Hari/tanggal : Jum'at/23 Oktober 2020
Assalamulaikum.wr.wb.
Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :
Hari ini kita akan mempelajari tentang Tanggungjawab sebagai warga masyarakat alam pengambilan keputusan, Interaksi dalam Pendidikan dan Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia. Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.
Pembelajaran
3 dan 4
Muatan
Pelajaran : PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3. 2, 4.2)
PPkN (
KD : 3.2, 4.2 )
Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan
keputusan
Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung
dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan
komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan
anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat
lainnya untuk melamgsungkan hidupnya di dalam masyarakat.
Tanggung jawab sebagai masyarakt tersebut harus diwujudkan
dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga
masyarakat:
1. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.
Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan
di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak
menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap
memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat. Prinsip-prinsip
dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat adalah: Menciptakan
lingkungan hidup yang seimbang dan selaras.
2. Saling mengasihi dan membina antar individu.
Tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan, tetapi fokus pada
tujuan yang sama Contoh perilaku memelihara rasa persatuan dak kesatuan
masyarakat, yaitu: Rukun tetangga harus terus dilakukan Menyelesaikan
permasalahan secara musyawarah dan mufakat bersama-sama.
3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.
Menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar Tidak membedakan suku, ras, dan agama dalam
bergaul di masyarakat Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat
Ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap
individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat daopat dilakukan dengan membuat
aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi ileh semua anggota masyarakat tersebut.
Contohnya, membuat jadwal ronda malam yang dilakukan secara bergilir oleh
anggota masyarakat. Jadwal dan aturan jam ronda malam harus menjadi tanggung
jawab individu yang kebagian, sehingga harus dilaksanakan tujuan dan budaya
antarwarga dalam masyarakat sama. Dengan kepentingan yang sama ini, setiap warga
sebaiknya memperkuat hubungan antarwarga dengan mengesampingkan perbedaan yang
ada.
4. Sikap solidaritas
Sikap solidaritas tersebut akan membuat setiap warga bisa
menerima perbedaan yang ada, karena dapat saling bergaul dan memaklumi
perbedaan yang ada. Solidaritas harus terus ditingkatkan di masyarakat, salah
satunya dengan mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan
pribadi. Contoh sikap solidaritas, yaitu saling membantu, peduli satu sama
lain, kerja sama, serta berpartisipasi dalam membangun wilayah secara
bersama-sama. Kegiatan gotong royong tentu menjadi kegiatan nyata untuk
menciptakan solidaritas antarwarga. Bentuk kerja sama tidak hanya dilakukan di
pedesaan, melainkan juga daerah perkotaan.
IPS
( KD : 3.2 dan 4.2
Interaksi dalam Bidang Pendidikan
4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :
1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya dedi dan
jonas bediskusi materi pelajaran yg di sampaikan oleh guru
2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru
menjawab pertanyaan yg diajukan oleh siswa
3. interaksi siswa dengan sumber belajar. wujud
interaksi antara siswa dan sumber pelajar dapat bermacam-macam
4. interaksi siswa dengan lingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karyawisata ke pantai, dan lain-lain
Contoh interaksi dalam bidang pendidikan
upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melaluipendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.
Melalui
pendidikan,maka akan tercapai kesejahteraan masyarakat.
Berikut
contoh aktivitasmasyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya :
1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah
dicanangkan oleh pemerintah.
2) Mengikuti pelatihan keterampilan seperti
menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.
3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.
Contoh
aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan socialbudaya melalui pendidikan.
1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah
dicanangkan olehpemerintah.
2) Mengikuti pelatihan keterampilan, seperti
menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.
Bahasa Indonesia ( KD :
3.6 dan 4.6 )
Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia
Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun
anak anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.
Contoh pantun anak anak :
Pergi ke warung membeli Koran
Sekalian membeli benang
Ayo bermain kejar kejaran
Badan sehat hati senang
Isi (makna) pantun : bermain kejar kejaran membuat
badan sehat dan hati senang.
Amanat pantun : Anak anak sebaiknya bermain agar
hati senang.
Contoh Pantun Orang Muda :
Mengangkat batu setinggi bahu
Batu diangkat berat rasanya
Jikalah boleh aku tahu
Baju biru siapa namanya ?
Isi (makna) pantun : Keinginan seseorang untuk
berkenalan.
Amanat pantun : Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan
dengan santun
Pantun di atas memiliki ciri-ciri
:
1. Bersajak
a-b-a-b
2. Satu bait
terdiri dari atas empat baris
3. Setiap baris
terdiri atas 8-12 suku kata
4. Terdiri atas sampiran dan isi
nah jika kalian telah menyimak materi di atas maka tugas kalian adalah mempelajari blog bu Fitka dan membaca materi yang ada di buku tema 4 halaman 73 sampai 79. serta berikan komentar di blog bu guru dan jangan lupa kirimkan foto saat kalian mempelajari materi di blog dan di buku kalian ya nak!
Bu guru ucapkan terimakasih kepada kalian semua yang masih semangat dan harus tetap semangat ya nak, jangan lupa shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian ya nak
Wassalamualaikum.wr.wb
Berikut dokumentasi kegiatan kalian:
Nama : Amelia sari
BalasHapusKelas :5D
Nama:ana anisa olivia
BalasHapusKelas :5D
Nama: keisya dheandra putri
BalasHapusKelas:5D
Nama:Raisha putri K.S.
BalasHapusKelas:5D
Saya sudah mempelajari materi nya buπ
Nama:Muh Muham Al Fariq
BalasHapusKelas:5D
Keterangan: Hadir
Terima kasih
Nikoo F.H
BalasHapusTerimakasih
Fauzy Almer Firdaus
BalasHapus5D
Hadir
Terimakasih bu
Nama Chandra Wijaya. 5d
BalasHapusHadir
Mikail Revans marsky
BalasHapus5D
Hadir
Nama:Athaya Najla WD
BalasHapusKelas:5D
Assalamu'alaikum
BalasHapusNama :Vico abiyu R.F
Kelas:5D
Terimakasih atas materinya Buππ
Zaki mahardika ramadhan
BalasHapus5D
Terimakasih materinya bu guruπ
Assalamu'alaikum Bu
BalasHapusM. Zidane Aljabarho
5D
Terimakasih atas materinya Buπ
Nama:annora Quinn a. S
BalasHapusKelas:5D
Ket:hadir
gafito oktabara setiawan
BalasHapuskelas 5d
terima kasih ibu materi yang telah diberikan
Nama : jihan fitria
BalasHapusKelas :5d
Makasih bu materi yang telah ibu berikan ππ»
Nama: Nayaka putri akila
BalasHapusKelas: 5D
Terimakasih materi yang telah ibu berikan, sya telah mempelajarinya.
Nama : Raden Muhammad
BalasHapusKelas : 5D
Maksih bu materi yang ibu berikan ππ
Nama:Ilmira Moza Aulia
BalasHapusKls:5D
Keterangan: hadir
Nama : M. Galang Pratama
BalasHapusKelas : 5D
Ket : Hadir