Pages - Menu

Pages

Selasa, 15 Oktober 2019

Remedial dan Pengayaan Matematika

Hari/Tanggal : Selasa, 15 Oktober 2019


Kisi - Kisi Remedial dan Pengayaan Matematika
3.1 Menjelaskan pecahan-pecahan yang senilai dengan gambar atau model kongkrit.
  1. Menentukan pecahan senilai.
  2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan senilai
  3. Menyederhanakan pecahan

3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya.

  1. Menyatakan pecahan biasa
  2. pecahan campuran 
  3. pecahan desimal 
  4. Pecahan persen

3.3 Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan.

  1. Menentukan taksiran dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian antara dua bilangan cacah maupun bilangan pecahan.
  2. Menentukan Taksiran Tinggi, Rendah dan baik
Contoh soal !
1. Pecahan berikut yang tidak senilai dengan 1/2 adalah ....
a. 2/4
b. 3/6
c. 5/10
d. 5/15

2.
Contoh Soal PTS / UTS Matematika Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020 Gambar 1
Daerah yang diarsir pada gambar tersebut senilai dengan ....
a. 3/6
b. 5/7
c. 3/8
d. 5/8

3. Perhatikan garis bilangan di bawah ini !
Contoh Soal PTS / UTS Matematika Kelas 4 Semester 1 K13 Tahun 2019/2020 Gambar 2
Pecahan desimal yang ditunjukkan N adalah ....
a. 1,81
b. 1,83
c. 1,85
d. 1,87

4. Bentuk pecahan 0,5 diubah ke bentuk pecahan biasa menjadi ....
a. 1/2
b. 1/3
c. 1/4
d. 1/5

5. Bentuk pecahan sederhana dari pecahan desimal 0,05 adalah ....
a. 1/2
b. 1/5
c. 1/10
d. 1/20

6. Bentuk desimal dari pecahan 7/8 adalah ....
a. 0,5
b. 0, 75
c. 0,8 d. 0,875

7. Pecahan 4/5 diubah ke dalam pecahan persen menjadi ....
a. 5 %
b. 50 %
c. 75%
d. 80 %


1.    Bentuk pecahan yang senilai dengan 3⁄5 adalah....

       a. 6⁄5                              b. 9⁄12
       c. 6⁄10                            d. 12⁄15


2.    Pada pecahan, bilangan yang berada di atas dinamakan....
       a. Pembilang                  b. Pemfaktor
       c. Penyebut                    d. Pembagi
3.    Pecahan 1⁄6  dibaca .....
       a. Satu enam                  b. Enam satu
       c. Seperenam                 d. Enam persatu

4.    Pecahan lima persembilan ditulis ....
       a. 1⁄59                             b. 9⁄5   
       c. 5⁄9                               d. 59⁄1

5.
       Bagian yang diberi warna merah tersebut bernilai ....
       a.  5⁄3                              b.  1⁄5  
       c.  3⁄8                               d.  5⁄8

6.    Badu membelah semangka menjadi 9 bagian. Badu kemudian memakan tiga bagian semangka.
       Maka nilai semangka yang dimakan Badu jika ditulis dalam bentuk pecahan adalah ....
       a.  1⁄3                              b.  9⁄3 
       c.  3⁄9                              d.  2⁄3

7.    2⁄6 , .....  ,  4⁄6  , 5⁄6
       Pecahan yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas agar menjadi urutan yang tepat adalah .....
       a.  1⁄6                               b.  2⁄6
       c.  3⁄6                               d.  6⁄6

8.    1⁄4  ......  1⁄9
       Tanda yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah .....
        a. >                                  b. <   
        c. =                                  d. +-

9.    9⁄10 ,  4⁄10 ,  5⁄10 ,  1⁄10
       Pecahan-pecahan di atas jika ditulis secara urut dari yang terkecil menjadi ....
       a.   1⁄10 ,  4⁄10 ,  5⁄10 ,  9⁄10   
       b.  9⁄10 ,  5⁄10 ,  4⁄10 ,  1⁄10   
       c.  9⁄10 ,  1⁄10 ,  5⁄10 ,  4⁄10
       d.  5⁄10 ,  4⁄10 ,  9⁄10 ,  1⁄10

10.  Bentuk paling sederhana dari 75⁄100 adalah ....
       a. 1⁄2                                 b. 1⁄4    
       c. 2⁄3                                 d. 3⁄4

11.  Pecahan di bawah ini yang tidak senilai dengan 1⁄2 adalah ....
       a. 2⁄4                                 b. 6⁄10    
       c. 11⁄22                             d. 50⁄100

12.  Siti mempunyai pita sepanjang 1⁄3 meter, Amelia sepanjang 4⁄10  meter dan Ni Luh sepanjang
       3⁄4 meter. Maka dari hal tersebut dapat diketahui bahwa ....
       a. Pita Siti paling panjang
       b. Pita Amelia yang paling pendek
       c. Pita Siti lebih panjang dari pita Amelia
       d. Pita Ni Luh paling panjang

13.  3⁄8  + 2⁄3  = ....
        Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ....
        a. 5⁄24                                 b. 5⁄11   
        c. 25⁄24                               d. 6⁄24

14.  1⁄4  + 1⁄2  + 2⁄5 = ....
       Hasil dari penjumlahan pecahan di atas adalah ....
       a. 4⁄11                                 b. 23⁄20   
       c. 4⁄20                                 d. 2⁄40

15.  3⁄4  - 2⁄3  = ....
       Hasil dari pengurangan pecahan di atas adalah ....
       a.  3⁄12                                b. 4⁄12  
       c. 1⁄12                                 d. 1⁄1

16.  Bentuk pecahan desimal dari 3⁄8  adalah ....
       a. 0,5                                   b. 0,25  
       c. 0,125                               d. 0,375

17.  Bilangan 30% jika ditulis kedalam bentuk pecahan adalah...
       a.  2⁄5                                   b.  3⁄5
       c.  2⁄10                                 d. 3⁄10

18. Bilangan pecahan 18⁄4 jika ditulis dalam bentuk pecahan campuran adalah ....
       a.  4 1⁄2                                 b.  3 3⁄4
       c. 3  1⁄2                                 d. 4 3⁄4

19. Bilangan 0,675 jika ditulis dalam bentuk persen adalah....
      a.  6%                                     b. 67,5%
      c. 65%                                    d. 675%

20. Bilangan 0,15 jika ditulis dalam bentuk pecahan biasa adalah....
      a.  3⁄10                                   b.  3⁄20
      c.  3⁄15                                   d. 3⁄25
  • 13. 
    Hasil taksiran rendah ke puluhan dari 84 + 76 adalah ....
    • A. 
      150
    • B. 
      160
    • C. 
      170
    • D. 
      180
  •    
  • 14. 
    Hasil taksiran tinggi ke puluhan dari 159 + 163 adalah ....
    • A. 
      310
    • B. 
      320
    • C. 
      330
    • D. 
      340
  •    
  • 15. 
    623 – 76 + 125 = .... Jika operasi hitung campuran di atas dikerjakan dengan cara taksiran ke puluan terdekat hasilnya adalah ....
    • A. 
      650
    • B. 
      640
    • C. 
      660
    • D. 
      670
  •    
  • 16. 
    Taksiran rendah adalah hasil operasi hitung dengan pembulatan ke ....
    • A. 
      Bawah
    • B. 
      Atas
    • C. 
      Puluhan
    • D. 
      Ratusan
  •    
  • 17. 
    Taksiran tinggi ke ratusan dari 856 – 443 adalah ....
    • A. 
      300
    • B. 
      400
    • C. 
      500
    • D. 
      600
  •    
  • 18. 
    Taksiran rendah ke ratuasn dari 3.490 - 2.160 adalah ....
    • A. 
      1.300
    • B. 
      1.400
    • C. 
      1.200
    • D. 
      1.400
  •    
  • 19. 
    Taksiran terdekat ke puluhan dari 10.455 + 1.234 – 987 adalah ....
    • A. 
      10.500
    • B. 
      10.600
    • C. 
      10.700
    • D. 
      10.800
  •    
  • 20. 
    Taksiran tinggi dari 83 : 29 adalah ....
    • A. 
      4
    • B. 
      2
    • C. 
      3
    • D. 
      5
  •    
  • 21. 
    Taksiran rendah dari 94 x 87 adalah ....
    • A. 
      7.200
    • B. 
      8.100
    • C. 
      6.400
    • D. 
      7.500
  •    
  • 22. 
    Jumlah pengunjung Kebun Binatang Lestari pada hari senin adalah 14.527 orang dan pada hari selasa adalah 12.187 orang. Jika ditaksir ke ratusan terdekat, maka jumlah pengunjung dua hari tersebut adalah ....
    • A. 
      26.500
    • B. 
      26.600
    • C. 
      26.700
    • D. 
      26.800
  •    
  • 23. 
    Jumlah panen jagung Pak Ahmad adalah 12.864 kg. Ia menjualnya ke pasar sebanyak 10.925 kg. Jika ditaksir ke puluhan terdekat, maka sisa panen jagung Pak Ahmad yang belum terjual adalah ....
    • A. 
      1.920
    • B. 
      1.930
    • C. 
      1.820
    • D. 
      2.930
  •    
  • 24. 
    Sandi adalah peternak burung yang memiliki jumlah sangkar burung sebanyak 37. Jika setiap sangkar berisi 23 burung, maka kira-kira burung yang dimiliki Sandi adalah ....
    • A. 
      700
    • B. 
      800
    • C. 
      900
    • D. 
      1000
  •    
  • 25. 
    Jumlah sumbangan untuk korban lonsor yang dikumpulkan siswa kelas 4 SD Tambakrejeki adalah Rp. 935.600,-. Jika uang tersebut akan diberikan kepada 3 warga secara rata, maka kira-kira jumlah uang yang diterima setiap warga jika ditaksir ke ribuan adalah ....
    • A. 
      Rp. 300.000
    • B. 
      Rp. 315.000,-
    • C. 
      Rp. 310.000,-
    • D. 
      Rp. 312.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar