About

Kamis, 20 November 2025

Pendidikan Pancasila dan Seni Rupa

 Welcome to Grade 2B

Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Kelas / Semester         : 2B / 1

Hari, Tanggal              : Jum'at, 21 November 2025


Hello, Kids! 


Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                      

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: Video pembelajarana, Gambar tokoh perumus pancasila,  LKPD
  •  
  • 📌 Capaian Pembelajaran (CP)

  •  Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
  • 2. Murid mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan di Lingkungan keluarga.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Menilai Karya Seni Rupa
  2. menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat menilai karya seni rupa (gambar, lukisan, kolase)
  2. Murid dapat menceritakan aturan yang ada di sekolah.

📌Materi Pendidikan Pancasila

  • Aturan di Lingkungan Sekolah 




  • 1. Pengertian Aturan di Sekolah

    Aturan di sekolah adalah pedoman atau ketentuan yang dibuat untuk mengatur perilaku seluruh warga sekolah, seperti guru, siswa, dan pegawai, agar kegiatan belajar berjalan tertib, aman, dan menyenangkan.


    2. Tujuan Aturan di Sekolah

    • Menjaga ketertiban dan kedisiplinan di sekolah.

    • Membentuk tanggung jawab dan sikap patuh terhadap kesepakatan bersama.

    • Menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman.

    • Mengajarkan nilai-nilai karakter, seperti disiplin, sopan santun, dan kerja sama.


    3. Contoh Aturan di Sekolah



    • Datang ke sekolah tepat waktu.

    • Mengikuti upacara bendera dengan tertib.

    • Menghormati guru dan teman.

    • Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.

    • Memakai seragam lengkap dan rapi.

    • Tidak berkelahi atau mengejek teman.

    • Mengerjakan tugas yang diberikan guru.


    4. Akibat Jika Melanggar Aturan

    • Mendapat peringatan atau teguran dari guru.

    • Dihukum ringan, seperti menulis janji atau membersihkan kelas.

    • Tidak dipercaya atau dijauhi teman.

    • Menyesal karena mengganggu ketertiban di sekolah.


    5. Manfaat Mematuhi Aturan

    • Sekolah menjadi tertib, aman, dan nyaman.

    • Semua siswa dapat belajar dengan tenang.

    • Terbentuk sikap disiplin dan tanggung jawab.

    • Meningkatkan kerja sama dan rasa hormat terhadap sesama.

    LKPD



    📌Materi Seni Rupa


  • Kolase: 


    Pengertian Kolase

    Kolase adalah karya seni yang dibuat dengan menempelkan berbagai bahan seperti kertas, kain, daun, atau bahan lain pada permukaan kertas atau media lain sehingga menjadi gambar atau hiasan.


    Bahan untuk Membuat Kolase

    1. Kertas warna

    2. Koran atau majalah bekas

    3. Kain perca

    4. Daun atau bunga kering

    5. Benang, kapas, atau bahan alam lainnya

    6. Lem atau perekat


    Alat untuk Membuat Kolase

    1. Gunting

    2. Lem

    3. Karton atau kertas sebagai alas

    4. Pensil (untuk sketsa awal)


    Langkah-langkah Membuat Kolase

    1. Menentukan tema – Tentukan gambar atau objek yang akan dibuat.

    2. Mempersiapkan bahan – Siapkan kertas, kain, atau bahan lain sesuai tema.

    3. Memotong atau merobek bahan – Sesuaikan bentuk yang diinginkan.

    4. Menempelkan bahan – Tempelkan bahan di atas kertas atau karton.

    5. Menghias dan merapikan – Tambahkan detail agar kolase lebih menarik.


    Contoh Tema Kolase

    • Hewan

    • Bunga

    • Rumah atau lingkungan

    • Buah-buahan

    • Pemandangan alam


    Manfaat Membuat Kolase

    1. Melatih kreativitas

    2. Melatih keterampilan motorik halus

    3. Belajar mengombinasikan warna dan bentuk

    4. Mengasah kesabaran dan ketelitian

    • LATIHAN

      🌸 Tugas Seni Rupa: 






      Perintah Tugas :

      Anak-anak, buatlah kolase di atas menggunakan bahan alam (biji-bijian)!
      Kerjakan dengan rapi dan penuh kreativitas, ya!


  • 📌REFLEKSI / KESIMPULAN 

    Rabu, 19 November 2025

    Matematika dan Bahasa Indonesia

     Welcome to Grade 2B

    Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

    Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

    Kelas / Semester         : 2B / 1

    Hari, Tanggal              : Kamis, 20 November 2025


    Hello, Kids! 

    Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

    Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                      

    Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

    Baik kita lanjutkan ya pembelajaran hari ini.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah latihan membuat struktur cerita dari alur awal, tengah, akhir dan aturan disekolah. Oke hari ini kita melanjutkan menulis tegak bersambung dan matematika tentang pengukuran waktu, oke pertama mari kita simak video pembelajarannya ya, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^


    📌 Metode dan Media ajar

    o Metode/ Model pembelajaran : Discovery Learning

    o Media ajar : Video pembelajaran, LKPD


        📌 Capaian Pembelajaran (CP):

    1. Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Murid  mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orangdewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Murid  mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Murid  mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

    2. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangancacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingka mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.  Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda  konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak   (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP)

    1.  Murid dapat berbicara dengan santun menggunakan intonasi dan volume suara yang tepat sesuai situasi.

    2. Membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu.

    📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

    1. Murid dapat dapat menunjukkan sikap santun saat berbicara kepada teman, guru, dan orang dewasa.

    2. Murid dapat mengatur volume suara dan intonasi sesuai tempat dan lawan bicara.

    3. Murid dapat mempraktikkan berbicara santun melalui dialog, permainan peran, atau kegiatan diskusi.

    4. Murid dapat membedakan cara berbicara dalam situasi formal (misalnya : berbicara di kelas) dan informal (misalnya: berbicara dengan teman).

    5. Murid dapat membuat cerita dengan struktur awal, tengah dan akhir yang sederhana.

    6. Murid dapat membandingkan durasi waktu dua kegiatan sederhana

    7. Murid dapat menyimpulkan perbandingan panjang, berat, dan waktu melalui kegiatan konkret.



    MATERI BAHASA INDONESIA 
     

    KATA KERJA AKTIF DAN KATA KERJA PASIF

    PENGERTIAN

    Kata kerja aktif Adalah kata kerja yang menunjukkan bahwa subjek (pelaku) melakukan Tindakan atau  pekerjaan.

    Kalimat aktif : Kalimat yang subjeknya melibatkan suatu pekerjaan

    CIRI-CIRI UMUM

    1.     Kata kerja pasif menggunakan awal me- atau ber-

    2.     Fokus pada pelaku aksi

    CONTOH : Membaca, menulis, memasak

    Bermain, berpetualang, berdoa

     


    PENGERTIAN

    Kata kerja aktif Adalah kata kerja yang menunjukkan bahwa subjek (penerima) memberi tindakan dari orang lain.

    Kalimat pasif : Kalimat yang subjeknya dikenai suatu pekerjaan.

    CIRI-CIRI UMUM

    1.     Kata kerja aktif menggunakan awal di- atau ter-

    2.     Fokus pada pelaku aksi

    CONTOH : ditulis, diantar, dipotong

    Terkena, terjatuh, tersembunyi 

     




    MATERI MATEMATIKA



    🕒 1. Pengertian Waktu

    Waktu digunakan untuk mengetahui kapan sesuatu terjadi.
    Contoh: kapan kita bangun tidur, makan, atau pergi ke sekolah.

    🕓 2. Satuan Waktu

    Ada tiga satuan waktu utama yang perlu diketahui:

    1. Detik (s)
      👉 Waktu yang sangat singkat.
      Contoh: menghitung “satu... dua... tiga...” saat bermain.
      ⏱️ 1 menit = 60 detik

    2. Menit (menit)
      👉 Waktu yang agak lebih lama dari detik.
      Contoh: menyikat gigi selama 2 menit.
      ⏰ 1 jam = 60 menit

    3. Jam (jam)
      👉 Waktu yang lebih lama lagi.
      Contoh: kita belajar di sekolah selama 5 jam.

    🕕 3. Membaca Jam

    Jam ada dua jenis:

    • Jam analog (pakai jarum)

    • Jam digital (pakai angka)

    🕐 Jam analog

    Ada tiga jarum:

    • Jarum pendek → menunjukkan jam

    • Jarum panjang → menunjukkan menit

    • Jarum tipis → menunjukkan detik

    📖 Contoh:
    Jika jarum pendek di angka 3 dan jarum panjang di angka 12, maka jam menunjukkan pukul 3 tepat.

    📷 Contoh Gambar (bisa digambar di papan tulis atau kertas)

     

    Jarum pendek → 3

    Jarum panjang → 12

    → Waktu: pukul 3 tepat

    LATIHAN :




    REFLEKSI & KESIMPULAN PEMBELAJARAN