About

Rabu, 22 April 2020

Pembelajaran Melalui TVRI ( Sejarah dan Budaya Maluku )

Hari/Tanggal : Rabu, 22 April 2020

Assalamualaikum anak Sholeh & Sholeha  4C, apa kabarnya hari ini? 
Semoga kita semua dimudahkan dalam beraktifitas & selalu dalam lindungan Allah SWT, untuk hari ini kita akan menyaksikan pembelajaran daring melalui siaran TVRI, jadwal pembelajaran kelas 4 mulai pukul 09.00-09.30 wib. 

Sebelum  menyaksikan pembelajaran daring melalui siaran TVRI, seperti biasa Bu guru ingin mengingatkan anak-anak untuk memulai kegiatan belajar di rumah hari ini dengan muroja'ah dilanjutkan sholat dhuha serta mendengarkan tausiyah.

Tugas hari ini menjawab pertanyaan pada pembelajaran yang telah disaksikan, pertanyaan ditulis di buku latihan Tema dengan tulisan tegak bersambung yang rapi, dokumentasi saat muroja'ah, sholat dhuha, menyaksikan pembelajaran daring melalui siaran TVRI serta hasil  bisa dikirim ke wa pribadi Bu guru.

Terimakasih kerja samanya. Tetap sehat & semangat 😊

Sejarah dan Budaya Maluku
Maluku dikenal sebagai salah satu provinsi paling tua di Indonesia. Kawasan pulau-pulaunya membuat Maluku disebut sebagai kawasan seribu pulau. Ibukota provinsi Maluku ada di Ambon.
Konon, kepulauan Maluku dulunya terdiri dari beberapa kerajaan Islam. Bahkan nama Maluku sendiri berasal dari bahasa Arab Al Mulk yang artinya Tanah Raja-raja.
Maluku dikenal karena rempah-rempahnya. Karena itu tak heran banyak pelaut yang datang dari daratan Cina pada abad ke-7. Makanya Maluku dijuluki ‘Kepulauan Rempah’. Barang utama yang diperdagangkan adalah Cengkih dan Pala.
Kekayaan alam Maluku yang berlimpah membuat negara-negara di dunia berebutan, tak heran Maluku jadi incaran bangsa-bangsa Eropa. Mulai dari Portugis sampai akhirnya Belanda pernah menguasai Maluku. Jangan lupakan ini saat kamu berselancar tentang jadwal belajar di TVRI.
Selanjutnya budaya Maluku. Kamu harus tahu mulai bahasa yang digunakan di Maluku, masyarakatnya menggunakan bahasa Melayu.
Selanjutnya pakaian adat Maluku yang disebut baju Cale atau kain salele. Warnanya cerah perpaduan merah dan warna emas atau perak bergaris.
Tarian adat Maluku ada yang disebut tari Lenso, tari Cakalele, tari Saureka-reka atau disebut tari gaba-gaba, tari Bambu Gila yang mengandung unsur mistis, dan tari poco-poco.
Terakhir adalah rumah adat Maluku yang dikenal dengan nama Rumah Baileo. Rumah adat ini merupakan representasi budaya Maluku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar