Hari/Tanggal : Kamis, 03 Febuari 2022
Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha 3B, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum kita mulai aktifitas hari ini pastikan kalian sudah melaksanakan Shalat dhuha serta mendengarkan tausiah, dan yang pastinya sudah sarapan pagi jika sudah maka silahkan klik link absen berikut wajib absen ya nak!
Tema 6 : Energi dan PerubahannyaSubtema 1 : Sumber energiPembelajaran : 3 dan 4Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang sumber energi dengan tepat.
2. Dengan membaca dialog yang ada di buku, siswa mampu mengidentifikasi jenis – jenis satuan waktu dalam kehidupan sehari-hari.
3. Dengan kerja kelompok, siswa mampu menentukan satuan waktu tertentu dengan tepat.
4. Dengan menyimak penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat mengidentifikasivariasi pola irama pada sebuah lagu.
5. Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban - kewajiban di rumah terkait sumber energi.
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang sumber energi dengan tepat.
2. Dengan membaca dialog yang ada di buku, siswa mampu mengidentifikasi jenis – jenis satuan waktu dalam kehidupan sehari-hari.
3. Dengan kerja kelompok, siswa mampu menentukan satuan waktu tertentu dengan tepat.
4. Dengan menyimak penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat mengidentifikasivariasi pola irama pada sebuah lagu.
5. Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi kewajiban - kewajiban di rumah terkait sumber energi.
Ayo Mengamati
Siti dan teman-teman telah menyelesaikan tugas. Kemudian Pak Guru melanjutkan pelajaran. Berikut ini adalah percakapan antara Pak Guru dan muridmurid.
“Anak-anak tahukah kalian tentang satuan waktu?”, tanya Pak Guru.
“Belum, Pak!”, jawab Siti dan teman-teman.
“Kalau begitu Pak Guru mau tanya, siapa yang sudah lebih lama hidup, Pak Guru atau kalian?”
“Pak Guru!”, jawab murid-murid serempak.
“Dari mana kalian tahu?”
“Karena Pak Guru lebih tua dari pada kami, Pak.”, jawab Udin.
“Udin ingat berapa umur Pak Guru?” “37 tahun, Pak!” jawab Udin.
“Udin benar! Jadi tahun itu juga merupakan penunjuk waktu!”
“Adakah penunjuk waktu lainnya? Siapa yang dapat menjawab?”
Murid-murid terdiam, sambil berpikir. Lalu Pak Guru berkata, “Kalau begitu, yuk kita pelajari tentang penunjuk waktu atau satuan waktu!”.
Setelah membaca dialog di atas kita memahami tentang peristiwa yang memerlukan waktu lebih lama dan lebih singkat. Berikut ini adalah macam-macam satuan waktu.
Ada tahun, bulan, minggu, hari, jam, menit, dan detik. Kali ini, kita hanya akan mempelajari tentang tahun, bulan, minggu, dan hari. Tentang jam, menit, dan detik akan dipelajari kemudian. 1 tahun sama dengan 12 bulan. 1 bulan terdiri atas 28 sampai 31 hari.
Lihat tabel di bawah ini!
No | Nama bulan | Jumlah hari |
1. | Januari | 31 |
2. | Februari | 28 atau 29 |
3. | Maret | 31 |
4. | April | 30 |
5. | Mai | 31 |
6. | Juni | 31 |
7. | Juli | 31 |
8. | Agustus | 30 |
9. | September | 31 |
10. | Oktober | 31 |
11. | November | 30 |
2 | Desember | 31 |
Khusus bulan Februari setiap 4 tahun sekali jumlah harinya ada 29 hari. Banyak hari dari Minggu sampai dengan Sabtu adalah 7 hari. Tujuh hari itu disebut seminggu. Satu bulan terdiri dari 4 minggu atau lebih, tergantung jumlah hari dalam bulannya. Kalau jumlahnya ada 28 hari, berarti sebulan sama dengan 4 minggu. Jika jumlahnya 31 hari berarti 1 bulan sama dengan 4 minggu 3 hari.
Ayo Mencoba
Masih ingatkah lagu yang dipelajari pada Pembelajaran 1? Ayo menyanyikan lagi bersama-sama! Coba perhatikan kembali irama lagu tersebut! Kemudian mainkan musik mengikuti pola irama lagunya. Gunakan alat-alat musik berikut ini!
Ayo Membaca
Air dan Angin adalah Sumber Energi. Air bukan hanya sumber energi bagi tubuh. Air juga sumber energi listrik. Cara memanfaatkannya adalah air ditampung pada sebuah bendungan atau waduk. Lalu, bagaimana air di bendungan dapat menghasilkan energi listrik? Caranya adalah air di dialirkan. Aliran air ini memiliki kekuatan yang disebut energi kinetik. Energi kinetik air menggerakkan kincir atau turbin. Gerakan kincir air akan menggerakkan generator listrik. Generator listrik inilah yang membangkitkan energi listrik. Bendungan atau waduk yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA. Berikut ini adalah beberapa nama PLTA yang ada di Indonesia.
Nama PLTA | Lokasi |
PLTA Jatiluhur | Purwakarta Jawa Barat |
PLTA Maninjau | Agam,Sumatra Barat |
PLTA Karangkates | Malang, Jawa Timur |
PLTA Sigura-gura | Simorea, Sumatra Utara |
PLTA Musi | Kapahiang,Bengkulu |
PLTA Gajah Mungkur | Wonogiri, Jawa Tengah |
Kita wajib menjaga dan melestarikan lingkungan, karena lingkungan adalah tempat hidup.
Lingkungan memberi sumber energi untuk kita. Namun, energi tersebut terbatas persediaannya. Apa yang harus kita lakukan sebagai bagian dari lingkungan, untuk menghemat energi?
Cara atau tindakan yang bisa dilakukan untuk menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari:
1. Mematikan lampu jika tidak digunakan atau pada siang hari.
2. Mengganti lampu dengan yang hemat energi.
3. Mematikan semua peralatan elektronik jika tidak digunakan.
4. Mematikan kompor jika tidak dipakai dan merawat agar nyala api sempurna.
5. Menggunakan air secukupnya tidak berlebihan dan mematikan kran air jika sudah digunakan. Membuat atau mendesain rumah dengan penerangan yang cukup, sehingga mengurangi penggunaan lampu.
6. Menggunakan kendaraan seperlunya untuk menghemat energi.
7. Mancabut charger handphone atau saklar saat tidak digunakan untuk menghemat listrik.
Bagaimana dengan penjelasan materi hari ini semoga dapat dipahami ya nak, Jika ada pertanyaan dapat kirimkan ke grup WA kita! jika sudah paham maka kalian dapat mengerjakan tugas berikut ini:
Tugas kalian hari ini kerjakan modul tematik tema 6 subtema 1 pembelajaran PKN, Bahasa Indonesia, Matematika dan SBdP halaman 37 dan 38. Kerjakan langsung di buku Modul tematiknya ya nak!
Jika sudah selesai kalian dapat kirimkan tugasnya kepada bu Guru dengan kolase saat kalian mempelajari materi serta mengerjakan tugas dan hasilnya agar bu Guru dapat memeriksa hasil tugas kalian dan menilainya langsung. Terimakasih sholeh/sholeha bu guru salam sehat dan semangat selalu untuk kita semua, shalat 5 waktu dan tetap jaga kesehatan kalian!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar