About

Senin, 22 Juli 2024

Bahasa Indonesia dan Pendidikan Anti Korupsi

 Hari/Tanggal: Senin, 22 Juli 2024




Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.

Capaian Pembelajaran:

Menyimak

Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

Menulis

Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana.

Tujuan Pembelajaran :

Mengamati

  • Mengidentifikasi perbedaan perasaan melalui gambar.

Bercerita

  • Mempresentasikan informasi dengan suara yang jelas, dengan penekanan pada intonasi untuk menarik minat pendengar.
  • Mempresentasikan informasi dengan suara yang jelas, dengan penekanan pada intonasi untuk menarik minat pendengar.

Menulis

  • Mengingat dan menyebutkan informasi kunci pada puisi yang dibacakan.
Alur Tujuan Pembelajaran :

Mengamati

1.1     Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat menemukan berbagai jenis perasaan dengan tepat.

Bercerita

1.2     Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mempresentasikan informasi tentang mimik berbagai perasaan dengan suara jelas dan penekanan intonasi.

1.3     Melalui mengingat pengalaman pribadi, peserta didik dapat menceritakan perasaannya terkait pengalaman pribadi dengan suara yang jelas dan penekanan intonasi.

Menulis

1.4      Melalui menyimak puisi, peserta didik dapat menuliskan kembali informasi dalam puisi dengan tepat.


Materi Ajar :

Amati gambar Berikut ini!





Apa saja perasaan yang terlihat pada gambar?

definisi kata-kata berikut berdasarkan KBBI:

senang  : puas dan lega, tanpa rasa susah dan kecewa, berbahagia, gembira

takut     : merasa gentar (ngeri) menghadapi sesuatu yang dianggap akan mendatangkan bencana; tidak berani, khawatir

sedih     : merasa sangat pilu dalam hati; susah hati

marah   : sangat tidak senang; berang; gusar

kaget     : terkejut

malu      : segan melakukan sesuatu karena agak takut

bangga  : besar hati karena mempunyai keunggulan

sedih      : merasa sangat pilu dalam hati; susah hati

marah    : sangat tidak senang; berang; gusar

kaget      : terkejut

malu       : segan melakukan sesuatu karena agak takut

bangga   : besar hati karena mempunyai keunggulan

Setelah mengetahui berbagai macam perasaan peserta didik menceritkan pengalaman perasaan yang pernah dialami oleh siswa. 


Perhatikan Puisi di bawah ini!

Peserta didik menuliskan kosa kata baru yang merka temukan di dalam puisi yaitu :
Definisi dari KBBI :
Berpisah : berjauhan
Pindah : beralih ke tempat yang lain

Kemudian peserta didik menjawab pertanyaan tentang puisi di atas.

Video Pembelajaran :


PAK
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu memahami pengertian sederhana dan kesederhanaan

Memahami Pengertian Sederhana dan Kesederhanaan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata sederhana adalah bersahaja; tidak berlebih-lebihan: sedang (dalam arti pertengahan, tidak tinggi, tidak rendah, dan sebagainya): tidak banyak seluk-beluknya (kesulitan dan sebagainya); tidak banyak pernik; lugas.
Sedangkan dikutip dari buku Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah, Wibowo A. (2013: 46), sederhana adalah bersahaja, sikap dan perilaku yang tidak berlebihan, tidak banyak seluk-beluk, tidak banyak pernik, lugas, dan apa adanya, hemat sesuai kebutuhan walau memiliki banyak harta, dan rendah hati.
Kehidupan sederhana ternyata memiliki pola. Pola hidup sederhana adalah cara berpikir atau suatu kebiasaan yang dilakukan sehari-hari secara terus menerus berdasarkan kebutuhan dengan pendapatan yang dihasilkan dapat berjalan dengan seimbang.
Pola hidup tersebut tidak mengutamakan apa yang diinginkan tetapi melihat apa yang menjadi kewajiban terpenting untuk dipenuhi, dengan pola hidup sederhana.
Hal ini ditunjukkan dalam sikap hidup yang tidak mudah menaruh curiga kepada orang lain, tidak suka pamer, tidak sombong, jujur dan suka menolong.

Pengertian Kesederhanaan

Sedangkan pengertian dari kesederhanaan adalah kondisi atau kualitas ketika segalanya dapat dipertimbangkan untuk dimiliki.
Kesederhanaan biasanya berhubungan dengan beban yang diletakkan sesuatu pada seseorang yang mencoba untuk menjelaskan atau memahaminya dan berkebalikan dengan sesuatu yang rumit.
Adapun dalam prinsip gunting Ockham, kesederhanaan sebagai tanda kebebasan dari kerja keras, usaha, atau kepanikan. Singkatnya, teori ini menunjukkan gaya hidup sederhana.
Meski begitu, kesederhanaan juga dapat digunakan sebagai konotasi negatif untuk menandakan defisit atau ketidakcukupan nuansa atau kerumitan suatu benda, relatif terhadap sesuatu yang dianggap perlu.
Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa sederhana adalah sikap tidak berlebih-lebihan namun juga tidak terlalu hemat. Sedangkan kesederhanaan adalah sebuah keadaan untuk bersikap seperlunya saja dengan mempertimbangkan apa yang dimiliki.
Itulah penjelasan singkat tentang pengertian sederhana dan kesederhanaan. Semoga informasi singkat di atas bermanfaat dan dapat menambah semangat untuk hidup secara sederhana.

Sumber : https://kumparan.com/berita-terkini/memahami-pengertian-sederhana-dan-kesederhanaan-210xITnkAug/full


Video Pebelajaran :



Kesimpulan :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar