Pages - Menu

Pages

Rabu, 02 Oktober 2024

P5 dan Pendidikan Pancasila

 Hari/Tanggal: Kamis, 3 Oktober 2024



MAPEL                          : P5 dan PENDIDIKAN PANCASILA

Alat Peraga/ Media       : Video/ Gambar

Metode                           : DEMONTRASI dan PERMAINAN

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Hallo Ananda Sholeh/Sholeha Bu Guru salam sehat dan semangat selalu,Apa kabar Ananda sholeh sholeha Bu Guru, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Apersepsi : Pada KEGIATAN P5 minggu lalu ananda sudah dibagi kelompok sesui minat dan bakat nya yaitu paduan suara dan seni tari.jadi hari ini kita akan memulai pemantapan latihan proyek P5.
Sedangan pembelajaran 
AKTIFITAS 7

Merancang Konsep Penampilan (Berlatih)

Kegiatan Awal

1.      Menyiapkan bahan untuk latihan

2.      Pemantauan kegiatan latihan

 Kegiatan Inti

1.      Pendidik memantau proses kegiatan berlatih peserta didik.

2.      Pendidik memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.

3.      Selama kegiatan, pendidik ikut serta mendampingi peserta didik.

Kegiatan Awal

1.      Menyiapkan bahan untuk latihan

2.      Pemantauan kegiatan latihan

 

Kegiatan Inti

1.      Pendidik memantau proses kegiatan berlatih peserta didik.

2.      Pendidik memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.

3.      Selama kegiatan, pendidik ikut serta mendampingi peserta didik.

 

  • Memahami Lagu:
    • Makna lagu
    • Latar belakang budaya
    • Struktur lagu (melodi, harmoni, ritme)
  • Teknik Vokal:
    • Pemanasan suara
    • Artikulasi (pelafalan)
    • Kontrol napas
    • Jangkauan nada
    • Dinamika (keras-lembut)
  • Ekspresi Diri:
    • Mimik wajah
    • Gerakan tubuh
    • Penjiwaan lagu          Penjelasan Singkat Tiap Poin:
  • Memahami Lagu: Sebelum bernyanyi, penting untuk memahami makna lagu agar dapat menyampaikan pesan dengan baik. Pelajari latar belakang budaya lagu untuk menambah kedalaman interpretasi.
  • Teknik Vokal: Latihan vokal yang baik akan menghasilkan suara yang merdu dan jelas. Fokus pada pemanasan suara untuk menghindari cedera, serta latih artikulasi, kontrol napas, dan jangkauan nada.
  • Ekspresi Diri: Ekspresi diri akan membuat penampilan lebih hidup dan menarik. Latih mimik wajah, gerakan tubuh, dan penjiwaan lagu agar pesan lagu dapat tersampaikan dengan efektif.

Tahapan Latihan:

  1. Mempelajari Lagu: Dengarkan lagu berulang kali, cari tahu makna lirik, dan hafalkan.
  2. Latihan Vokal: Lakukan pemanasan suara secara teratur, latih artikulasi dan kontrol napas.
  3. Latihan Ekspresi: Berlatih di depan cermin, perhatikan mimik wajah dan gerakan tubuh.

Tips Tambahan:

  • Rekam Diri Sendiri: Dengarkan rekaman untuk mengevaluasi kekurangan dan kelebihan.
  • Minta Pendapat Orang Lain: Jangan ragu meminta masukan dari orang lain, seperti guru vokal atau teman.
  • Berlatih dengan Santai: Hindari terlalu memaksakan diri, latihan yang santai akan memberikan hasil yang lebih baik.
  • Nikmati Prosesnya: Yang terpenting adalah menikmati proses bernyanyi dan menampilkan yang terbaik.

Catatan: Peta konsep ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis lagu yang akan dibawakan. Kamu bisa menambahkan atau mengurangi poin-poin sesuai dengan kebutuhan.

Contoh Pertanyaan untuk Spesifikasi Lebih Lanjut:

  • Jenis lagu Lampung apa yang ingin Anda bawakan? 
  • lagu daerah lampung yg berjudul cangget agung
  • Apakah Anda memiliki kesulitan tertentu dalam bernyanyi?
  • Ketika peserta didik malas menghafal lagu tersebut.
  • Apa tujuan penampilan Anda?
  •  ( Pertunjukan P5)

Dengan informasi yang lebih spesifik, saya dapat memberikan panduan yang lebih relevan dan membantu Anda mencapai penampilan yang maksimal.

Penutup

Pendidik memberikan penguatan untuk proses latihan tari tradisional dan lagu daerah yang akan di tampilkan pada tahap gelar karya.

Modul Ajar: Mengenal Diriku Melalui Hobi

A. Kompetensi Dasar

  • Memahami diri sendiri sebagai individu yang unik, termasuk minat dan bakat.
  • Menyampaikan identitas diri dengan percaya diri, termasuk hobi dan kesukaan.

B. Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat menyebutkan hobi mereka di rumah dan sekolah.
  • Peserta didik dapat menjelaskan mengapa mereka menyukai hobi tersebut.
  • Peserta didik dapat membandingkan hobi mereka dengan teman-teman.
  • Peserta didik dapat menyajikan informasi tentang diri mereka melalui gambar atau cerita singkat.
SIMAK VIDIO DI BAWAH INI 👇



C. Materi Pembelajaran

  • Apa itu hobi? Hobi adalah kegiatan yang kita sukai dan dilakukan di waktu luang.
  • Contoh hobi di rumah: Membaca, menggambar, bermain dengan hewan peliharaan, membantu orang tua, dll.
  • Contoh hobi di sekolah: Bermain dengan teman, mengikuti kegiatan ekstrakurikuler (menari, olahraga, dll.), membuat karya seni, dll.
  • Mengapa hobi itu penting? Hobi dapat membuat kita bahagia, mengembangkan minat dan bakat, serta belajar hal-hal baru.

D. Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

  • Apersepsi: Guru mengajukan pertanyaan pembuka, seperti "Apa yang kalian suka lakukan di waktu luang?"
  • Motivasi: Guru menceritakan kisah singkat tentang tokoh terkenal yang memiliki hobi unik.
  • Pemberian Acuan: Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

2. Kegiatan Inti

  • Eksplorasi:
    • Peserta didik diminta menyebutkan hobi mereka masing-masing.
    • Guru membuat daftar hobi di papan tulis.
    • Peserta didik dibagi menjadi kelompok kecil. Setiap kelompok diminta membuat poster atau gambar yang menggambarkan hobi mereka.
  • Elaborasi:
    • Setiap kelompok mempresentasikan hasil karya mereka.
    • Guru memfasilitasi diskusi tentang kesamaan dan perbedaan hobi antar siswa.
    • Peserta didik menuliskan alasan mengapa mereka menyukai hobi tersebut dalam bentuk kalimat sederhana.
  • Konfirmasi:
    • Guru memberikan umpan balik positif atas hasil kerja siswa.
    • Guru mengklarifikasi konsep yang belum dipahami siswa.

3. Kegiatan Penutup

  • Kesimpulan: Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
  • Refleksi: Peserta didik diminta menuliskan hal yang paling mereka sukai dari kegiatan pembelajaran hari ini.
  • Tugas: Peserta didik diminta membuat cerita pendek tentang diri mereka yang menceritakan tentang hobi mereka.

E. Penilaian

  • Penilaian Sikap:
    • Keberanian dalam menyampaikan pendapat.
    • Kerjasama dalam kelompok.
  • Penilaian Pengetahuan:
    • Kebenaran jawaban saat menyebutkan hobi.
    • Kelengkapan penjelasan alasan menyukai hobi.
  • Penilaian Keterampilan:
    • Kemampuan membuat gambar atau poster.
    • Kemampuan menyampaikan presentasi.

F. Media Pembelajaran

  • Gambar-gambar yang menggambarkan berbagai macam hobi.
  • Poster kosong.
  • Spidol warna-warni.
  • Lembar kerja.

Tips:

  • Libatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.
  • Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.
  • Berikan contoh-contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.
  • Buat suasana belajar yang menyenangkan.

Catatan: Modul ajar ini dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa di kelas Anda.

Baiklah cukup sekian materi hari ini, semoga dapat dipahami dengan baik dan dapat diamalkan semua ilmu yang diberikan aamiin. Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb.

REFLEKSI /RINGKASAN MATERI

Berdasarkan  kegiatan P 5 hari ini berjalan dengan lancar dan peserta didik pada antusias saat berlatih sedangkan pembelajran pendidikan pancasila peserta didik sudah bisa menyebutkan hobi mereka masing-masing. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar