Welcome to Grade 2B
Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Jum'at, 31 Oktober 2025
Hello, Kids!
Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2
Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.
Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :
Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?
Baik kita lanjutkan ya pembelajaran hari ini.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah melaksanakan STS . Nah hari ini kita melanjutkan materi latihan soal tentang aturan dirumah dan membuat kolase pohon sakura. Oke, pertama mari kita simak video pembelajarannya ya, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Metode dan Media ajar
o Metode/ Model pembelajaran : Discovery Learning
o Media ajar : Video pembelajaran, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
1. Murid mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan di Lingkungan keluarga.
2. Murid menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP)
1. Mengenal aturan di lingkungan keluarga
2. Menilai karya (gambar, kolase, patung) dan penciptaan karya seni rupa (gambar, kolase, patung) dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
1. Murid didik dapat mengenal aturan di lingkungan keluarga / rumah
2. Mengamati karya seni rupa sederhana (gambar, lukisan, kolase).
3. Membandingkan dan membuat karya seni rupa
4. Menjelaskan secara sederhana alasan ia menyukai atau memberi saran pada karya tersebut.
MATERI PENDIDIKAN PANCASILA
Materi Berpendapat Mengenai Karya Seni Rupa
Lukisan:
Melibatkan penggunaan cat (air, minyak, akrilik) untuk melukis di atas permukaan seperti kanvas atau kertas.
Gambar:
Melibatkan penggunaan alat gambar seperti pensil, krayon, spidol, atau arang pada kertas untuk menggambar objek.
Kolase:
Seni menempelkan berbagai macam bahan seperti kertas, daun, kain, biji-bijian, atau potongan dari bahan bekas untuk membuat gambar atau komposisi baru.
1. Lukisan dan Gambar
- Bahan dan alat:
Cat air, cat akrilik, cat minyak, kanvas, kertas gambar, pensil warna, krayon, spidol, dan kuas.
- Teknik:
Melukis langsung dengan kuas, menggambar garis, atau mewarnai objek dengan krayon atau pensil warna.
- Tujuan:
Mengembangkan keterampilan motorik halus, imajinasi, dan kemampuan mengekspresikan diri melalui warna dan bentuk.
2. Kolase
- Bahan:
- Bahan alam: Daun kering, bunga kering, ranting, biji-bijian (jagung, kacang hijau, beras), batu-batuan, kerang.
- Bahan buatan: Kertas warna, kain perca, benang, pita, potongan kardus, plastil.
- Bahan bekas: Kertas koran, majalah bekas, tutup botol, bungkus makanan, serutan kayu.
- Teknik:
- Memotong atau merobek bahan menjadi bentuk-bentuk tertentu.
- Menempelkan potongan bahan pada permukaan gambar menggunakan lem.
- Memadukan berbagai jenis bahan dalam satu komposisi untuk menciptakan karya yang unik.
- Tujuan:
Meningkatkan kreativitas dan keterampilan anak dalam memadukan berbagai tekstur dan warna. Teknik ini juga membantu anak dalam mengenali dan menggunakan berbagai macam bahan di sekitar mereka.
1. Pengertian Menilai Karya Seni Rupa
Menilai karya seni rupa berarti memberi tanggapan atau pendapat tentang suatu karya seni, seperti gambar, lukisan, kolase, atau patung.
Tujuannya bukan untuk mencari salah, tetapi menghargai dan belajar dari karya tersebut.
2. Hal-Hal yang Dinilai dalam Karya Seni Rupa
Guru dapat menampilkan beberapa karya (misalnya lukisan anak, kolase, atau hasil cetak stensil), lalu murid menilai dengan memperhatikan:
| Aspek yang Dinilai | Contoh Pertanyaan |
|---|---|
| Keindahan (Estetika) | Apakah gambar atau warna yang digunakan indah dan menarik? |
| Kerapian | Apakah karya dibuat dengan hati-hati dan tidak berantakan? |
| Kreativitas | Apakah idenya unik dan berbeda dari yang lain? |
| Pesan atau Makna | Apa yang ingin disampaikan dari karya tersebut? |
| Kesesuaian Tema | Apakah karya sesuai dengan tema yang diberikan guru? |
3. Cara Memberi Penilaian dengan Sikap Baik
Guru mencontohkan cara berpendapat dengan sopan, misalnya:
“Saya suka warnanya karena terlihat cerah.”
“Gambarnya rapi sekali, tapi mungkin bisa ditambahkan warna di bagian langit.”
“Karya ini terlihat menarik karena bentuknya unik.”
Refleksi untuk Murid
Karya siapa yang paling kamu sukai? Mengapa?
Apa yang kamu pelajari setelah melihat karya teman?
Bagaimana perasaanmu saat karyamu dilihat dan dihargai teman-teman?









Tidak ada komentar:
Posting Komentar