertanya melalui WA krimkan ke Bu Guru. 

Jika kalian telah mempelajari dan membaca materi dengan teliti pasti kalian dapat menjawab pertanyaan pada link di bawah ini:


setelah selesai kalian dapat kirimkan dokumentasi kalian saat mengerjakan soal serta screenshot hasil nilai kalian ke grup WA kita ya nak!

Terimakasih Sholeh/Sholeha Bu Guru semangat terus puasanya dan tetap jaga kesehatan, shalat 5 waktu dan semangat terus belajarnya walaupun dari rumah.

Wassalamualaikum.wr.wb.



Jumat, 16 April 2021

Tema 9 Sub Tema 3 PB 3 dan 4

  Hari/Tanggal : Jum'at, 16 April 2021

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah mendengarkan tausiah serta rangkum isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen wajib ya🥰:


Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak! 
Kelas VD

Hari / tanggal            : Jum’at / 16 April 2021

Tema 9                       : Benda – Benda di Sekitar Kita

Sub Tema 3                : Manusia dan Benda di Lingkungan

Pembelajaran ke-      : 3 dan 4

Muatan Terpadu       : Bahasa Indonesia (KD 3.4, 4.4), IPS (KD 3. 3, 4.3), PKn (KD 3.4, 4.4)

 Tujuan Pembelajaran :

1.    Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat Mengetahui perilaku yang mengindahkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat dan akibatnya dengan tepat.

2.    Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat Menjelaskan makna persatuan dan kesatuan serta akibat dari tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara dengan tepat.

3.  Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis – jenis iklan serta perbedaan dari beragam jenis iklan elektronik.

4.  Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat Menjelaskan pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kesejahteraan masyarakat dengan tepat.

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.4, 4.4)

Jenis – Jenis Iklan Berdasarkan kebutuhannya

1.    Iklan Penawaran

2.    Iklan Permintaan

3.    Iklan Pemberitahuan

4.    Iklan Layanan Masyarakat

5.    Iklan Undangan

 Jenis Iklan Berdasarkan media Penyampaiannya


Muatan IPS (KD 3. 3, 4.3)

Pengaruh Kegiatan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan seseorang, perusahaan, maupun masyarakat, untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengonsumsi barang dan jasa tersebut. Untuk memenuhi kehidupan, seseorang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan baik  berupa sandang, pangan, dan papan. Dalam sebuah kegiatan ekonomi, terdapat perputaran uang. Seseorang akan mendapatkan uang untuk memenuhi kehidupannya setelah  ia  melakukan  kegiatan  ekonomi lainnya, yaitu melakukan pekerjaan. Setiap manusia tidak akan terlepas dari  kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi tidak hanya dilakukan oleh seseorang, namun juga dilakukan oleh  perusahaan, organisasi, pemerintah, bahkan negara.

 

Kegiatan utama yang  dilakukan dalam bidang ekonomi terdiri atas:

1. Produksi

Produksi yaitu  kegiatan menambah faedah (kegunaan) suatu benda. Produksi  juga  berar ti  menciptakan  benda  baru  sehingga  lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.

Tujuan dari  kegiatan produksi secara umum adalah untuk memenuhi kebutuhan  manusia  dalam rangka mencapai  kemakmuran. Tujuan khusus kegiatan produksi, yaitu  untuk menghasilkan barang dan jasa, mendapatkan keuntungan, dan sebagai alat pemuas kebutuhan.

 

2. Distribusi

Distribusi adalah penyaluran atau penyampaian barang-barang dan jasa dari  produsen ke konsumen.

Tujuan  dari   distribusi adalah menyampaikan barang atau jasa dari tempat produsen ke tempat pengguna atau pemakai. Pelaku distribusi dapat memperoleh upah ataupun keuntungan dari  kegiatan distribusi barang yang  dilakukannya.

 

3. Konsumsi

Konsumsi  adalah tindakan menghabiskan atau mengurangi secara berangsur-angsur manfaat suatu barang dalam memenuhi kebutuhan untuk memelihara kelangsungan hidupnya.

Tujuan  kegiatan konsumsi yaitu  untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Kegiatan konsumsi juga memiliki fungsi menjaga kelangsungan hidup, memenuhi semua kebutuhan.

Ketiga  kegiatan  ekonomi tersebut,  sangat  berpengaruh  terhadap kesejahteraan masyarakat. Semakin maju kegiatan ekonomi dalam suatu  negara,  berarti  semakin  lancar  juga  arus  peredaran  uang, barang, dan jasa untuk memenuhi kebutuhkan masyarakat. 

 

Dengan demikian, tingkat kesejahteraan juga semakin meningkat. Diperlukan kondisi ketahanan  dan  pemerintahan yang stabil agar kegiatan ekonomi yang   berlangsung di  suatu negara dapat berjalan dengan baik. Pemerintahan yang stabil dapat tercapai jika  masyarakatnya selalu menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan.

 

Kita  harus selalu menghargai keanekaragaman mata pencaharian masyarakat  di  lingkungan sekitar dan  di  Indonesia pada  umumnya. Caranya, antara lain  sebagai berikut.

1. Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang  lain.

2. Menghormati orang  yang  sedang bekerja.

3. Menghargai pekerjaan orang  lain.

4. Membiasakan membeli produk-produk lokal.

5. Membiasakan mengonsumsi makanan dan buah-buahan dalam negeri.


Muatan PKn (KD 3.4, 4.4)

Manfaat Persatuan dan Kesatuan

Beberapa  sebab  dan   akibat   yang   dapat  ditimbulkan  karena   tidak adanya persatuan dan kesatuan

1.  Di lingkungan keluarga

a. Terjadi pertengkaran di dalam keluarga

b. Kurangnya kerukunan di dalam keluarga

c. Kurangnya keakraban di dalam keluarga.

 

2.  Di lingkungan sekolah

a. Sombong dan tidak peduli dengan sesama teman.

b. Membeda-bedakan teman

c. Mengolok-olok teman

d. Terjadi tawuran

 

3. Di lingkungan masyarakat

a. Tidak adanya kepedulian terhadap penderitaan yang  dialami oleh  orang lain

b. Kepentingan golongan maupun suku masing-masing lebih  diutamakan dalam masyarakat

c. Tidak adanya kerja sama yang  terjalin antarwarga masyarakat

 

4. Di lingkup  negara

a. Hilangnya tenggang rasa dan toleransi dalam bermasyarakat.

b. Perpecahan bangsa

c. Melemahnya pertahanan dan keamanan bangsa.

 

Beberapa contoh perilaku yang  tidak menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan sehingga mengakibatkan tidak rukun, antara lain:

1.  peserta didik  bersikap sombong dan memilih-milih teman di sekolah,

2.  pertengkaran antarwarga,

3.  tawuran antarpelajar atau warga,

4.  merendahkan atau mengejek agama lain sehingga terjadi perselisihan,

5.  konflik  antarsuku, dan lain-lain.

 

Ciri-ciri hidup  rukun sebagai berikut.

1. Menghargai pendapat orang lain.

2. Menghargai hasil karya orang lain.

3. Membina hubungan baik.

4. Saling menghormati.

5. Saling menyayangi.

 

Manfaat atau  pentingnya hidup rukun di antaranya sebagai berikut.

1. Tidak adanya pertengkaran.

2. Hidup  dalam keluarga menjadi harmonis.

3. Hidup  menjadi aman.

4. Hidup  menjadi tenteram dan damai.

5. Memperkukuh persatuan dan kesatuan.


Akibat hidup  tidak rukun, antara lain sebagai berikut.

1. Mudah terjadi pertengkaran.

2. Kehidupan menjadi tidak tenteram.

3. Mudah terkena hasutan orang lain.

4. Terjadi perpecahan karena tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan.

 Bagaiman paham ya nak? jika tidak paham dapat bertanya melalui WA krimkan ke Bu Guru. 

Jika kalian telah mempelajari dan membaca materi dengan teliti pasti kalian dapat menjawab pertanyaan berikut ini sebagai Tugas voicenote ya nak dapat kalian jawab dengan voicenote dan kirimkan di grup kelas kita

1. Sebutkan manfaat dari hidup rukun serta akibat jika tidak hidup rukun!

2. Apa tujuan dari kegiatan produksi, distribusi serta konsumsi?

Terimakasih Sholeh/Sholeha Bu Guru semangat terus puasanya dan tetap jaga kesehatan, shalat 5 waktu dan semangat terus belajarnya walaupun dari rumah.

Wassalamualaikum.wr.wb.