Pages - Menu

Pages

Rabu, 08 Oktober 2025

Matematika dan Bahasa Indonesia

 Welcome to Grade 2B

Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Kelas / Semester         : 2B / 1

Hari, Tanggal              : Kamis, 9 Oktober 2025


Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                        

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik kita lanjutkan ya pembelajaran hari ini.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah belajar tentang Menyusun Kalimat Matematika yang Seimbang dan memahami rambu rambu lalu lintas. Nah pada hari ini kita akan pada pelajaran bahasa indonesia menulis tegak bersambung mengenai kalimat yang berkaitan dengan rambu-rambu lalu lintas dan pelajaran matematika tentang pola bukan bilangan yaitu warna dan bentuk. Oke, pertama mari kita simak video pembelajarannya ya, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

📌 Metode dan Media ajar

         o Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

o Media ajar: Video pembelajaran, LKPD

 

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

1.      Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Murid  mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orangdewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Murid  mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Murid  mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

2.      Murid dapat menunjukkan pemahaman makna symbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh :

Murid dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, bunyi/suara).

📌 Tujuan Pembelajaran (TP)

1.      Murid dapat berbicara dengan santun menggunakan intonasi dan volume suara yang tepat sesuai situasi.

2.      Mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, bunyi/suara).

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

1.      Murid dapat dapat menunjukkan sikap santun saat berbicara kepada teman, guru, dan orang dewasa.

2.      Murid dapat mengatur volume suara dan intonasi sesuai tempat dan lawan bicara.

3.      Murid dapat mempraktikkan berbicara santun melalui dialog, permainan peran, atau kegiatan diskusi.

4.      Murid dapat membedakan cara berbicara dalam situasi formal (misalnya : berbicara di kelas) dan informal (misalnya: berbicara dengan teman).

5.      Murid dapat mengenali pola sederhana dari susunan gambar atau warna.


MATERI BAHASA INDONESIA

📌 Materi Bahasa Indonesia

Rambu-Rambu Lalu Lintas

(Tanda Peringatan)

Tanda segitiga kuning adalah peringatan akan bahaya, sedangkan tanda lingkaran merah dicoret adalah larangan.

Berikut ini adalah makna dari tanda peringatan tersebut.

Jangan mendorong;

Jangan membuka pintu;

Jangan memberi makan hewan;

Hati-hati lantai licin;

Hati-hati ada ayunan;

Hati-hati ombak besar;

Jangan sentuh stop kontak;

Hati-hati ketika melangkah;

Hati-hati barang panas.


Latihan Menulis : Sirene berbunyi sebagai tanda peringatan.


MATERI MATEMATIKA :


Apa itu pola?
Pola adalah susunan yang berulang secara teratur.
Contohnya bisa kita lihat dalam warna, bentuk, atau gambar.

Contoh di sekitar kita:

·       Lantai kelas yang bergantian hitam dan putih

·       Warna di baju bergaris

·       Motif ubin, wallpaper, atau kain

 C. Jenis Pola yang Dipelajari

1.      Pola Warna
Contoh: 🔴 🟢 🔴 🟢 🔴 🟢 ____
→ Warna merah dan hijau diulang bergantian.
→ Pola selanjutnya: 🔴

2.      Pola Gambar atau Bentuk
Contoh:      ____
→ Gambar kotak hitam dan putih bergantian..
→ Pola selanjutnya: 

LKPD (KELOMPOK) : 



TUGAS INDIVIDU :

Selasa, 07 Oktober 2025

Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila dan PAK

 Welcome to Grade 2B

Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Kelas / Semester         : 2B / 1

Hari, Tanggal              : Rabu, 8 Oktober 2025


Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: LKPD

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 

  2. Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 
  2. Mengenal aturan di  lingkungan keluarga

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi sikap mandiri di lingkungan rumah dan sekolah
  2. Murid didik dapat mengenal aturan di  lingkungan keluarga / rumah


📌 Materi PAK
SIKAP MANDIRI


💡 Pengertian Sikap Mandiri

Sikap mandiri adalah kemauan dan kemampuan untuk melakukan sesuatu sendiri tanpa selalu bergantung pada orang lain.
Orang yang mandiri bisa menyelesaikan tugasnya dengan tanggung jawab dan percaya diri.


🏠 Contoh Sikap Mandiri di Rumah

  1.       Membereskan tempat tidur sendirisetelah bangun tidur.

  2.       Mandi, makan, dan berpakaian sendiri tanpa disuruh.

  3.       Merapikan mainan atau buku sendirisetelah digunakan.

  4.       Membantu orang tua seperti menyapu atau menata meja makan.

  5.       Mengerjakan PR sendiri sebelum bermain.

➡️ Manfaatnya: membuat kita lebih bertanggung jawab dan tidak merepotkan orang tua.


🏫 Contoh Sikap Mandiri di Sekolah

  1.       Mempersiapkan perlengkapan sekolah sendiri (tas, buku, pensil, dll).

  2.       Masuk kelas dan belajar tanpa disuruh guru.

  3.       Mengerjakan tugas atau ulangan tanpa mencontek.

  4.       Berani bertanya atau menjawab pertanyaan guru.

  5.       Menjaga kebersihan dan kerapian meja sendiri.

➡️ Manfaatnya: membuat kita lebih percaya diri dan disukai teman serta guru.


❤️ Mengapa Kita Harus Mandiri?

  •       Agar tidak bergantung pada orang lain.

  •       Agar menjadi anak yang tangguh dan bertanggung jawab.

  •       Agar lebih siap menghadapi kesulitan.

  •       Agar disayang orang tua, guru, dan teman.


🌈 Kesimpulan

Sikap mandiri perlu dibiasakan setiap hari, baik di rumah maupun di sekolah.
Dengan mandiri, kita belajar percaya diri, bertanggung jawab, dan menghargai usaha sendiri.

 

LKPD



📌Materi Pendidikan Pancasila


  • Aturan di Lingkungan Keluarga (Rumah)

  • “Mengapa keluarga perlu aturan?”, “Apa yang terjadi kalau aturan dilanggar?”



  • 2. 1. Apa itu aturan?

    ·         Aturan adalah kesepakatan yang dibuat dan harus dipatuhi oleh semua anggota keluarga.

    ·         Aturan membantu kehidupan menjadi tertib, aman, dan rukun.


    2. Mengapa aturan keluarga penting?

    ·         Menjaga ketertiban di rumah.

    ·         Membiasakan tanggung jawab dan disiplin.

    ·         Membuat hubungan antaranggota keluarga menjadi rukun dan harmonis.

    ·         Membantu anak belajar sopan santun dan menghargai orang lain.


    3. Contoh aturan di lingkungan keluarga

     Bangun pagi tepat waktu.
     Merapikan tempat tidur setelah bangun.
     Membantu orang tua sesuai kemampuan.
     Membuang sampah di tempatnya.
     Belajar dengan rajin.
     Berbicara sopan kepada orang tua dan saudara.
     Makan bersama dengan tertib.


    4. Akibat jika melanggar aturan keluarga

     Orang tua kecewa atau marah.
     Rumah menjadi berantakan.
     Hubungan keluarga tidak rukun.
     Anak bisa terbiasa dengan kebiasaan buruk (malas, tidak disiplin).

     


  • LKPD

    A. Perhatikan Gambar Berikut!

    1.      Beri tanda  jika sesuai aturan keluarga.

    2.      Beri tanda  jika tidak sesuai aturan keluarga.

    No

    Gambar

    Sesuai Aturan ()

    Tidak Aturan ()

    1

    ___

    ___

    2

    ___

    ___

    3

    ___

    ___

    4

    ___

    ___

    5

    ___

    ___


    B. Diskusi Kecil

    1.      Apa aturan yang paling sering kamu lakukan di rumah?
    Jawaban: .................................................................................

    2.      Apa yang terjadi kalau aturan di rumah tidak dipatuhi?
    Jawaban: .................................................................................

    3.      Mengapa Aturan di rumah itu penting?

    Jawaban: .................................................................................


    C. Tugas Kreatif – Poster Mini

    ·         Buatlah poster kecil di buku gambar/kertas HVS dengan tema:
    “Aturan di Rumahku”

    ·         Tuliskan minimal 3 aturan yang ada di rumahmu, lalu hias dengan gambar/stiker.


    D. Refleksi

    Tuliskan di bawah ini perasaanmu setelah belajar tentang aturan di rumah:
    😊 Senang, 😐 Biasa saja, 😔 Kurang suka
    Alasannya: .................................................................................

    Mengupload: 449522 dari 449522 byte diupload.



    📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN