Pages - Menu

Pages

Senin, 07 Agustus 2023

Pendidikan Pancasila dan IPAS

  Hari/Tanggal : Senin, 07 Agustus 2023

 



Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN :
PENDIDIKAN PANCASILA : Pancasila
Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan makna sila-sila Pancasila serta menceritakan contoh penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik. Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

TUJUAN PEMBELAJARAN : 
1. Peserta didik dapat memberikan contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) :
1. Peserta didik menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

MATERI :PENDIDIKAN PANCASILA

Berikut adalah contoh penerapan nilai pancasila :

A. Penerapan Pancasila di  Lingkungan Rumah

B. Penerapan Pancasila di  Lingkungan Sekolah
C. Penerapan Pancasila di  Lingkungan Masyarakat

Berikut adalah alur proses perumusan pancasila sebagai dasar negara :


Elemen : Pemahaman Sains 
IPAS 
Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik mengidentifikasi sumber dan bentuk energi serta menjelaskan proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari (contoh: energi kalor, listrik, bunyi, cahaya). 

Tujuan Pembelajaran/ CP : 

1.      Peserta didik dapat mengenali materi/zat dan karakteristiknya

Alur Tujuan Pembelajaran/ ATP : 
1.1  Peserta didik mengidentifikasi materi/zat dan karakteristiknya.
1.2  Peserta didik memahami massa dan volume pada benda. 

Materi IPAS : 

Topik A: Materi, Makhluk Apa Itu?
Alam semesta tempat kita tinggal terdiri atas banyak materi. Materi adalah segala sesuatu punya massa dan menempati ruang. Materi ada yang berupa makhluk hidup seperti kita (manusia), hewanhewan, tumbuhan, jamur dan bakteri. Ada juga yang berupa makhluk tak hidup atau yang sering kita sebut dengan benda, seperti buku, papan tulis, awan, langit, tanah dan sebagainya.

1. Menurut kalian apa itu massa?
2. Berdasarkan pengamatan kalian, apa hubungan antara massa dengan ukuran benda? Apakah benda yang ukurannya lebih kecil massanya selalu lebih kecil?
3. Bagaimana cara menentukan massa suatu benda?

Ciri-Ciri Materi adalah Memiliki Volume
Selain memiliki massa, ciri-ciri dari materi adalah menempati ruang. Maksudnya setiap materi pasti memiliki ukuran tertentu. Misalnya air yang bisa disimpan di dalam gelas atau botol. Udara yg bisa memenuhi paru-paru kita atau ruangan. Dengan kata lain, materi juga memiliki volume tertentu.

Apa Itu Volume?
Untuk mengetahui apa yang di maksud dengan volume, guru kalian akan mendemonstrasikan aktivitas mengukur volume suatu benda. Guru kalian akan membawa beberapa jenis wadah dan sejumlah air atau cairan tertentu.

Berapa Volumenya?
Bersama dengan teman-teman sekelas kalian, carilah bungkus kemasan minuman, botol minyak, oli, atau botol sirup yang ada di lingkungan sekolah. Kemudian, carilah di bungkus kemasan itu angka yang diberi akhiran mL atau L . Laporkan hasilnya pada guru kalian.



Untuk mengukur volume kita bisa menggunakan alat ukur seperti gelas ukur, yakni sebuah gelas yang di dalamnya terdapat ukuranukuran tertentu. Ukuran volume bisa dinyatakan dalam mililiter yang disimbolkan dengan tulisan mL dan Liter yang disimbolkan dengan
huruf L.
Sesuatu disebut materi jika menempati ruangan tertentu, atau dalam bahasa lain memiliki volume tertentu. Biasanya semakin besar volume suatu cairan, jumlah zatnya semakin banyak. Semakin banyak jumlah zatnya, biasanya massanya lebih besar. Jadi bisa disimpulkan bahwa massa dan volume saling berkaitan. Lalu, perlu diingat pula bahwa setiap materi pasti memiliki massa dan memiliki volume. 


Kesimpulan :  Materi adalah suatu zat yang memiliki massa dan menempati ruang, sehingga bisa diukur massa dan volumenya. Setiap materi memiliki bentuk, wujud, dan berat yang berbeda-beda. Semakin banyak jumlah zat, maka semakin besar berat dan volumenya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar