Pages - Menu

Pages

Rabu, 03 April 2024

P5 dan Seni Tari

 Hari/Tanggal : Rabu, 3 April 2024


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.

Kegiatan P5 

“AKU CINTA KEBERAGAMAN”

Tema : Bhineka Tunggal Ika


AKTIFITAS 

Kebhinekaan (Sejarah, Makna, Fungsi dan contoh Bhineka Tunggal Ika)

Mengenal Nilai Penting Kebhinekaan 

Dimensi           : Berkebhinekaan Global

Tujuan             : 

1. Peserta didik mampu menjelaskan konsep keberagaman.

2. Peserta didik mampu memahami keberagaman di lingkungan sekolah.

3. Peserta didik mampu memahami penyebab dan penyelesaian konflik.


Kegiatan Awal

1. Pendidik menyiapkan materi mengenai pengertian keberagaman, dampak positif dan negative keberagaman serta contoh keberagaman di sekolah https://bit.ly/KMI-KeberagamanaMasyarakatIndonesia 

2. Pendidik menyiapkan materi mengenai penyebab dan penyelesaian konflik https://bit.ly/PENGERTIANKONFLIK 

3. Pendidik menyiapkan lembar kerja siswa

4. Peserta didik menyiapkan buku catatan khusus P5

Kegiatan Inti 

1. Pendidik mengondisikan peserta didik untuk  siap  menerima  proses pembelajaran.

2. Peserta didik diberi kesempatan melakukan pengamatan keberagaman di lingkungan sekolah, kemudian menuliskannya di lembar kerja pengamatan.

3. Peserta didik menceritakan keberagaman yang ada di lingkungan sekolah.

4. Setelah mengidentifikasi keberagaman yang ada di lingkungan sekolah, pendidik melanjutkan kegiatan dan memberikan pertanyaan pemantik:

a.  Apa yang kalian ketahui tentang konflik?

b. Mengapa konflik bisa terjadi?

5. Peserta didik diarahkan untuk menemukan contoh konflik yang terjadi di  lingkungan kelas atau lingkungan terdekatnya berdasarkan adanya perbedaan dalam keragaman.

6. Peserta didik memperhatikan paparan pendidik tentang penyebab konflik dan alternatif penyelesaiannya.

7. Pendidik memberikan Lembar Kerja Siswa mengenai :

a. Menyebutkan   konflik   yang   pernah   terjadi   di   lingkungan sekitar sekolah/rumah.

b. Hal-hal yang memicu terjadinya konflik.

c.  Alternatif penyelesaiannya.

8. Peserta didik menulis informasi yang didapatkan kemudian beberapa perwakilan peserta didik menyampaikan hasil temuannya.

9. Pendidik memberikan umpan balik.


Elemen CP : Seni Tari 

Berpikir dan bekerja  artistik(Thinking and working  artistically) Menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu menunjukkan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.

Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mengenal tari melalui cerita daerah/rakyat

Remedial Seni Tari

1.        Tari yang menceritakan perjuangan Rama dalam menyelamatkan Dewi Sinta adalah...

a.         Tari Patuddu

b.         Tari Randai

c.         Tari Saman

d.        Tari Kecak

2.        Gerakan yang memperlihatkan cerita rakyat dari tari patuddu adalah . . .

a.         Gerakan tangan yang seperti melambai

b.         Gerakan kaki yang melangkah

c.         Gerakan tangan seperti terbang

d.        Gerakan badan yang berkelok ke kanan dan ke kiri

3.        Tari yang salah satunya mendapatkan inspirasi dari cerita Malin Kundang adalah …

a.         Tari Kecak

b.         Tari Randai

c.         Tari Patuddu

d.        Tari Pendet

4.        Tari kecak diciptakan oleh seniman Bali yang bernama . . .

a.         I Gede Manik

b.         Raden tjetjep Soemantri

c.         Ida Ayu Wimba Ruspati

d.        I Wayan Limbak

5.        Gerak tangan penari memeragakan seseorang yang sedang mengayun saat menggendong bayi. Pada tari Randai gerakan ini disebut gerak . . .

a.         Vibrasi

b.         Berputar

c.         Jatuh Bangun

d.        Mengayun

6.        Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Kisah penculikan Dewi Sinta oleh Rahwana

(2) Kisah Burung Garuda yang menculik Dewi Sinta

(3) Kisah Permintaan tolong Rama kepada Tuhan

(4) Kisah Hanoman yang melawan Rahwana dan Membakar Istana Rahwana

Dari pernyataan di atas yang termasuk dalam adegan dalam tari kecak ditunjukkan nomor . . .

a.         (1), (2) dan (3)

b.         (2), (3) dan (4)

c.         (2), (3) dan (4)

d.        (1), (3) dan (4)

7.        Tari Patuddu adalah salah satu tarian tradisional khas dari suku  . . .

a.         Dayak

b.         Mentawai

c.         Mandar

d.        Sunda

8.        Perhatikan Pernyataan berikut ini!

(1) Selendang

(2) Bunga Kamboja

(3) Bunga Mawar

(4) Bara Api

(5) Topeng

Properti dari Tari kecak ditunjukkan oleh nomor . . .

a.         (1), (2), (4) dan (5)

b.         (1), (3), (4) dan (5)

c.         (3), (4), (5) dan (1)

d.        (2), (3), (4) dan (5)

9.        Pada tari randai iringan musik yang digunakan berasal dari alat msuki tradisional. Selain itu ada juga dari membunyikan suara langsung dari penari yaitu dengan . . .

a.         Petik jari

b.         Siulan

c.         Tepuk tangan

d.        Semua benar

10.        Perhatikan pernyataan berikut ini!

(1) Gerakan tari lincah dan dinamis

(2) Tari bersifat ekspresif

(3) Gerakan kaki lincah seperti gerakan meloncat dan berputar

(4) Sikap atau posisi kaki terbuka

Yang termasuk ciri – ciri umum dari gerakan tari daerah Sumatra ditunjukkan nomor . . .

a.         (1), (2) dan (3)

b.         (2), (3) dan (4)

c.         (1), (3) dan (4)

d.        (1), (2) dan (4)


I.          Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang paling tepat!

1.    Gerakan tangan akan selalu melengkung pada gerakan tari patuddu sering disebut... dalam bahasa Mandar.

2.      Selain kipas properti lain yang dipakai pada tari patuddu adalah . . .

3.      Tari Randai menggunakan properti kepala berupa . . .

4.    Tari kecak tidak menggunakan iringan dari alat musik. Melainkan menggunakan ritme tari dari teriakan . . . dari para penari.

5.      Kostum tari kecak yang digunakan para lelaki adalah . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar