About

Kamis, 15 Mei 2025

Pendidikan Pancasila

 Hari/Tanggal: Jum'at/ 16 Mei 2025

Guru : Fitka Afrillita, S. Pd.


Elemen :


Negara Kesatuan Republik Indonesia

Peserta didik mengenal karakteristik lingkungan tempat  tinggal dan sekolah, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran 

Peserta didik dapat mengetahui cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan melalui menyimak video dengan cermat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui menyimak video, peserta didik dapat mengetahui cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Metode Pembelajaran :

Cooperatif Learning

Video Pembelajaran :


Materi:

Aku Peduli Lingkungan


Sikap dan Perilaku Menjaga Lingkungan Sekitar dan Perilaku Menjaga Lingkungan Sekitar

Tahukah kalian, apa yang dimaksud dengan lingkungan tempat
tinggal?
Lingkungan tempat tinggal adalah siapa dan apa saja
yang berada di sekitar rumah.
Contohnya tetangga, halaman, rumah ibadah, selokan, dan sungai.


Sikap peduli lingkungan rumah ditunjukkan dengan melindunginya
dari kerusakan.
Tidak membuang sampah sembarangan.
Tidak membakar sampah di sembarang tempat.
Tidak merusak tanaman.


Tahukah kalian, apa yang dimaksud dengan lingkungan sekolah?
Lingkungan sekolah adalah semua teman dan guru di sekolah serta
tempat di sekitarnya.
Di sana ada kepala sekolah, guru, teman-teman, petugas kebersihan,
dan satpam sekolah.


Selain itu ada ruang kelas, ruang guru, toilet, perpustakaan, rumah
ibadah, lapangan, dan kantin.

Melindungi lingkungan dari kerusakan adalah sikap peduli
lingkungan.
Tidak membuang sampah sembarangan.
Menjaga kebersihan toilet, kelas, dan halaman sekolah.

Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum

Refleksi/ Kesimpulan :
Berdasarkan kegiatan pembelajaran berjalan lancar

Pendidikan Pancasila dan P5

Hari/Tanggal: Kamis/ 15 Mei 2025

Guru : Fitka Afrillita, S. Pd.


Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c🙏 bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.
AKTIFITAS 7

Merancang Konsep Penampilan (Berlatih)


Kegiatan Awal

1. Menyiapkan bahan untuk latihan

2. Pemantauan kegiatan latihan


Kegiatan Inti

1. Pendidik memantau proses kegiatan berlatih peserta didik.

2. Pendidik memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.

3. Selama kegiatan, pendidik ikut serta mendampingi peserta didik.

Penutup

Pendidik memberikan penguatan untuk proses latihan tari tradisional dan lagu daerah yang akan di tampilkan pada tahap gelar karya.

Pendidikan Pancasila 



Latihan Soal:







Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum

Refleksi/Kesimpulan:

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tindakan atau sikap terhadap peduli lingkungan . Namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami sikap apa seharusnya terhadap lingkungan. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru mengajak peserta didik untuk bersama-sama mempraktekkan sikap yang seharusnya dilakukan terhadap lingkungan yang bersih ataupun kotor Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi dengan baik.


Matematika dan Bahasa Indonesia

 Hari/Tanggal: Rabu/ 14 Mei 2025

Guru : Fitka Afrillita, S. Pd.


Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c🙏 bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.

Matematika

Elemen

Analisis Data dan Peluang

Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui membaca cerita peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan piktogram atau diagram gambar.

Metode Pembelajaran :

Metode ceramah, tanya jawab, latihan soal.

Media / Alat peraga

Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.

Video pembelajaran 👇


PENGERTIAN PIKTOGRAM

Menurut teori matematika, piktogram adalah diagram yang menggunakan gambar sebagai jumlah setiap kategori. 

Piktogram ini biasanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda dengan banyak benda pada data. 

Gambar yang digunakan juga harus disesuaikan dengan objek pada deskripsi untuk mewakili sejumlah objek. 

Perhatikan contoh berikut ini!

Siswa kelas II SD Al Azhar 2 mendata warna kesukaan. Ibu Guru membuat piktogram dari data yang sudah diperoleh menjadi seperti di bawah ini !

Dari piktogram tersebut, kita menemukan data bahwa 4 siswa suka warna ungu, 2 siswa suka kuning, 1 siswa suka hitam, dan 5 siswa suka warna merah. Dari piktogram di atas, kita mengetahui bahwa ikon orang mewakili jumlah 1 siswa. 

BAHASA INDONESIA

Elemen

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik dapat mengetahui makna dari kosakata melalui membaca brosur.

Metode Pembelajaran :

Metode ceramah, tanya jawab, diskusi.

Media / Alat peraga

Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.

Video pembelajaran 👇


Brosur adalah selebaran atau pamflet yang berisi informasi atau promosi.

Bacalah brosur berikut ini !


Tugas :
Warnailah brosur di buku cetak B.Indonesia Mediatama halaman 203 !

Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum

Refleksi/Ringkasan materi 
Berdasarkan pembelajaran hari ini  Peserta didik dapat mengetahui makna dari kosakata melalui membaca brosur.

Selasa, 13 Mei 2025

Matematika dan Seni Rupa

 Hari/Tanggal: Senin/ 13 Mei 2025

Guru : Fitka Afrillita, S. Pd.


Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c🙏 bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.

Matematika
Elemen
Analisis Data dan Peluang

Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori. 

TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui membaca cerita peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan piktogram atau diagram gambar.
Metode Pembelajaran :

Metode ceramah, tanya jawab, latihan soal.

Media / Alat peraga

Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.

Video pembelajaran 👇


Pengertian Piktogram
Menurut teori matematika, piktogram adalah diagram yang menggunakan gambar sebagai jumlah setiap kategori. 

Piktogram ini biasanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda dengan banyak benda pada data. 

Gambar yang digunakan juga harus disesuaikan dengan objek pada deskripsi untuk mewakili sejumlah objek. 

Latihan:




SENI RUPA

Elemen
Menciptakan (Making/ Creating)
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Tujuan Pembelajaran 

peserta didik dapat mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.


Metode Pembelajaran :

Cooperatif Learning

Materi:

Seni melipat origami

SENI MELIPAT ORIGAMI

Siapa yang suka melipat kertas?

Seni melipat dan membentuk kertas disebut juga sebagai Origami.

Origami adalah seni kuno dari jepang, dimana kita bisa membuat berbagai bentuk dengan hanya Melipat kertas.

Ayo kita belajar melipat dan membentuk kertas bersama-sama !

TEKNIK MELIPAT DAN MEMBENTUK KERTAS

Sebelum membuat origami, kita perlu belajar.Kita harus belajar teknik melipat terlebih dahulu.Tujuannya supaya memudahkan kita untuk membuat karya membentuk dan melipat kertas atau yang bisa kita sebut dengan Kertas origami.



Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum

Jumat, 09 Mei 2025

Pendidikan Pancasila

Hari/Tanggal: Jum'at/ 9 Mei 2025

Guru : Fitka Afrillita, S. Pd.


Semangat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2c. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mengetahui sikap menjaga dan merusak lingkungan. Hari ini kota masih akan mempelajari peduli lingkungan.

Elemen :


Negara Kesatuan Republik Indonesia

Peserta didik mengenal karakteristik lingkungan tempat  tinggal dan sekolah, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran 

Peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan sekolah.

Metode Pembelajaran :

Cooperatif Learning


Materi:

Aku Peduli Lingkungan


Sikap dan Perilaku Menjaga Lingkungan Sekitar dan Perilaku Menjaga Lingkungan Sekitar

Tahukah kalian, apa yang dimaksud dengan lingkungan tempat
tinggal?
Lingkungan tempat tinggal adalah siapa dan apa saja
yang berada di sekitar rumah.
Contohnya tetangga, halaman, rumah ibadah, selokan, dan sungai.


Sikap peduli lingkungan rumah ditunjukkan dengan melindunginya
dari kerusakan.
Tidak membuang sampah sembarangan.
Tidak membakar sampah di sembarang tempat.
Tidak merusak tanaman.


Tahukah kalian, apa yang dimaksud dengan lingkungan sekolah?
Lingkungan sekolah adalah semua teman dan guru di sekolah serta
tempat di sekitarnya.
Di sana ada kepala sekolah, guru, teman-teman, petugas kebersihan,
dan satpam sekolah.

Selain itu ada ruang kelas, ruang guru, toilet, perpustakaan, rumah
ibadah, lapangan, dan kantin.

Melindungi lingkungan dari kerusakan adalah sikap peduli
lingkungan.
Tidak membuang sampah sembarangan.
Menjaga kebersihan toilet, kelas, dan halaman sekolah.

Latihan:
Kerjaan LKS cerdas dibuku cerdasnya langsung ya nak! 



Penutup :

Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum.

Refleksi/ Ringkasan materi 

Rabu, 07 Mei 2025

Pendidikan Pancasila

 Hari/Tanggal: Kamis/ 8 Mei 2025

Guru : Fitka Afrillita, S. Pd.



Semangat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2c. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mengetahui sikap menjaga dan merusak lingkungan. Hari ini kota masih akan mempelajari peduli lingkungan.

Elemen :


Negara Kesatuan Republik Indonesia

Peserta didik mengenal karakteristik lingkungan tempat  tinggal dan sekolah, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran 

Peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan sekolah.

Metode Pembelajaran :

Cooperatif Learning


Materi:

Aku Peduli Lingkungan


Sikap dan Perilaku Menjaga Lingkungan Sekitar dan Perilaku Menjaga Lingkungan Sekitar

Tahukah kalian, apa yang dimaksud dengan lingkungan tempat
tinggal?
Lingkungan tempat tinggal adalah siapa dan apa saja
yang berada di sekitar rumah.
Contohnya tetangga, halaman, rumah ibadah, selokan, dan sungai.


Sikap peduli lingkungan rumah ditunjukkan dengan melindunginya
dari kerusakan.
Tidak membuang sampah sembarangan.
Tidak membakar sampah di sembarang tempat.
Tidak merusak tanaman.


Tahukah kalian, apa yang dimaksud dengan lingkungan sekolah?
Lingkungan sekolah adalah semua teman dan guru di sekolah serta
tempat di sekitarnya.
Di sana ada kepala sekolah, guru, teman-teman, petugas kebersihan,
dan satpam sekolah.

Selain itu ada ruang kelas, ruang guru, toilet, perpustakaan, rumah
ibadah, lapangan, dan kantin.

Melindungi lingkungan dari kerusakan adalah sikap peduli
lingkungan.
Tidak membuang sampah sembarangan.
Menjaga kebersihan toilet, kelas, dan halaman sekolah.

Tugas :
Jawablah soal di halaman 145-144 nomor 1 sampai 4 4!

Penutup :

Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum.

Refleksi/ Ringkasan materi 
Besarkan pembelajaran hari ini Peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan.