Pages - Menu

Pages

Jumat, 23 Oktober 2020

Tema 4 Sub Tema 2 PB 3 dan 4

 Hari/tanggal : Jum'at/23 Oktober 2020

Assalamulaikum.wr.wb.

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Hari ini kita akan mempelajari tentang Tanggungjawab sebagai warga masyarakat alam pengambilan keputusan, Interaksi dalam Pendidikan dan Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia. Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran 3 dan 4                                                                                                              

Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3. 2, 4.2)

PPkN ( KD : 3.2, 4.2 )

Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan

Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melamgsungkan hidupnya di dalam masyarakat.

Tanggung jawab sebagai masyarakt tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:

1. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.

Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat. Prinsip-prinsip dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat adalah: Menciptakan lingkungan hidup yang seimbang dan selaras.

2. Saling mengasihi dan membina antar individu.

Tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan, tetapi fokus pada tujuan yang sama Contoh perilaku memelihara rasa persatuan dak kesatuan masyarakat, yaitu: Rukun tetangga harus terus dilakukan Menyelesaikan permasalahan secara musyawarah dan mufakat bersama-sama.

3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.

 Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Tidak membedakan suku, ras, dan agama dalam bergaul di masyarakat Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat Ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat daopat dilakukan dengan membuat aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi ileh semua anggota masyarakat tersebut. Contohnya, membuat jadwal ronda malam yang dilakukan secara bergilir oleh anggota masyarakat. Jadwal dan aturan jam ronda malam harus menjadi tanggung jawab individu yang kebagian, sehingga harus dilaksanakan tujuan dan budaya antarwarga dalam masyarakat sama. Dengan kepentingan yang sama ini, setiap warga sebaiknya memperkuat hubungan antarwarga dengan mengesampingkan perbedaan yang ada.

4. Sikap solidaritas

Sikap solidaritas tersebut akan membuat setiap warga bisa menerima perbedaan yang ada, karena dapat saling bergaul dan memaklumi perbedaan yang ada. Solidaritas harus terus ditingkatkan di masyarakat, salah satunya dengan mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi. Contoh sikap solidaritas, yaitu saling membantu, peduli satu sama lain, kerja sama, serta berpartisipasi dalam membangun wilayah secara bersama-sama. Kegiatan gotong royong tentu menjadi kegiatan nyata untuk menciptakan solidaritas antarwarga. Bentuk kerja sama tidak hanya dilakukan di pedesaan, melainkan juga daerah perkotaan.

 

IPS ( KD : 3.2 dan 4.2

Interaksi dalam Bidang Pendidikan

4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :

1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya dedi dan jonas bediskusi materi pelajaran yg di sampaikan oleh guru

2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru menjawab pertanyaan yg diajukan oleh siswa

3. interaksi siswa dengan sumber belajar. wujud interaksi antara siswa dan sumber pelajar dapat bermacam-macam

4. interaksi siswa dengan lingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karyawisata ke pantai, dan lain-lain

Contoh interaksi dalam bidang pendidikan


upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melaluipendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.

 Melalui pendidikan,maka akan tercapai kesejahteraan masyarakat.

 Berikut contoh aktivitasmasyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya :

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

2) Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.

3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.

 Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan socialbudaya melalui pendidikan.

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan olehpemerintah.

2) Mengikuti pelatihan keterampilan, seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.

 

Bahasa Indonesia ( KD : 3.6 dan 4.6 )

Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia

Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.

Contoh pantun anak anak :

Pergi ke warung membeli Koran

Sekalian membeli benang

Ayo bermain kejar kejaran

Badan sehat hati senang

Isi (makna) pantun : bermain kejar kejaran membuat badan sehat dan hati senang.

Amanat pantun : Anak anak sebaiknya bermain agar hati senang.

Contoh Pantun Orang Muda :

Mengangkat batu setinggi bahu

Batu diangkat berat rasanya

Jikalah boleh aku tahu

Baju biru siapa namanya ?

Isi (makna) pantun : Keinginan seseorang untuk berkenalan.

Amanat pantun : Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun

Pantun di atas memiliki ciri-ciri :

1. Bersajak a-b-a-b

2. Satu bait terdiri dari atas empat baris

3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata

4. Terdiri atas sampiran dan isi

nah jika kalian telah menyimak materi di atas maka tugas kalian adalah mempelajari blog bu Fitka dan membaca materi yang ada di buku tema 4 halaman 73 sampai 79. serta berikan komentar di blog bu guru dan jangan lupa kirimkan foto saat kalian mempelajari materi di blog dan di buku kalian ya nak! 

Bu guru ucapkan terimakasih kepada kalian semua yang masih semangat dan harus tetap semangat ya nak, jangan lupa shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian ya nak

Wassalamualaikum.wr.wb

Berikut dokumentasi kegiatan kalian:










20 komentar:

  1. Nama:ana anisa olivia
    Kelas :5D

    BalasHapus
  2. Nama:Raisha putri K.S.
    Kelas:5D
    Saya sudah mempelajari materi nya buπŸ™

    BalasHapus
  3. Nama:Muh Muham Al Fariq
    Kelas:5D
    Keterangan: Hadir

    Terima kasih

    BalasHapus
  4. Fauzy Almer Firdaus
    5D
    Hadir
    Terimakasih bu

    BalasHapus
  5. Nama Chandra Wijaya. 5d
    Hadir

    BalasHapus
  6. Mikail Revans marsky
    5D
    Hadir

    BalasHapus
  7. Assalamu'alaikum
    Nama :Vico abiyu R.F
    Kelas:5D
    Terimakasih atas materinya BuπŸ™πŸ™

    BalasHapus
  8. Zaki mahardika ramadhan
    5D
    Terimakasih materinya bu guruπŸ™

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum Bu
    M. Zidane Aljabarho
    5D
    Terimakasih atas materinya BuπŸ™

    BalasHapus
  10. Nama:annora Quinn a. S
    Kelas:5D
    Ket:hadir

    BalasHapus
  11. gafito oktabara setiawan
    kelas 5d
    terima kasih ibu materi yang telah diberikan

    BalasHapus
  12. Nama : jihan fitria
    Kelas :5d
    Makasih bu materi yang telah ibu berikan πŸ™πŸ»

    BalasHapus
  13. Nama: Nayaka putri akila
    Kelas: 5D

    Terimakasih materi yang telah ibu berikan, sya telah mempelajarinya.

    BalasHapus
  14. Nama : Raden Muhammad
    Kelas : 5D

    Maksih bu materi yang ibu berikan πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  15. Nama:Ilmira Moza Aulia
    Kls:5D
    Keterangan: hadir

    BalasHapus
  16. Nama : M. Galang Pratama
    Kelas : 5D
    Ket : Hadir

    BalasHapus