Pages - Menu

Pages

Selasa, 26 Agustus 2025

Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia dan PAK

 Welcome to Grade 2B

Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Kelas / Semester         : 2B / 1

Hari, Tanggal              : Rabu, 27 Agustus 2025


Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                        

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik selanjutnya, pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang kalimat tanya dan operasi hitung penjumlahan pengurangan. nah pada hari ini kita akan mempelajari tentang kalimat tanya, makna dan pengamalan sila pancasila dan sikap tanggungjawab . Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya,  semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: Video pembelajaran dan LKPD

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 

  2. Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 
  2. Mengenal bendera negara dan lagu kebangsaan

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Peserta didik dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 
  2. Peserta didik dapat menentukan nilai tempat dari suatu angka dalam bilangan hingga 500.
  3. Peserta didik dapat mengenali dan menggambarkan ciri-ciri bendera negara Republik Indonesia.
  4.        Peserta didik dapat memahami makna warna merah dan putih pada bendera

📌 Materi PAK

SIKAP ADIL


Apa Itu Sikap Adil?

Sikap adil artinya kita bersikap sama kepada semua teman, tidak pilih-pilih. Kita tidak memihak satu orang saja, tetapi memperlakukan semua orang dengan baik dan setara.

Contoh Sikap Adil di Sekolah dan di Rumah

  •       Saat bermain: Berikan giliran yang sama untuk semua teman. Jangan hanya memberikan kesempatan kepada teman yang kamu sukai.

  •       Saat membagi makanan: Bagilah makanan secara merata dan sama banyak. Misalnya, jika kamu punya 8 permen untuk 4 teman, berikan masing-masing 2 permen.

  •       Saat berteman: Bertemanlah dengan siapa saja tanpa membedakan. Ajak semua teman untuk bermain bersama, jangan hanya dengan satu kelompok saja.

  •       Saat di rumah: Jika kamu punya kakak atau adik, bantulah ibu membagi kue atau mainan dengan adil. Berikan bagian yang sama untuk semua orang.

Manfaat Bersikap Adil

  •       Disukai teman: Orang yang adil akan disukai banyak teman karena tidak pilih-pilih dan tidak memihak.

  •       Hidup rukun: Dengan bersikap adil, tidak ada yang merasa iri hati. Semua orang akan merasa senang dan nyaman.

  •       Menciptakan kebahagiaan: Ketika semua orang diperlakukan dengan adil, suasana menjadi lebih damai dan bahagia.

Pentingnya Bersikap Adil

Sikap adil adalah sikap yang baik dan terpuji. Dengan bersikap adil, kita bisa hidup rukun dan damai. Ingatlah untuk selalu bersikap adil kepada siapa pun, di mana pun kamu berada.

      LATIHAN!

  1.        Jelaskan dengan kata-katamu sendiri, apa yang dimaksud dengan sikap adil? Berikan satu contoh sikap adil yang paling mudah kamu pahami.
  2.       Bayangkan kamu dan adikmu mendapat kue dari ibu. Bagaimana cara kamu membagi kue agar kalian berdua merasa senang?
  3.       Di sekolah, ada dua temanmu yang sedang berebut mainan. Jika kamu melihatnya, apa yang harus kamu lakukan agar masalah mereka selesai dengan adil?
  4.       Mengapa teman-temanmu akan lebih menyukaimu jika kamu selalu bersikap adil saat bermain bersama mereka?
  5.       Menurutmu, apa manfaat atau kebaikan yang didapat jika kita selalu bersikap adil kepada semua orang?
📌 Materi Bahasa Indonesia



  • “Kalau kalian melihat gambar ini, pertanyaan apa yang bisa kalian ajukan? Misalnya: Siapa yang ada di gambar? Di mana mereka berada?”
  • “Bagaimana caranya kita bisa mendapatkan informasi lebih banyak dari sebuah gambar atau cerita?”

Menjaga Kesehatan Mata dan Olahraga”

 

1. Bacaan: Aturan 20-20-20

“Ketika membaca buku atau menatap layar gawai terlalu lama, mata kita bisa lelah. Ada aturan sederhana yang bisa menjaga kesehatan mata, yaitu aturan 20-20-20. Caranya: setiap 20 menit menatap layar, alihkan pandangan ke arah jauh sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Dengan aturan ini, mata kita akan lebih segar dan sehat.”

Latihan:

  1. Apa itu aturan 20-20-20?
  2. Mengapa aturan ini penting?
  3. Apa yang harus dilakukan setiap 20 menit?

2. Kata Tanya dalam Kalimat Tanya

Kata tanya yang sering digunakan:

  • Apa → untuk menanyakan benda/peristiwa
  • Siapa → untuk menanyakan orang
  • Kapan → untuk menanyakan waktu
  • Di mana → untuk menanyakan tempat
  • Mengapa → untuk menanyakan alasan
  • Bagaimana → untuk menanyakan cara

Contoh Kalimat:

  • Apa makanan kesukaanmu?
  • Siapa yang memakai kacamata?
  • Kapan kamu berangkat ke sekolah?
  • Di mana kamu bermain bola?
  • Mengapa Kadek harus memakai kacamata?
  • Bagaimana cara menjaga kesehatan mata?

LATIHAN!


📌Materi Pendidikan Pancasila



  • Mengenal Garuda Pancasila.dan Jumlah Bulu pada Garuda Pancasila

  • ·         “Siapa yang tahu burung apa ini?”

    ·         “Apa yang istimewa dari burung Garuda ini?”

    ·         “Menurut kalian, mengapa bulu pada burung Garuda Pancasila dihitung dengan jumlah tertentu?”




  • 1. 1.      Mengenal Garuda Pancasila

    ·         Garuda Pancasila adalah lambang negara Indonesia.

    ·         Burung Garuda melambangkan kekuatan, keberanian, dan kejayaan bangsa Indonesia.

    ·         Di dada Garuda ada perisai yang berisi lambang Pancasila.

    ·         Kaki Garuda mencengkeram pita bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika”, artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.


    2.      Jumlah Bulu pada Garuda Pancasila

    Burung Garuda memiliki jumlah bulu yang tidak sembarangan. Setiap bulu punya makna.

    Bagian Garuda

    Jumlah Bulu

    Sayap kanan

    17 bulu

    Sayap kiri

    17 bulu

    Ekor

    8 bulu

    Leher

    45 bulu

     

    3.      Makna Hubungan Jumlah Bulu dengan Kemerdekaan

    Jika digabungkan, jumlah bulu Garuda menjadi angka 17 – 8 – 1945.
    👉 Itu adalah tanggal 17 Agustus 1945, hari kemerdekaan bangsa Indonesia.

    ·         17 : Tanggal 17

    ·         8 : Bulan Agustus

    ·         1945 : Tahun kemerdekaan Indonesia


    4.      Nilai Sikap yang Dapat Diteladani

    Dengan mengenal makna jumlah bulu Garuda, kita bisa meneladani beberapa sikap baik, antara lain:

    ·         Cinta tanah air: selalu bangga menjadi warga Indonesia.

    ·         Menghargai jasa pahlawan: karena mereka berjuang hingga Indonesia merdeka.

    ·         Persatuan: meskipun berbeda-beda, tetap satu bangsa Indonesia.

    ·         Tanggung jawab: menjaga nama baik bangsa dan negara.


     Kesimpulan:
    Garuda Pancasila bukan hanya lambang negara, tetapi juga mengingatkan kita akan hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945, serta menumbuhkan sikap cinta tanah air, persatuan, dan tanggung jawab.


  • Latihan Soal :

    1.  1.     Berapa jumlah bulu sayap kanan pada Garuda Pancasila?

    2.        Berapa jumlah bulu sayap kiri pada Garuda Pancasila?
    3.        Berapa jumlah bulu pada ekor Garuda Pancasila?
    4.        Berapa jumlah bulu pada leher Garuda Pancasila?
    5.        Tuliskan hubungan jumlah bulu Garuda Pancasila dengan tanggal kemerdekaan Indonesia!
                LKPD



    REFLEKSI DAN KESIMPULAN PEMBELAJARAN

    1. Bahasa Indonesia
      Peserta didik mengerjakan latihan soal pilihan ganda. Sebagian besar siswa sudah mampu memahami isi soal dengan baik dan memilih jawaban yang benar, walaupun masih ada beberapa yang perlu lebih teliti membaca pertanyaan.

    2. Pendidikan Anti Korupsi
      Peserta didik mempelajari sikap adil. Siswa dapat menyebutkan contoh sikap adil dalam kehidupan sehari-hari, misalnya berbagi secara merata dan tidak pilih kasih. Mereka juga mulai memahami bahwa bersikap adil adalah bagian dari kejujuran.

    3. Pendidikan Pancasila
      Peserta didik mempelajari jumlah bulu pada burung Garuda sebagai lambang negara. Siswa tampak antusias menghitung dan menghafalkan jumlah bulu pada sayap, ekor, leher, dan dada Garuda yang memiliki makna penting bagi bangsa Indonesia.

    Secara keseluruhan, pembelajaran berjalan lancar. Peserta didik menunjukkan antusiasme, memahami materi dengan baik, serta mulai mampu menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar