About

Rabu, 28 Agustus 2024

P5 dan Pendidikan Pancasila

 Hari/Tanggal: Kamis, 29 Agustus 2024


AKTIFITAS 5

Menyaksikan Tarian Tradisional di Indonesia

 

Dimensi           : Berkebhinekaan Global

Tujuan             : Peserta didik mampu mengetahui beberapa tarian tradisional yang ada di Indonesia

 

Kegiatan Awal

1.      Menyiapkan narasumber atau berkunjung ke tempat salah satu pertunjukan seni

2.      Menentukan jadwal belajar dengan narasumber

3.      Peserta didik menyiapkan pertanyaan untuk narasumber

4.      Peserta didik menyiapkan buku P5

 

Kegiatan Inti

1.      Peserta didik dikondisikan untuk tertib selama mengikuti kegiatan penampilan tarian tradisional oleh narasumber dari pihak sekolah ataupun pertunjukan seni teater di luar sekolah.

2.      Peserta didik duduk berdasarkan kelasnya masing-masing.

3.      Narasumber mulai menampilkan tarian tradisional secara bergantian sekaligus menyampaikan sedikit pengetahuan berdasarkan penampilannya.

4.      Peserta didik diberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab dengan narasumber atau mengemukakan pendapatnya.

5.      Selama kegiatan berlangsung, pendidik ikut serta mendampingi peserta didik.

6.      Peserta didik mengerjakan lembar kerja setelah belajar dengan narasumber.

7.      Pendidik/narasumber memberikan umpan balik setelah kegiatan penyampaian materi.

Penutup

Pendidik memberikan gambaran untuk pemilihan tari tradisional dan lagu daerah yang akan di tampilkan pada tahap gelar karya.


 

Lembar Kerja Peserta Didik (Aktivitas 5)

 

Nama               :

Kelas               :

Hari/Tanggal    :

 

No

Pertanyaan

Jawaban

1.

Tarian Tradisional apa saja yang sudah ditampilkan?

 

2.

Sebutkan nama tarian beserta asal daerahnya!

 

3.

Menurut anda, apakah kesulitan dari tarian tradisional tersebut?

 

4.

Apakah tarian tradisional tersebut membawa dampak positif bagi Masyarakat Indonesia? Jelaskan alasannya!

 

5.

Bagaimana jika tarian tradisional yang ada di Indonesia mengalami kepunahan? 

 

 PENDIDIKAN PANCASILA


Elemen CP : Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran : Melalui pengamatan gambar, menyimak video, membaca teks, tanya jawab, bercerita, games pohon norma, dan diskusi kelompok tentang aturan, peserta didik dapat mengidentifikasi aturan di sekolah sehingga dengan bimbingan orang tua dan guru dapat melaksanakannya dengan baik.


Pengertian Aturan

Aturan adalah tata tertib yang harus dilaksanakan. Setiap keluarga memiliki aturan dan semua anggota keluarga harus mengikuti aturan. Setiap aturan dapat ditulis, lalu ditempelkan di ruang keluarga. Aturan yang dibuat sangat bermanfaat karena semua menjadi berdisiplin dan bertanggung jawab.

Aturan di Sekolah

Aturan adalah satu hal yang harus ditaati atau dipatuhi.

Ada tata tertib di sekolah.

Tata tertib juga disebut juga aturan.

Aturan di sekolah dibuat oleh sekolah.

Aturan di sekolah dibuat untuk mengatur ketertiban warga sekolah.

Contoh Aturan di Sekolah:

1.      Hadir di sekolah tepat waktu

2.      Memakai seragam sekolah dengan lengkap dan rapi

3.      Melaksanakan piket sesuai jadwal

4.      Menghormati guru, teman, dan warga sekolah lainnya.

Walaupun saat ini kamu masih belajar dari rumah, kamu tetap harus mematuhi aturan di sekolah. Contohnya, mengumpulkan tugas tepat waktu, memberi kabar saat kamu berhalangan mengikuti pembelajaran, menjaga ketertiban saat mengikuti pembelajaran tatap maya. Apakah kamu sudah mematuhi aturan-aturan tersebut?

Untuk memperkuat pemahaman anak-anak, kerjakan latihan di bawah ini

Tulislah Aturan yang Ada di Sekolahmu!

Pembahasan:
Aturan di sekolah saya:
(1) Hadir di sekolah tepat waktu
(2) Memakai seragam sekolah sesuai jadwal.
(3) Melaksanakan piket sesuai jadwal
(4) Menjaga kebersihan sekolah
(5) Memberikan pemberitahuan jika berhalangan hadir ke sekolah
(6) Menghormati guru, teman, dan warga sekolah lainnya.
(7) Menjaga ketertiban






REFLEKSI /KESIMPULAN
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan hari ini, sebagian besar peserta didik kelas 2C telah memahami sejarah dan asal usul 2 contoh tarian tradisional di Indonesia namun beberapa peserta didik masih kesulitan dalam menuliskan asal daerah dan keunikan dari tarian. Sedangkan untuk materi pembelajaran pendidikan Pancasila sudah mulai memahami aturan di rumah dan di sekolah dan tahap selanjutnya akan melakukan pengerjaan LKPD di pembelajaran selanjutnya.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar