Pages - Menu

Pages

Senin, 30 September 2024

Matematikan dan Seni Rupa

 Hari/Tanggal: Selasa, 1 Oktober 2024




MAPEL                       : Matematika dan Seni Rupa

Alat Peraga/ Media    : Video/ Gambar

Metode                         : Demonstrasi dan Permainan

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha Bu Guru, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Apersepsi : Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari tentang bangun datar. hari ini kita akan mempelajari materi tentang segi banyak. sementara pada pembelajaran seni rupa kita telah mempelajari tentang pencampuran warna. kali ini pembelajaran kita tentang melukis warna pada sebuah karya.

Materi Ajar Matematika Kelas 2: Mengenal Segi Banyak

TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat menyebutkan dan mengidentifikasi berbagai macam bentuk bangun datar sederhana (persegi, persegi panjang, lingkaran, segitiga ,segi lima ,segi enam).

Siswa dapat membandingkan ukuran dan bentuk benda-benda di sekitarnya.

Siswa dapat membuat pola sederhana dengan menggunakan bangun datar.

Apa itu Segi Banyak?

Segi banyak adalah bentuk datar yang dibatasi oleh garis-garis lurus. Garis-garis lurus ini bertemu di titik sudut.

Jenis-Jenis Segi Banyak

Ada banyak sekali jenis segi banyak, tapi kali ini kita akan belajar tentang empat jenis yang sering kita temui, yaitu:

  • Segi Tiga: Segi banyak yang memiliki 3 sisi dan 3 sudut. [Gambar: berbagai bentuk segitiga, seperti segitiga sama sisi, sama kaki, dan siku-siku]
  • Segi Empat: Segi banyak yang memiliki 4 sisi dan 4 sudut. [Gambar: berbagai bentuk segi empat, seperti persegi, persegi panjang, belah ketupat, dan jajar genjang]
  • Segi Lima: Segi banyak yang memiliki 5 sisi dan 5 sudut. [Gambar: contoh segi lima, seperti bintang]
  • Segi Enam: Segi banyak yang memiliki 6 sisi dan 6 sudut. [Gambar: contoh segi enam, seperti sarang lebah]

SIMAK VIDIO PEMBELAJARAN DI BAWAH 👇



Aktivitas Menyenangkan
  1. Mencari Segi Banyak di Sekitar Kita:

    • Ajak siswa untuk mengamati benda-benda di sekitar kelas atau lingkungan sekolah.
    • Minta siswa untuk menemukan benda-benda yang berbentuk segi tiga, segi empat, segi lima, dan segi enam.
    • Contoh: buku (persegi panjang), pintu (persegi panjang), atap rumah (segitiga), pensil (segi enam).
  2. Membuat Gambar Segi Banyak:

    • Sediakan kertas, pensil, dan penggaris.
    • Minta siswa untuk mencoba menggambar berbagai jenis segi banyak yang sudah dipelajari.
  3. Menggunting Gambar Segi Banyak:

    • Sediakan kertas berwarna dan gunting.
    • Buatlah pola berbagai bentuk segi banyak.
    • Minta siswa untuk menggunting pola tersebut.

Penutup

Sekarang, kamu sudah mengenal berbagai jenis segi banyak, bukan? Segi banyak sangat banyak ditemukan di sekitar kita. Dengan belajar tentang segi banyak, kita bisa lebih memahami bentuk-bentuk yang ada di dunia ini.

Tips Tambahan:

  • Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami anak.
  • Sertakan banyak gambar dan contoh nyata.
  • Buat kegiatan yang interaktif dan menyenangkan.
  • Libatkan siswa dalam proses pembelajaran.

Materi ini bisa dikembangkan lebih lanjut dengan membahas:

  • Ciri-ciri khusus dari setiap jenis segi banyak.
  • Cara menghitung sisi dan sudut pada segi banyak.
  • Mengenal segi banyak beraturan dan tidak beraturan.

Semoga materi ini bermanfaat untuk pembelajaran matematika siswa kelas 2!

Apakah kamu ingin saya menambahkan soal latihan atau materi lain yang berkaitan dengan segi banyak?

Catatan: Untuk membuat materi menjadi lebih menarik, kamu bisa menggunakan berbagai media seperti video, animasi, atau permainan online yang berkaitan dengan segi banyak.

Materi Seni Rupa Kelas 2 SD: Alat dan Bahan Melukis

Judul: Ayo Berkreasi dengan Cat Warna-warni!

Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa dapat menyebutkan berbagai macam alat dan bahan yang digunakan untuk melukis.
  • Siswa dapat menjelaskan fungsi dari masing-masing alat dan bahan tersebut.
  • Siswa dapat memilih dan menggunakan alat dan bahan melukis dengan benar.
  • Siswa dapat mengembangkan kreativitas dalam melukis.

Materi:

Apa itu Melukis? Melukis adalah kegiatan menggambar dengan menggunakan cat warna-warni di atas kertas atau kanvas. Melalui melukis, kita bisa mengekspresikan perasaan dan imajinasi kita.

Alat dan Bahan Melukis

  1. Kertas:

    • Kertas merupakan bidang yang kita lukis. Ada banyak jenis kertas, seperti kertas gambar, kertas karton, atau kertas khusus untuk melukis.
  2. Cat:

    • Cat adalah warna yang kita gunakan untuk mewarnai gambar. Ada berbagai jenis cat, seperti cat air, cat akrilik, atau cat minyak. Cat air biasanya digunakan untuk anak-anak karena mudah dibersihkan.
  3. Kuas:

    • Kuas digunakan untuk mengoleskan cat ke kertas. Ada berbagai ukuran kuas, dari yang kecil hingga yang besar. Kuas yang kecil digunakan untuk membuat garis-garis halus, sedangkan kuas yang besar digunakan untuk mewarnai bagian yang luas.
  4. Palet:

    • Palet adalah tempat untuk mencampur cat. Kita bisa mencampurkan berbagai warna cat untuk mendapatkan warna baru.
  5. Gelas Air:

    • Gelas air digunakan untuk membilas kuas setelah digunakan.
  6. Pensil:

    • Pensil digunakan untuk membuat sketsa gambar sebelum kita mewarnainya.



Cara Menggunakan Alat dan Bahan Melukis

  1. Siapkan alat dan bahan: Letakkan semua alat dan bahan di atas meja dengan rapi.
  2. Buat sketsa: Gunakan pensil untuk membuat sketsa gambar yang ingin kamu lukis.
  3. Ambil cat: Celupkan kuas ke dalam cat yang ingin kamu gunakan.
  4. Oleskan cat: Oleskan cat ke kertas mengikuti sketsa gambarmu.
  5. Bersihkan kuas: Bilas kuas dengan air setelah selesai digunakan.

Kegiatan:

  • Tunjukkan berbagai macam alat dan bahan melukis: Bawa beberapa contoh alat dan bahan melukis yang berbeda-beda ke kelas. Jelaskan fungsi dari masing-masing alat dan bahan tersebut.
  • Ajak siswa untuk mencoba melukis: Sediakan kertas, cat, dan kuas untuk setiap siswa. Biarkan mereka bebas bereksplorasi dan menciptakan karya seni mereka sendiri.
  • Berikan contoh gambar sederhana: Tunjukkan contoh gambar sederhana yang bisa mereka tiru.
  • Berikan pujian: Berikan pujian atas setiap usaha dan karya siswa.

Evaluasi:

  • Amati proses siswa dalam menggunakan alat dan bahan melukis.
  • Perhatikan hasil karya siswa.
  • Berikan umpan balik yang positif dan membangun.

Tips:

  • Ajak siswa untuk bereksperimen dengan berbagai warna dan teknik melukis.
  • Libatkan siswa dalam membersihkan alat dan bahan setelah selesai digunakan.
  • Buat suasana belajar yang menyenangkan dan tidak tertekan.

Kegiatan Tambahan:

  • Membuat kolase dengan menggunakan kertas warna-warni, potongan majalah, dan lem.
  • Melukis dengan jari atau spons.
  • Membuat cap tangan atau kaki.

Baiklah cukup sekian materi hari ini, semoga dapat dipahami dengan baik dan dapat diamalkan semua ilmu yang diberikan aamiin. Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb.

REFLEKSI /RINGKASAN MATERI :

Dari hasil pembelajaran hari ini terkait pembelajaran matematika tentang mengidentifikasi berbagai macam bentuk bangun datar sederhana (persegi, persegi panjang, lingkaran, segitiga ,segi lima ,segi enam).peserta didik sudah memahami ciri khusus segi banyak ,menghitung sisi, dan mengenal segi banyak. sedangkan pembelajaran seni rupa peserta didik sudah bisa menentukan tema lukisan dan alat alat2 melukis.dan dilanjutkan hari esok prektek membuat cat tangan.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar