Pages - Menu

Pages

Selasa, 17 September 2024

Matematika, Seni Rupa dan Bahasa Indonesia

 Hari/Tanggal: Rabu, 18 September 2024


B.Indonesia

CP

Membaca

Membaca kata-kata yang terdiri atas kombinasi v-kv, kv dan kvk yang sering ditemui.

Menulis

Menyimpulkan nama tempat berdasarkan informasi.

Berdiskusi

Mencari informasi pada sumber lain yang relevan dengan teks yang dibaca.

Menulis

Menyampaikan pendapat terhadap informasi yang terkandung di dalam gambar.

ATP

Membaca

Melalui latihan berulang, peserta didik dapat membaca kata yang terdiri atas kombinasi v-kv, kv dan kvk yang sering ditemui.

Menulis

Melalui membaca informasi, peserta didik dapat menyimpulkan nama tempat umum yang dimaksud.

Berdiskusi

Melalui diskusi, peserta didik dapat mencari informasi pada sumber lain yang relevan dengan teks yang dibaca.

Menulis

Melalui menulis, peserta didik dapat menyampaikan pendapat terhadap informasi yang terkandung di dalam gambar.

TP

Peserta didik dapat mengetahui istilah tempat umum dan contohnya melalui pengamatan pada gambar dengan cermat. 

Peserta didik dapat mengetahui tentang tanda-tanda peringatan di tempat umum melalui pengamatan pada gambar dengan cermat. 

Tempat Umum

Tempat umum adalah suatu tempat yang umumnya terdapat banyak orang yang berkumpul untuk melakukan suatu kegiatan baik secara sementara maupun secara terus menerus dan baik membayar maupun tidak membayar. Tempat umum juga dapat diartikan sebagai sarana yang diselenggarakan oleh pemerintahswasta atau perorangan yang digunakan untuk kegiatan bagi masyarakat demi kenyamanan bersama.
Tempat umum meliputi, sarana kesehatan, sarana sekolah, tempat ibadah dan pasar.

Tanda Peringatan

Tanda segitiga kuning adalah peringatan akan bahaya, sedangkan tanda lingkaran merah dicoret adalah larangan.

Berikut ini adalah makna dari tanda peringatan tersebut.

Jangan mendorong;

Jangan membuka pintu;

Jangan memberi makan hewan;

Hati-hati lantai licin;

Hati-hati ada ayunan;

Hati-hati ombak besar;

Jangan sentuh stop kontak;

Hati-hati ketika melangkah;

Hati-hati barang panas.

Latihan soal :

1. Apa yang dimaksud dengan tempat umum?

2. Tuliskan 2 contoh tempat umum yang pernah kamu kunjungi !

3. Apakah yang dimaksud dengan tanda peringatan?

4. Gambarkan sebuah contoh tanda peringatan dan tuliskan maknanya !

B.Indonesia

CP

Menulis

Menuliskan ‘di’ sebagai kata depan dan kata kerja.

ATP

Menulis

Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan ‘di’ sebagai kata depan dan kata kerja dengan tepat.

TP

Peserta didik akan belajar tentang cara menulis “di” sebagai imbuhan dan kata depan;

Ringkasan Materi :

Sebagai kata depan, “di” diikuti oleh nama tempat yang penulisannya terpisah.
Misal: di sekolah.

Sebagai imbuhan, “di” diikuti oleh kata kerja yang penulisannya digabung.
Misal: dibuat



Tugas :

Tulislah sepuluh kata,setelah gurumu menyebutkannya !

dibaca
di pantai
di kamar
disimpan
dipakai
di lapangan
dilatih
di kebun
dijaga
di rumah sakit



Matematika

BILANGAN
Capaian Pembelajaran
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan pada bilangan cacah hingga 100 ,mereka dapat membaca menulis menentukan nilai tempat membandingkan mengurutkan serta melakukan komposisi ( menyusun) dan komposisi(mengurai) bilangan

ATP
Menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 tanpa metode meminjam 
Menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 dengan metode menyimpan 
TP
Peserta didik dapat menyelesaikan operasi pengurangan hingga 100 

Peserta didik dapat memahami pengurangan bersusun panjang 

Materi: soal cerita Penjumlahan dan Pengurangan
 Contoh soal: 
Tika mempunyai 12 donat Malosi mempunyai 5 kurangnya dari banyak donat milik Tika.
a. Berapa donat milik Malosi?
b. Berapa jumlah donat milik Tika dan Malosi?

Penyelesaian: 
Diketahui: 
Tika mempunyai 12 donat 
Malosi mempunyai 5 kurangnya dari banyak donat milik Tika 
Ditanya: 
A.Berapa banyak donat milik malosi?
B. Berapa jumlah donat milik Tika dan Malosi?
Solusi:
A. Donat malosi 12 - 5 = 7 
Jadi ,Malosi memiliki 7 donat 
B.7+12=19
Jadi, jumlah donat milik Tika dan Malosi adalah 19 donat


Seni Rupa

Elemen : Menciptakan (Making/ Creating)

Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengetahui warna primer dan sekunder

Alur Tujuan Pembelajaran 

Peserta didik  mengetahui warna primer dan sekunder

Perhatikan Video Berikut



Mengenal Warna Primer dan Sekunder
    1. Warna primer
  • Warna dasar yang terdiri dari merah, kuning, dan biru. Warna-warna ini tidak dihasilkan dari pencampuran warna.Contoh warna primer adalah warna merah seperti darah, kuning seperti kuning telur, dan biru seperti langit atau laut.

  • 2, Warna sekunder
  • Warna yang dihasilkan dari percampuran dua warna primer dengan perbandingan satu banding satu. Warna sekunder yang dihasilkan dari percampuran warna primer adalah oranye, ungu, dan hijau. Contoh warna sekunder adalah warna oranye yang dihasilkan dari percampuran warna merah dan kuning, warna hijau yang dihasilkan dari percampuran warna kuning dan biru, dan warna ungu yang dihasilkan dari percampuran warna biru dan merah. 

  • Selain warna primer dan sekunder, ada juga warna tersier yang dihasilkan dari pencampuran satu warna primer dan satu warna sekunder. Contoh warna tersier adalah merah-oranye, kuning-oranye, kuning-hijau, biru-hijau, dan biru-ungu.
Lembar Kerja Peserta Didik

Refleksi dan Rangkuman materi 

Dari pembelajaran hari ini kls 2 C dapat mengetahui istilah tempat umum dan contohnya melalui pengamatan pada gambar dengan cermat. Sedangkan untuk materi Pembelajaran Matematika soal cerita peserta didik kurang mencermati soal dalam soal cerita dan guru akan mengulang di pembelajaran selanjutnya.dan  untuk seni rupa hari ini melaksanakan PH sumatif harian. Alhamdulillah hasil nya baik.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar