Peserta didik dapat mengetahui cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan melalui menyimak video dengan cermat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui menyimak video, peserta didik dapat mengetahui cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
Metode Pembelajaran :
Cooperatif Learning
Video Pembelajaran :
Materi:
Aku Peduli Lingkungan
Sikap dan Perilaku Menjaga Lingkungan Sekitar dan Perilaku Menjaga Lingkungan Sekitar
Tahukah kalian, apa yang dimaksud dengan lingkungan tempat
tinggal?
Lingkungan tempat tinggal adalah siapa dan apa saja
yang berada di sekitar rumah.
Contohnya tetangga, halaman, rumah ibadah, selokan, dan sungai.
Sikap peduli lingkungan rumah ditunjukkan dengan melindunginya
dari kerusakan.
Tidak membuang sampah sembarangan.
Tidak membakar sampah di sembarang tempat.
Tidak merusak tanaman.
Tahukah kalian, apa yang dimaksud dengan lingkungan sekolah?
Lingkungan sekolah adalah semua teman dan guru di sekolah serta
tempat di sekitarnya.
Di sana ada kepala sekolah, guru, teman-teman, petugas kebersihan,
dan satpam sekolah.
Selain itu ada ruang kelas, ruang guru, toilet, perpustakaan, rumah
ibadah, lapangan, dan kantin.
Melindungi lingkungan dari kerusakan adalah sikap peduli
lingkungan.
Tidak membuang sampah sembarangan.
Menjaga kebersihan toilet, kelas, dan halaman sekolah.
Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c🙏 bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.
AKTIFITAS 7
Merancang Konsep Penampilan (Berlatih)
Kegiatan Awal
1. Menyiapkan bahan untuk latihan
2. Pemantauan kegiatan latihan
Kegiatan Inti
1. Pendidik memantau proses kegiatan berlatih peserta didik.
2. Pendidik memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.
3. Selama kegiatan, pendidik ikut serta mendampingi peserta didik.
Penutup
Pendidik memberikan penguatan untuk proses latihan tari tradisional dan lagu daerah yang akan di tampilkan pada tahap gelar karya.
Pendidikan Pancasila
Latihan Soal:
Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum
Refleksi/Kesimpulan:
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi tindakan atau sikap terhadap peduli lingkungan . Namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami sikap apa seharusnya terhadap lingkungan. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru mengajak peserta didik untuk bersama-sama mempraktekkan sikap yang seharusnya dilakukan terhadap lingkungan yang bersih ataupun kotor Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi dengan baik.
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c🙏 bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.
Matematika
Elemen
Analisis Data dan Peluang
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui membaca cerita peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan piktogram atau diagram gambar.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, tanya jawab, latihan soal.
Media / Alat peraga
Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Video pembelajaran 👇
PENGERTIAN PIKTOGRAM
Menurut teori matematika, piktogram adalah diagram yang menggunakan gambar sebagai jumlah setiap kategori.
Piktogram ini biasanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda dengan banyak benda pada data.
Gambar yang digunakan juga harus disesuaikan dengan objek pada deskripsi untuk mewakili sejumlah objek.
Perhatikan contoh berikut ini!
Siswa kelas II SD Al Azhar 2 mendata warna kesukaan. Ibu Guru membuat piktogram dari data yang sudah diperoleh menjadi seperti di bawah ini !
Dari piktogram tersebut, kita menemukan data bahwa 4 siswa suka warna ungu, 2 siswa suka kuning, 1 siswa suka hitam, dan 5 siswa suka warna merah. Dari piktogram di atas, kita mengetahui bahwa ikon orang mewakili jumlah 1 siswa.
BAHASA INDONESIA
Elemen
Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat mengetahui makna dari kosakata melalui membaca brosur.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, tanya jawab, diskusi.
Media / Alat peraga
Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Video pembelajaran 👇
Brosur adalah selebaran atau pamflet yang berisi informasi atau promosi.
Bacalah brosur berikut ini !
Tugas :
Warnailah brosur di buku cetak B.Indonesia Mediatama halaman 203 !
Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum
Refleksi/Ringkasan materi
Berdasarkan pembelajaran hari ini Peserta didik dapat mengetahui makna dari kosakata melalui membaca brosur.
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2c🙏 bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.
Matematika
Elemen
Analisis Data dan Peluang
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui membaca cerita peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan piktogram atau diagram gambar.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, tanya jawab, latihan soal.
Media / Alat peraga
Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Video pembelajaran 👇
Pengertian Piktogram
Menurut teori matematika, piktogram adalah diagram yang menggunakan gambar sebagai jumlah setiap kategori.
Piktogram ini biasanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda dengan banyak benda pada data.
Gambar yang digunakan juga harus disesuaikan dengan objek pada deskripsi untuk mewakili sejumlah objek.
Latihan:
SENI RUPA
Elemen
Menciptakan (Making/ Creating)
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.
Tujuan Pembelajaran
peserta didik dapat mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.
Metode Pembelajaran :
Cooperatif Learning
Materi:
Seni melipat origami
SENI MELIPAT ORIGAMI
Siapa yang suka melipat kertas?
Seni melipat dan membentuk kertas disebut juga sebagai Origami.
Origami adalah seni kuno dari jepang, dimana kita bisa membuat berbagai bentuk dengan hanya Melipat kertas.
Ayo kita belajar melipat dan membentuk kertas bersama-sama !
TEKNIK MELIPAT DAN MEMBENTUK KERTAS
Sebelum membuat origami, kita perlu belajar.Kita harus belajar teknik melipat terlebih dahulu.Tujuannya supaya memudahkan kita untuk membuat karya membentuk dan melipat kertas atau yang bisa kita sebut dengan Kertas origami.
Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum
Peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan sekolah.
Metode Pembelajaran :
Cooperatif Learning
Materi:
Aku Peduli Lingkungan
Sikap dan Perilaku Menjaga Lingkungan Sekitar dan Perilaku Menjaga Lingkungan Sekitar
Tahukah kalian, apa yang dimaksud dengan lingkungan tempat
tinggal?
Lingkungan tempat tinggal adalah siapa dan apa saja
yang berada di sekitar rumah.
Contohnya tetangga, halaman, rumah ibadah, selokan, dan sungai.
Sikap peduli lingkungan rumah ditunjukkan dengan melindunginya
dari kerusakan.
Tidak membuang sampah sembarangan.
Tidak membakar sampah di sembarang tempat.
Tidak merusak tanaman.
Tahukah kalian, apa yang dimaksud dengan lingkungan sekolah?
Lingkungan sekolah adalah semua teman dan guru di sekolah serta
tempat di sekitarnya.
Di sana ada kepala sekolah, guru, teman-teman, petugas kebersihan,
dan satpam sekolah.
Selain itu ada ruang kelas, ruang guru, toilet, perpustakaan, rumah
ibadah, lapangan, dan kantin.
Melindungi lingkungan dari kerusakan adalah sikap peduli
lingkungan.
Tidak membuang sampah sembarangan.
Menjaga kebersihan toilet, kelas, dan halaman sekolah.
Latihan:
Kerjaan LKS cerdas dibuku cerdasnya langsung ya nak!
Penutup :
Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum.
Peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan sekolah.
Metode Pembelajaran :
Cooperatif Learning
Materi:
Aku Peduli Lingkungan
Sikap dan Perilaku Menjaga Lingkungan Sekitar dan Perilaku Menjaga Lingkungan Sekitar
Tahukah kalian, apa yang dimaksud dengan lingkungan tempat
tinggal?
Lingkungan tempat tinggal adalah siapa dan apa saja
yang berada di sekitar rumah.
Contohnya tetangga, halaman, rumah ibadah, selokan, dan sungai.
Sikap peduli lingkungan rumah ditunjukkan dengan melindunginya
dari kerusakan.
Tidak membuang sampah sembarangan.
Tidak membakar sampah di sembarang tempat.
Tidak merusak tanaman.
Tahukah kalian, apa yang dimaksud dengan lingkungan sekolah?
Lingkungan sekolah adalah semua teman dan guru di sekolah serta
tempat di sekitarnya.
Di sana ada kepala sekolah, guru, teman-teman, petugas kebersihan,
dan satpam sekolah.
Selain itu ada ruang kelas, ruang guru, toilet, perpustakaan, rumah
ibadah, lapangan, dan kantin.
Melindungi lingkungan dari kerusakan adalah sikap peduli
lingkungan.
Tidak membuang sampah sembarangan.
Menjaga kebersihan toilet, kelas, dan halaman sekolah.
Tugas :
Jawablah soal di halaman 145-144 nomor 1 sampai 4 4!
Penutup :
Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum.
Refleksi/ Ringkasan materi
Besarkan pembelajaran hari ini Peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan.
Nama : Fitka Afrillita, S.Pd.
NIK : 19900413 201507 2354
Pendidikan : S1PGSD
Unit Kerja : SD Al Azhar 2 Bandar Lampung
Guru Kelas : Kelas II C
Medsos yang dimiliki :
Instagram :@fitkaafrill