Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah .Hari ini kita akan mengulas materi Seni Rupa untuk persiapan STS.
Metode Pembelajaran
Diskusi, latihan soal
Media / Alat peraga
Gambar
Sumber Belajar
Buku Bahasa Indonesia dan Seni Rupa kelas 2 SD
BILANGAN
Capaian Pembelajaran
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan pada bilangan cacah hingga 100 ,mereka dapat membaca menulis menentukan nilai tempat membandingkan mengurutkan serta melakukan komposisi ( menyusun) dan komposisi(mengurai) bilangan
Aljabar
Capaian Pembelajaran
Peserta didik dapat menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh: Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara)
ATP
Peserta didik mampu membaca dan menulis nilai tempat bilangan, membandingkan dan mengurutkan bilangan.
Peserta didik mampu memahami dan menghitung penjumlahan dengan menggunakan bentuk puluhan.
Peserta didik mampu menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 tanpa metode meminjam
Peserta didik mampu menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 dengan metode menyimpan
Peserta didik dapat memahami pengurangan bersusun panjang
Soal sumatif harian ke-1 :
1. 52
Angka di atas dibaca…
A. Lima puluh dua
B. Lima ratus dua
C. Lima puluh dua ribu
2. 112 dibaca…
A. Seratus satu dua
B. Seratus dua belas
C. Seratus dua satu
3. Lambang bilangan
Tujuh puluh Sembilan adalah…
A. 97
B. 79
C. 89
4. Manakah lambang bilangan dari Seratus dua puluh lima ?
A. 120
B. 152
C. 125
5. Rudi memiliki bilangan 180 dan 135 di dua kartu. Dia ingin menunjukkan bilangan yang lebih besar dengan menggunakan satu kartu. Bilangan manakah yang harus dia pilih?
A. 135
B. 180
C. 140
6. Nina mempunyai angka 210 dan 290 di dua kertas berbeda. Jika dia harus memilih kertas dengan angka yang lebih kecil, angka manakah yang akan dipilihnya?
A. 210
B. 190
C. 200
7. 123 … 198
Symbol yang tepat untuk melengkapi titik-titik di atas adalah…
A. <
B. =
C. >
8. Sebuah bilangan terdiri dari 3 ratusan, 5 puluhan, dan 8 satuan. Bilangan apakah ini?
A. 358
B. 583
C. 385
9. Dalam angka 582, berapakah nilai tempat dari angka 5?
A. 50
B. 5
C. 500
10. Pada angka 376, nilai tempat dari angka 7 adalah ?
A. Satuan
B. Puluhan
C. Ratusan
Esay :
1. Ayam kakek ada delapan puluh empat ekor.
Tuliskan lambang bilangannya !
2. Lisa melihat nomor rumah 142. Jika dia menulis nomor rumah itu dalam kata-kata, bagaimana penulisannya yang benar?
3. 76 = … puluhan + … satuan
4. Pada bilangan 195, angka yang menempati nilai ratusan adalah …
5. Urutkan bilangan-bilangan berikut dari yang terbesar:
112, 135, 100, 125 !
SENI RUPA
MENGULAS SOAL S
1 Warna apa yang sering kita lihat pada langit saat siang hari?
a. Biru
b. Merah
c. Hijau
d. Kuning
3.Warna apa yang biasanya kita hubungkan dengan perasaan senang?
a. Hitam
b. Abu-abu
c. Kuning
d. Biru tua
4.Gambar di buku mewarnai adalah contoh seni rupa...
Menyampaikan pendapat terhadap cerita dengan mengaitkan pesan pada cerita dengan pengalaman pribadinya.
Bacalah cerita berikut dengan cermat!
Mimi Marah
Kunci Jawaban
1. Memperbaiki
2. Mengalah
3. Lega
Lakukan kegiatan berikut ini!
Kunci Jawaban
1. Karena mereka sama-sama ingin bermain boneka.
2. Marah, sedih, menyesal, lega, senang.
3. Mimi masuk ke kamar, berteriak, lalu menangis.
4. Jawaban tergantung pendapat peserta didik.
Misal: Setuju, karena dia tidak memukul adiknya.
5. Jawaban tergantung pendapat peserta didik.
Misal: Aku akan minta maaf kepada kakakku.
dari menjawab pertanyaan di atas kita dapat menyimpulkan perasaan tokoh dari cerita di atas.
Perhatikan tabel berikut ini!
Pilihlah satu cara menenangkan diri dalam tabel di atas.
Lalu, pilih satu cara yang tidak kalian setujui.
Sampaikan alasan kalian.
Contoh:
Saya tidak setuju menenangkan diri dengan bersepeda karena jika
bersepeda dengan perasaan marah, kita bisa jatuh.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu memahami kata tanya
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Mari kita simak video pembelajaran dibawah ini
Kata Tanya
Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu kepada orang lain dan mengharapkan jawaban. Kalimat tanya biasanya diawali dengan kata tanya dan diakhiri dengan tanda tanya (?). Bagaimana cara membuat kalimat tanya?
Ada beberapa kata tanya yang bisa digunakan untuk membuat sebuah kalimat tanya.
1 Siapa, digunakan untuk menanyakan nama.
Contoh:
Kalimat tanya: Siapa namamu?
2. Kapan, digunakan untuk menanyakan waktu.
Contoh:
Kalimat tanya: Kapan kamu berangkat ke sekolah?
3. Di mana, ke mana, dari mana, digunakan untuk menanyakan tempat.
Contoh:
Kalimat tanya: Di mana kamu tinggal?
4.Berapa, digunakan untuk menanyakan jumlah.
Contoh:
Kalimat tanya: Berapa jumlah kelerengmu?
5. Apa, digunakan untuk menanyakan benda atau suatu hal
Contoh:
Kalimat tanya: Apa yang kamu bawa?
6. Mengapa, digunakan untuk menanyakan sebab.
Contoh:
Kalimat tanya: Mengapa kamu terlambat ke sekolah?
Perhatikan gambar berikut!
Hari ini Dika merasa ... A. bangga B. kaget C. sedih
Perhatikan gambar berikut!
Santi terlihat menangis. Dia merasa.... A. senang B. malu C. sedih
Perhatikan gambar berikut!
Yuri marah saat .... A. bonekanya dirusak adik B. menang dalam permainan. C. mendengar suara kembang api
Perhatikan gambar berikut!
Tio senang saat.... A. kalah bermain bola B. mendapat hadiah mainan C. tangannya terkena batu
Soal Tentang tanda tanya
1. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan alasan maupun sebab dari kejadian yaitu…
A. Bagaimana
B. Apa
C. Siapa
D. Mengapa
2. Kalimat di bawah ini yang menanyakan jumlah yaitu…
A. Bagaimana caramu untuk merawat bunga agar tetap sehat?
B. Berapa ekor sapi yang ada di halaman rumahmu?
C. Mengapa kamu datang ke perpustakaan?
D. Di mana kamu menyimpan koleksi komikmu?
3. Kata tanya di bawah ini yang benar adalah ... .
A. Dimana, mengapa, mereka, siapa
B. Saya, berapa, siapa, apa
C. Apa, mengapa, siapa, dimana
4. Kata tanya selalu diakhiri dengan tanda ....
A. (.)
B. (?)
C. (!)
5. Kalimat tanya berguna untuk .... .
A. bertanya
B. berita
C. perintah
Baiklah cukup sekian materi hari ini, semoga dapat dipahami dengan baik dan dapat diamalkan semua ilmu yang diberikan aamiin. Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb.
Refleksi /Ringkasan Materi
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan hari ini dapat diketahui bahwa peserta didik kelas 2c telah menyelesaikan pembelajaran materi matematika tentang penjumlahan dan pengurangan serta dapat mengerjakan soal dengan baik dan menjawab pertanyaan bahasa indinesia dengan benar.
Nama : Fitka Afrillita, S.Pd.
NIK : 19900413 201507 2354
Pendidikan : S1PGSD
Unit Kerja : SD Al Azhar 2 Bandar Lampung
Guru Kelas : Kelas II C
Medsos yang dimiliki :
Instagram :@fitkaafrill
Tidak ada komentar:
Posting Komentar