Welcome to Grade 2B
Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Jum'at, 15 Agustus 2025
Hello, Kids!
Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2
Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.
Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :
Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?
Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang menuliskan perasaan pada tokoh yang ada pada suatu cerita, dan menyusun bilangan. Nah hari ini kita akan mempelajari tentang bentuk geometri (bangun datar) dan bunyi sila dan simbol pancasila. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana, GambarLambang Garuda Pancasila, Kartu Simbol dan Bunyi Sila (Flashcard Pancasila), LKPD Menocokkan Simbol dan Sila, Video lirik Lagu Garuda Pancasila
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya
- Mengenal simbol dan sila-sila Pancasila dalamlambang negara Garuda Pancasila
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapatmenyebutkan macam-macam garis (lurus, lengkung, zigzag, spiral, patah-patah, dll).
- Murid dapat mengamati contoh garis dalam karya seni rupa atau lingkungan sekitar.
- Murid dapat menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara kreatif.
- Murid dapat mengenal lambang negara dan simbol-simbol Pancsila.
- Murid dapat menyebutkan bunyi dan simbol setiap sila-sila Pancasila
- Murid dapat menjelaskan arti makna lima simbol Pancasila dengan tepat.
📌Materi Pendidikan Pancasila
Mengenal Simbol dan Sila Pancasila
📗 Lambang Negara Indonesia
- Lambang negara kita adalah Garuda Pancasila.
- Garuda adalah burung besar berwarna emas, lambang kekuatan dan kejayaan.
- Di bagian dada Garuda terdapat perisai yang berisi 5 simbol Pancasila.
- Cakar Garuda mencengkeram pita bertuliskan:
- "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya: Berbeda-beda tetapi tetap satu juga.
📗 Bunyi dan Simbol Lima Sila Pancasila
No | Bunyi Sila | Simbol di Perisai Garuda | Makna Sederhana |
1 | Ketuhanan Yang Maha Esa | 🌟 Bintang Emas | Percaya kepada Tuhan |
2 | Kemanusiaan yang adil dan beradab | ⛓️ Rantai Emas | Saling menghargai sesama manusia |
3 | Persatuan Indonesia | 🌳 Pohon Beringin | Menjaga persatuan dan kesatuan |
4 | Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan... | 🐃 Kepala Banteng | Musyawarah dan bermufakat |
5 | Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia | 🌾 Padi dan Kapas | Hidup adil dan sejahtera bersama |
Latihan :
📌Materi Seni Rupa
Bentuk ada 2 macam yakni :
1. Bentuk geometris adalah bentuk yang memiliki ukuran yang jelas sehingga dapat diukur secara matematis dengan garis, sudut atau kurva.
Latihan
1. Bangun datar yang memiliki 4 sudut dan semua sisinya sama panjang disebut __________.
2. Bangun datar yang bentuknya seperti layang-layang di langit disebut __________.
3. Persegi panjang memiliki panjang dan __________ yang berbeda.
4. Lingkaran tidak memiliki __________.
5. Segitiga sama sisi memiliki semua sisi yang __________ panjangnya.
Tugas Menggambar
1. Gambarlah sebuah persegi, segitiga, dan lingkaran.
2. Warnai setiap gambar dengan warna yang berbeda!
Amatilah kelas atau lingkungan sekolahmu lalu temukan berbagai benda, catat lalu gambarkan bentuknya kemudian identifikasi termasuk ke dalam bentuk geometris atau bentuk organic!
No. | Nama benda | Gambar benda yang ditemukan | Bentuk Geometris | Bentuk Organik |
1. |
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
Demikian materi pembelajaran pada hari ini. Pesan bu guru semangat selalu belajarnya ya nak, jangan lupa sholat 5 waktu serta sholat sunnah dhuha dan menghafal surat pendek agar semakin bertambah hafalannya. Selamat belajar semoga bermanfaat aamiin yarabbal alamin
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar