Pages - Menu

Pages

Senin, 29 Juli 2024

PAK dan Bahasa Indonesia

  Hari/Tanggal: Senin, 29 Juli 2024




Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.

Pendidikan Anti Korupsi
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu memahami pengertian jujur dan contohnya

Jujur

Jujur adalah sikap lurus hati, tidak berbohong, tidak curang dan tulus-ikhlas. Seseorang dengan nilai kejujuran di hatinya tidak akan pernah korupsi, karena tahu tindakan tersebut adalah bentuk kebohongan dan kejahatan. Orang dengan berintegritas jujur akan selalu berpegang pada prinsip yang diyakininya benar. 


Orang dengan nilai kejujuran juga harus menolak ketidakjujuran. Dia harus berani menegur atau melaporkan tindak ketidakjujuran seperti korupsi atau yang lainnya. Pelaporan masyarakat ini menjadi salah satu yang sarana efektif untuk memberantas korupsi. Maka dari itu, masyarakat yang berintegritas akan menciptakan lingkungan yang bebas dari korupsi.



Capaian Pembelajaran:

Menulis

Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana.

Tujuan Pembelajaran :

  • Menyimpulkan perasaan tokoh cerita.
  • Menyampaikan pendapat terhadap cerita dengan mengaitkan pesan pada cerita dengan pengalaman pribadinya.
Bacalah cerita berikut dengan cermat!

Mimi Marah











Kunci Jawaban
1. Memperbaiki
2. Mengalah
3. Lega

Lakukan kegiatan berikut ini!

Kunci Jawaban

1. Karena mereka sama-sama ingin bermain boneka.

2. Marah, sedih, menyesal, lega, senang.

3. Mimi masuk ke kamar, berteriak, lalu menangis.

4. Jawaban tergantung pendapat peserta didik.

Misal: Setuju, karena dia tidak memukul adiknya.

5. Jawaban tergantung pendapat peserta didik.

Misal: Aku akan minta maaf kepada kakakku.

dari menjawab pertanyaan di atas kita dapat menyimpulkan perasaan tokoh dari cerita di atas.

Perhatikan tabel berikut ini!

Pilihlah satu cara menenangkan diri dalam tabel di atas.  
Lalu, pilih satu cara yang tidak kalian setujui.   
Sampaikan alasan kalian.
Contoh:
Saya tidak setuju menenangkan diri dengan bersepeda karena jika 
bersepeda dengan perasaan marah, kita bisa jatuh.

Berdiskusilah dengan tiga teman kalian.  
• Bagaimana cara kalian menunjukkan rasa marah?
• Bagaimana cara kalian menenangkan diri?
• Menurut  kalian, tepatkah cara kalian menunjukkan marah?


Refleksi :
Alhamdulillah target capaian pembelajaran PAK dan Bahasa Indonesia hari ini semua peserta didik memahami dan menguasai materi tentang sikap jujur dan kosa kata serta menyimpulkan perasaan tokoh cerita hampir semua menguasai. 
berikut dokumentasi kegiatan hari ini:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar