Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c🙏 bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.
BAHASA INDONESIA
Elemen
Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat mengetahui berbagai jenis hobi melalui membaca cerita rakyat "Joko Kendil dan Si Gundul."
Peserta didik dapat mengetahui penggunaan kata sambung ‘dan’ dan ‘tetapi’ dalam kalimat melalui membaca cerita rakyat "Joko Kendil dan Si Gundul."
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, tanya jawab, diskusi.
Media / Alat peraga
Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Video pembelajaran 👇
Hobi
Hobi adalah hal yang kita sukai dan dilakukan saat waktu luang. Hobi dapat menjadi prestasi jika kita tekun berlatih, contohnya anak yang hobi bernyanyi jika terus dilatih dengan sungguh-sungguh maka dapat mengikuti perlombaan dan menjuarainya. Banyak jenis hobi yang dapat menjadi prestasi, seperti membuat kue, membaca puisi, karate atau bela diri dan masih banyak lagi.
Cerita Rakyat
Cerita rakyat adalah cerita zaman dahulu yang diceritakan secara lisan. Cerita rakyat merupakan sastra lisan. Salah satu cerita rakyat yang dapat kita baca berjudul "Joko Kendil dan Si Gundul."
Apakah kalian sudah mengetahui kendil?
Kendil adalah periuk kecil yang terbuat dari tanah dan digunakan untuk menyimpan dan memasak makanan.
Berikut ini gambar kendil :
Kata Penghubung
Kata penghubung digunakan untuk menghubungkan kata dengan kata.
Kata ‘dan’ berfungsi menggabungkan dua hal yang tidak bertentangan, sedangkan kata ‘tetapi’ berfungsi menggabungkan dua hal yang bertentangan.
Contoh kalimat menggunakan kata penghubung :
Matematika
Elemen
Analisis Data dan Peluang
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui membaca cerita peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan diagram turus.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, tanya jawab, latihan soal.
Media / Alat peraga
Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Video pembelajaran 👇
Turus yang akan kita pelajari hari ini berarti perhitungan jumlah data dengan menggunakan garis lurus atau miring. Turus dapat digunakan untuk mempermudah pembacaan angka yang berjumlah banyak tanpa perlu melakukan perhitungan secara manual.
Latihan :
Jawablah soal berikut!
Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb.
Refleksi / ringkasan materi
Berdasrkan pembelajaran hari ini di kelas 2 c materi bahasa indonesia Peserta didik dapat mengetahui penggunaan kata sambung ‘dan’ dan ‘tetapi’ dalam kalimat sedangakn materi matematika Melalui membaca cerita peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan diagram turus.
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c🙏 bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.
Matematika
Elemen
Analisis Data dan Peluang
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui membaca cerita peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan diagram turus.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, tanya jawab, latihan soal.
Media / Alat peraga
Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Video pembelajaran 👇
Turus yang akan kita pelajari hari ini berarti perhitungan jumlah data dengan menggunakan garis lurus atau miring. Turus dapat digunakan untuk mempermudah pembacaan angka yang berjumlah banyak tanpa perlu melakukan perhitungan secara manual.
Latihan :
Jawablah soal berikut!
SENI RUPA
Elemen
Menciptakan(Making/Creating)
Peserta didik membuat karya senirupamenggunakanhasilpengamatannyaterhadaplingkungansekitar, menggunakanunsurgaris,bentuk,dan/atau warna.
Tujuan Pembelajaran
peserta didik dapat mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalamberkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalamberkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.
Metode Pembelajaran :
Cooperatif Learning
Materi:
Seni melipat origami
SENI MELIPAT ORIGAMI
Siapa yang suka melipat kertas?
Seni melipat dan membentuk kertas disebut jugamsebagai Origami.
Origami adalah seni kuno dari jepang, dimana kita bisa membuat berbagai bentuk dengan hanya Melipat kertas.
Ayo kita belajar melipat dan membentuk kertasbersama-sama !
TEKNIK MELIPAT DAN MEMBENTUK KERTAS
Sebelum membuat origami, kita perlu belajar.Kita harus belajar teknik melipat terlebih dahulu.Tujuannya supaya memudahkan kita untuk membuat karya membentuk dan melipat kertas atau yang bisa kita sebut dengan Origami.
Melipat kertas lebih mudah jika mengikuti petunjuk.Berikut beberapa teknik dalam petunjuk melipat kertas.
1). Lipatan Lembah flip
2). Lipatan Gunung atau Puncak, merupakan kebalikan dari lipatan lembah
3). Lipatan The Zig-zag Flip
4). Lipatan Flip terbalik internal dan eksternal adalah bertentangan kali lipatkeluar dan kedalam menjadi lambang
5). Lipatan Ganda Terbalik yaitu lipatan Ganda dalam puncak
6). Lipatan Ganda terbalik keluar yaitu luar lipatan Ganda puncak
Ayo Berkreasi
Cara membuat Kupu-kupu
1. Siapkan kertas lipat berbentuk persegi.Lipat kertas sama besar dari atas kebawah dan dari pinggir ke tengah. Bukalipatannya sehingga akan terbentukempat persegi kecil.
2.Lipat kertas secara diagonal lalu bukalipatan.
3.Tekan bagian tengah kertas ke tengah.Lalu lipat bagian atas dan bawahsehingga berbentuk segitiga.
4. Lipat sudut segitiga ke arah tengah danputar lalu balikkan kertas.
4.Lipat ujung atas sampai ke bawah.Selipkan ujung kertas ke dalam lipatan.
5.Satukan kedua bagian, lipat dan tekan.
6.Tahan kedua sisi yang sudah dilipat. Jikamau kamu bisa menambahkan lem agarkedua sayap tetap kokoh.
7.Buatlah kertas dalam posisi berdirilayaknya kupu-kupu yang hinggap.
8.Origami kupu-kupu sudah selesai
atau perhatikan video berikut untuk tutorial membuat kupu-kupu memakai kertas origami.
Setelah memahami tutorial atau cara pembuatan kupu-kupu dengan menggunakan kertas origami silahkan ananda membuat kupu-kupu dengan kertas origami yang sudah ibu guru siapkan.
Selamat mengerjakan!
Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb
Refleksi /ringkasan materi
Berdasarkan pembelajaran hari ini di kls 2 c Melalui membaca cerita peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan diagram turus dan untuk materi seni rupa peserta didik dapat memahamitutorial atau cara pembuatan kupu-kupu dengan menggunakan kertas origami
Berani yaitu memiliki hati yang mantap dan percaya diri dalam menghadapi bahaya, kesulitan, dan sebagainya. Jadi Sikap berani adalah sifat yang melibatkan keberanian menanggung risiko, mengambil keputusan, dan menghadapi bahaya. Keberanian merupakan komponen penting dalam kehidupan yang bisa dibentuk.
Sikap berani
Arti
Memiliki hati yang mantap dan percaya diri dalam menghadapi bahaya, kesulitan, dan sebagainya
Contoh
Berterus terang menyampaikan kebenaran, mengakui kesalahan, membela yang lemah, melawan ketika ada yang mengganggu
Manfaat
Menempa pribadi yang lebih tangguh, tenang, perkasa, dan mudah memaafkan
Cara menumbuhkan
Beri kebebasan untuk mengeksplorasi, beri dorongan dan pujian atas usaha yang dilakukan, tantang diri sendiri
Perhatikan video animasi contoh penerapan sikap berani
video diatas dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari ketika kita mendapatkan suatu masalah jangan pernah takut untuk mencoba. tapi coba hadapi dan lakukan yang terbaik pasti akan ada proses pembelajaran dari hasil yang kita coba. maka semangat terus untuk mencoba hal-hal baru yang positif.
Elemen:
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui bermain kartu peran, peserta didik dapat mengetahui kata ulang dan menuliskan tanda hubung pada kata ulang.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, bermain peran, tanya jawab.
Media / Alat peraga
Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Video pembelajaran 👇
Bacalah cerita berikut bersama guru.
Ketika Hujan Turun
Hore, akhirnya hujan turun! Dida senang udara tidak lagi panas. Dia juga bisa bermain air sepuasnya.
Hujan tidak berhenti turun selama tiga hari. Dida pun mulai bosan. Kapan hujan akan berhenti? Ibu juga melarangnya main hujan lagi. “Nanti kamu bisa sakit,” kata ibu
Ternyata hujan terus-menerus tidak menyenangkan. Dida kesulitan bergerak ketika memakai jas hujan. Payungnya juga sering tertiup angin. Uh! Tidak asyik!
Namun ada hal lain yang membuat Dida cemas. Air sungai semakin tinggi. Arusnya membawa banyak sampah. Mengapa orang membuang sampah di sungai? Bukankah itu akan menyebabkan banjir?
Dida ingat bencana banjir tahun lalu. Barang-barang di rumah rusak atau hilang. Orang-orang pun jatuh sakit. Dida tidak ingin itu terjadi lagi. Kapan hujan akan berhenti?
Kata ulang yang menunjukkan jumlah benda lebih dari satu.
Tanda hubung (-) ditulis di antara kata ulang.
Kata ulang memiliki beberapa arti.
1. Menunjukkan jumlah yang lebih dari satu. Contohnya: buku-buku, meja-meja
2. Menunjukkan sesuatu yang terjadi berulang. Contohnya: terus-menerus, berkali-kali
Baca cerita “Ketika Hujan Turun” sekali lagi. Kemudian jawablah pertanyaan berikut
1. Perhatikan gambar pertama dalam cerita. Apakah gambar tersebut sesuai dengan teks? Jelaskan pendapat kalian!
2. Bekerjalah bersama seorang teman kalian. Bacalah puisi berikut. Lalu, buatlah sebuah puisi sederhana tentang banjir. Kemudian bacakan puisi kalian secara bergantian.
Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb
Refleksi/kesimpulan
Dari hasil pembelajaran hari ini di kelas 2 c alhmandulillah peserta didik sudah mampu memahami kata ulang dengan baik.sedangkan untuk materi pendidikan anti korupsi Peserta didik dapat memahami arti sikap berani.
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c🙏 bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.
Elemen :
Bhinneka Tunggal Ika
Tujuan Pembelajaran : peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan sekitar.
Metode Pembelajaran :
Cooperatif Learning
Materi:
Aku Peduli Lingkungan sekitar
Lingkungan adalah segala sesuatu di sekitar kita
Peduli lingkungan artinya sikap dan tindakan mencegah kerusakan lingkungan sekitarnya peduli lingkungan sebagian upaya memperbaiki kerusakan yang sudah ada sikap peduli lingkungan adalah tindakan melindungi kerusakan lingkungan kerusakan lingkungan terjadi akibat kegiatan manusia menebang pohon secara liar dan membuang sampah sembarangan
Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb
Refleksi/ Ringkasan materi
Berdasarkan pembelajaran hari ini pendidikan Pancasila Peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan sekitar.