Pages - Menu

Pages

Kamis, 04 April 2024

Matematika dan IPAS

  Hari/Tanggal : Kamis, 4 April 2024


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.

Matematika 

Elemen CP : Pada akhir fase B, peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan). 

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat mengidentifikasi kumpulan data mengenai banyaknya benda.  

Alur Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik mengumpulkan data mengenai banyaknya benda.

Materi Pembelajaran 

Statistika Menyajikan Data dalam Bentuk Tabel

Dalam matematika, ada istilah statistika yang berisi data dan disusun dalam bentuk yang berbeda-beda, salah satunya disajikan dalam bentuk tabel.

Data merupakan kumpulan informasi yang diperoleh dari fakta yang sebenarnya dan bisa berupa angka maupun lambang.

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu melalui angket atau kuesioner, dan cara yang kedua adalah melalui wawancara dengan narasumber.

Contoh data statistik

Contoh data statistik

Data di atas adalah contoh hasil ulangan matematika siswa dengan nilai yang berbeda-beda.

Untuk bisa menyajikan data di atas dalam bentuk tabel, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengurutkan data dari yang paling besar ke yang terkecil.

Dari data di atas, diketahui kalau nilai ulangan terendah adalah 40, sedangkan nilah ulangan tertinggi adalah 100.

Ini artinya, nilai yang harus ditulis adalah dari 40 sampai 100 dan sajikan dalam bentuk tabel.

Tabel yang kita buat dapat terdiri dari tiga bagian, yaitu nilai, turus, dan frekuensi.

Pada kolom nilai, tulis nilai yang ada pada data, yaitu 40, 50, 60, 70, 80, 90, dan 100.

Sedangkan pada kolom turus diisi dengan garis sejumlah siswa yang mendapatkan nilai itu. Terakhir, kolom frekuensi diisi dengan angka banyaknya jumlah turus tadi.

Saat mengurutkan data, kolom turus sebenarnya hanya sebagai kolom bantuan saja, sehingga saat semua data sudah masuk dalam tabel, kolom turus bisa dihilangkan.

Tabel Frekuensi dan Diagram Titik

Data yang disajikan dapat berupa data tunggal, atau hanya berupa angka dan satu keterangan, tanpa keterangan lain. Misalnya data usia siswa dalam satu kelas.

Dari data tunggal itu, kita bisa menyajikannya dalam dua bentuk, yaitu dalam bentuk tabel frekuensi dan diagram titik.

Tabel frekuensi sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu memasukkan data ke dalam tabel dengan beberapa keterangan.

Contohnya pada data tunggal usia siswa di kelas dengan usia 5, 7, 5, 9, 7, 7, 6, 9, 9, 9, 10, 12, 12, 7.

Berikut Video Pembelajaran : 




Elemen CP : IPAS
Peserta didik mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, kegiatan jual beli, mengenal nilai mata uang dan mendemonstrasikan bagaimana uang digunakan untuk mendapatkan nilai manfaat/ memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.  

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik dapat mengidentifikasi kegiatan jual beli sebagai cara memenuhi kebutuhan. 

Alur Tujuan Pembelajaran : 

 Peserta didik memahami kegiatan jual beli di sekolah maupun di masyarakat.  

Materi Pembelajaran : 

Remedial!

1.    Gunung berdasarkan keaktifannya terdiri dari dua macam yaitu ….

a.       Gunung berapi dan gunung aktif

b.      Gunung berapi dan gunung merapi

c.       Gunung berapi dan gunung mati

d.      Gunung besar dan gunung kecil

2.    Bukti bahwa Indonesia kaya akan sumber daya alam adalah terdapat …

a.       Tempat pengeboran minyak c. Pasar Swalayan  

b.      Gedung sekolah                                  d. Kendaraan bermotor

3.    Perhatikan ciri-ciri kenampakan alam berikut.

(1)  Memiliki udara yang sejuk dan tanah yang subur

(2)  Tempat kegiatan peternakan sapi perah

(3)  Menjadi tujuan tempat peristirahatan saat musim liburan

(4)  Berada di ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan laut.

Jenis kenampakan alam yang memiliki ciri-ciri tersebut adalah …

a.       Daratan tinggi                                     c. Gunung

b.      Laut                                                      d. Pantai 

4.    Kondisi wilayah Indonesia sebagian besar merupakan daerah perairan, sehingga Indonesia disebut sebagai Negara …

a.       Kepulauan                                           c. Agraris

b.      Maritim                                                d. Kesatuan

5.    Masyarakar daerah pegunungan menanami daerahnya dengan tanaman …

a.       Palawija                                               c. Tanaman Kaktus

Tanaman Bakau                                d. Sayuran 

Esay !

1. Potensi kekayaan alam di sebuah daerah bergantung pada Kondisi geografis, iklim, dan ... 

2. Gambaran permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan skala tertentu dan yang dilengkapi dengan simbol sebagai penjelas disebut …

3. Berfungsi untuk menunjuk arah sehingga kita tidak salah arah ketika membaca peta disebut ….

4. Danau adalah genangan air luas yang dikelilingi oleh daratan, sehingga danau dimanfaatkan sebagai cadangan air saat kemarau. Selain sebagai cadangan air saat kemarau sebutkan 2 manfaat Danau yang kamu ketahui?

5. Sebutkan 4 langkah membaca peta dengan benar?


SUMATIF 2 IPAS KEBUTUHANKU

1.    Jenis kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi oleh setiap manusia adalah kebutuhan ….

a.       Jasmani                                                 c. Primer 

b.       Rohani                                                   d. Sekunder

2.    Urutan pemenuhan kebutuhan hidup yang tepat bagi seorang pelajar adalah …

a.       Membeli buku, membayar SPP, menabung dan rekreasi

b.       Membayar SPP, Rekreasi, membeli buku dan menabung

c.       Membeli buku, menabung, rekreasi dan membayar SPP

d.       Membayar SPP, reakreasi, menabung dan membeli buku

3.    Buku tulis, pensil, sepatu dan seragam sekolah termasuk barang yang dapat langsung memenuhi kebutuhan sebagai pelajar. Barang tersebut termasuk ke dalam jenis kebutuhan ….

a.       Pangan                                                  c. Papan

b.       Sandang                                                d. Pokok

4.    Jenis kebutuhan yang bias ditunda pemenuhannya tergolong dalam jenis kebutuhan ….

a.       Pokok                                                    c. Tambahan

b.       Mewah                                                  d. Tersier

5.    Perhatikan nama-nama di bawah ini!

(1)  Perhiasan

(2)  Handphone

(3)  Pakaian

(4)  Laptop

(5)  Televisi

Berdasarkan tabel nama benda tersebut, yang merupakan golongan kebutuhan sekunder ditunjukkan oleh nomor …

a.       1,2 dan 3                                                             c. 2,3 dan 4 

b.       1,4 dan 5                                                             d. 2,4 dan 5

6.    Ketika libur sekolah, Denita pergi berbelanja ke pasar bersama Nina untuk membeli beberapa kebutuhannya. Denita memerlukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan sandang. Denita memerlukan ….

a.         Motor                                                                   c. Beras dan sayur

b.         Baju dan celana                                                d. Handphone

7.    Rini menerima uang dari Tano, sedangkan Tano menerima sayur-sayuran dari Rini. Pada pernyataan tersebut, Rini berperan sebagai . . .

a.       Pembeli                                                                c. Konsumen 

b.      Penjual                                                  d. Barter

8.    Perhatikan gambar di bawah ini!


Kegiatan ekonomi yang ditunjukkan oleh gambar di atas yaitu. . .

a.       Jual beli                                                                 c. Distribusi

b.      Konsumsi                                                             d. Produksi

9.    


Uang pada gambar tergolong jenis uang …

a.       Kartal                                                                     c. elektronik

b.       Giral                                                                        d. digital

10.Perhatikan pekerjaan berikut!
1) Buruh pabrik sepatu
2) Petani
3) Penyanyi
4) Guru
Pekerjaan yang menghasilkan jasa ditunjukkan oleh nomor...

a.       1 dan 4                                                                   c. 2 dan 4

b.      1 dan 3                                                                   d. 3 dan 4

Esay!

1. Telepon genggam menjadi barang yang hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.  Oleh karena itu telepon genggam termasuk jenis kebutuhan …

2. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia untuk hidup. Ada 3 Contoh kebutuhannya, yaitu …. , …. Dan ….

3. Dayu makan dan minum di restoran dekat rumahnya. Kegiatan ekonomi yang dilakukan dayu adalah …

4. Tempat kegiatan jual beli ini dimana pembeli dapat menawar harga yang ingin dibeli adalah …

5. Jelaksan pengertian dan contoh kegiatan ekonomi dari produksi .... 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar