Pages - Menu

Pages

Kamis, 09 November 2023

Matematika

 Hari/Tanggal : Kamis, 9 November 2023


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.
Elemen Capaian Pembelajaran:
MATEMATIKA  : Bilangan
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda 
konkret, gambar dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengankelipatan dan faktor. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya, 1/2, 1/3, 1/4) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, 2/8, 4/8, 7/8). Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desimal. Mereka dapat menyatakan pecahan decimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu (misalnya, 1/2, 1/3, 1/4) dan antar-pecahan dengan penyebut yang sama (misalnya, 2/8, 4/8, 7/8).
Alur Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu membandingkan dan mengurutkan pecahan dengan pembilang satu dan dengan penyebut yang berbeda.

Materi:

Membandingkan Pecahan

Simbol yang digunakan untuk membandingkan pecahan yaitu:
1. Lebih dari (˃)
2. Kurang dari (<)
3. Sama dengan (=)

Untuk membandingkan pecahan kita bisa menggunakan beberapa cara yaitu dengan menggunakan gambar, menyamakan penyebut, bisa juga dengan menggunakan perkalian silang.

Untuk membandingkan pecahan dengan gambar, kita tinggal melihat bagian gambar yang diarsir lebih luas yang mana.

Untuk membandingkan pecahan dengan menyamakan penyebut, kita lihat dahulu penyebutnya sudah sama atau belum. Jika sudah sama, maka kita langsung bandingkan pembilang. Misalkan 1/5 < 3/5.

Jika penyebut belum sama, maka kita harus samakan penyebut terlebih dahulu.

Contoh:
1/2 … 1/6
Kita samakan penyebut menjadi:
3/6 … 1/6
3/6 > 1/6

Jika penyebut tidak sama, kita bisa membandingkan pecahan dengan melakukan perkalian sila.

Contoh:
1/2 … 2/3
Kita kalikan silang sehingga:
1×3 = 3
2×2 = 4
sehingga 3<4
maka 1/2 < 2/3

Mengurutkan Pecahan

Cara mengurutkan pecahan:

  1. Jika penyebut sudah sama langsung urutkan pembilangnya.
  2. Jika penyebut berbeda, makan harus menyamakan penyebut.

Contoh Soal 1:
Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil!
3/7, 1/7, 5/7
Pembahasan:
Kalau diperhatikan penyebut ketiga pecahan tersebut sudah sama yaitu 7.
Untuk mengurutkan pecahan dengan penyebut sama, tinggal dilihat pembilang.
Pembilang yang lebih besar, merupakan pecahan terbesar.
Sehingga urutan dari terkecil = 1/7, 3/7, 5/7

Contoh Soal 2:
Urutkan pecahan berikut dari yang terkecil!
3/6, 2/3, 4/12
Pembahasan:

Karena kita penyebut pecahan berbeda, kita samakan penyebut pecahan tersebut.
Penyebut pecahan bisa jadi sama jika kita jadikan penyebutnya 12.
3/6 = 6/12
2/3 = 8/12
4/12
Kalau penyebut sudah sama, kita urutkan pecahan dengan membandingkan pembilang:
Urutan pecahan dari terkecil = 4/12, 3/6, 2/3

Soal Latihan Mengurutkan Pecahan Kelas 4 SD dan Pembahasan

A. Urutkanlah pecahan berikut ini dari yang terkecil!

1) 3/6, 1/6, 4/6
Pembahasan:
Karena penyebut sudah sama, maka kita bisa langsung mengurutkan pecahan.
Urutan dari terkecil =
 1/6, 3/6, 4/6

2) 7/8, 1/8, 4/8
Pembahasan:
Karena penyebut sudah sama, maka kita bisa langsung mengurutkan pecahan.
Urutan dari terkecil = 1/8, 4/8, 7/8

3) 3/4, 1/2, 2/8
Pembahasan:
Karena penyebut tidak sama, maka kita harus menyamakan penyebut.
3/4 = 6/8
1/2 = 4/8
2/8
Urutan dari terkecil = 2/8, 1/2, 3/4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar