Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Selasa, 23 September 2025


Hello, Kids!
Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2
Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.
Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :
Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir ?
Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang latihan soal kacamata kadek dan warna panas dan warna dingin. Nah hari ini kita akan mempelajari cara mendapatkan informasi dari sebuah grafik dan soal cerita operasi hitung bilangan (penjumlahan dan pengurangan). Kita juga akan melaksanakan latihan soal terkait materi tersebut ya. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dann sholehah.
📌 Metode dan Media ajar
 -Metode/Model pembelajaran: Discovery Learning
- -Media ajar: Video pembelajaran, Jam dinding, penggaris segitiga, papan tulis, benda lain di kelas, LKPD
1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
2.Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).
📌 Tujuan Pembelajaran (TP)
 Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dari teks aural atau percakapan sederhana tentang diri sendiri.
- Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
 Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
- Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
- Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
- Murid dapat mengenal konsep penjumlahan sebagai penggabungan dua kelompok benda konkret.
- Murid dapat melakukan penjumlahan dengan bantuan benda konkret.
Tempat Umum
Tempat umum adalah suatu tempat yang umumnya terdapat banyak orang yang berkumpul untuk melakukan suatu kegiatan baik secara sementara maupun secara terus menerus dan baik membayar maupun tidak membayar. Tempat umum juga dapat diartikan sebagai sarana yang diselenggarakan oleh pemerintah, swasta atau perorangan yang digunakan untuk kegiatan bagi masyarakat demi kenyamanan bersama.
Tempat umum meliputi, sarana kesehatan, sarana sekolah, tempat ibadah dan pasar.


Tanda Peringatan

Tanda segitiga kuning adalah peringatan akan bahaya, sedangkan tanda lingkaran merah dicoret adalah larangan.
Berikut ini adalah makna dari tanda peringatan tersebut.
Jangan mendorong;
Jangan membuka pintu;
Jangan memberi makan hewan;
Hati-hati lantai licin;
Hati-hati ada ayunan;
Hati-hati ombak besar;
Jangan sentuh stop kontak;
Hati-hati ketika melangkah;
Hati-hati barang panas.
Latihan soal :
1. Apa yang dimaksud dengan tempat umum?
2. Tuliskan 2 contoh tempat umum yang pernah kamu kunjungi !
3. Apakah yang dimaksud dengan tanda peringatan?
4. Gambarkan sebuah contoh tanda peringatan dan tuliskan maknanya !
📌 Materi Matematika
Penjumlahan dan pengurangan dalam kehidupan sehari – hari.
A. Penjumlahan dalam Kehidupan Sehari-hari
Penjumlahan adalah proses menggabungkan dua kelompok atau lebih. Kata-kata yang sering muncul dalam soal cerita penjumlahan adalah: digabungkan, diberi lagi, dibeli lagi, jumlah, total, semuanya, bertambah.
Contoh 1: Penjumlahan Sederhana
Penyelesaian:
- Apel awal: 4
- Ditambah lagi: 3
- Kalimat Matematika: 4 + 3 = 7
Contoh 2: Penjumlahan dengan Angka yang Lebih Besar
Penyelesaian:
- Pensil awal: 12
- Dibeli lagi: 5
- Kalimat Matematika: 12 + 5 = 17
B. Pengurangan dalam Kehidupan Sehari-hari
Pengurangan adalah proses mengambil atau mengurangi jumlah dari suatu kelompok. Kata-kata yang sering muncul dalam soal cerita pengurangan adalah: dimakan, hilang, pecah, diberikan kepada, sisa, selisih, berkurang, diambil.
Contoh 1: Pengurangan Sederhana
Penyelesaian:
- Kue awal: 10
- Dimakan: 4
- Kalimat Matematika: 10 - 4 = 6
Contoh 2: Pengurangan dengan Angka yang Lebih Besar
Penyelesaian:
- Kelereng awal: 18
- Hilang: 7
- Kalimat Matematika: 18 - 7 = 11
C. Soal Latihan dan Aktivitas
Bacalah setiap soal dengan teliti dan selesaikanlah!
Pengurangan: a. Ibu membeli 15 buah jeruk. Setelah 5 jeruk dimakan, berapa sisa jeruk Ibu? b. Rani mempunyai 20 permen. Dia memberikan 9 permen kepada temannya. Berapa sisa permen Rani sekarang?
Gabungan Penjumlahan dan Pengurangan: a. Paman memiliki 12 ekor ayam. Kemudian, Paman membeli 6 ayam lagi. Setelah beberapa hari, 3 ayam hilang. Berapa sisa ayam Paman sekarang? (Petunjuk: Lakukan penjumlahan dulu, baru pengurangan).
: Bacalah cerita dan pilih apakah ini penjumlahan atau pengurangan. Lalu hitung jawabannya!
➤ Ini situasi: ☐ Penjumlahan ☐ Pengurangan
➤ Kalimat matematika: ____________
➤ Jawaban: ____________
Ibu membawa 15 apel ke pasar. Ia menjual 7 apel.
➤ Ini situasi: ☐ Penjumlahan ☐ Pengurangan
➤ Kalimat matematika: ____________
➤ Jawaban: ____________
Di kelas ada 10 anak. 4 anak pulang lebih dulu.
➤ Ini situasi: ☐ Penjumlahan ☐ Pengurangan
➤ Kalimat matematika: ____________
➤ Jawaban: ____________
Rino punya 12 balok mainan. Ia diberi 5 lagi oleh kakaknya.
➤ Ini situasi: ☐ Penjumlahan ☐ Pengurangan
➤ Kalimat matematika: ____________
➤ Jawaban: ____________
Peserta didik belajar tentang pengertian tempat umum serta rambu-rambu lalu lintas yang meliputi tanda peringatan, larangan, dan perintah. Siswa sudah mampu mengenali beberapa contoh rambu dan memahami fungsinya, meskipun masih ada yang perlu bimbingan untuk membedakan antara rambu larangan dan perintah.
- Matematika
 Peserta didik mengerjakan soal cerita penjumlahan dan pengurangan. Sebagian besar siswa mampu memahami isi soal, menuliskan langkah penyelesaian, dan menjawab dengan benar, walaupun ada beberapa yang masih perlu latihan untuk lebih teliti dalam memilih operasi hitung.
Kesimpulan:
Pembelajaran berlangsung dengan baik. Peserta didik aktif, berusaha memahami materi, dan menunjukkan perkembangan dalam mengenali rambu lalu lintas serta menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar