Hari/Tanggal : Kamis, 4 Maret 2021
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Apa kabar anak sholeh sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.
Sebelum belajar pastikan sudah mendengarkan tausiah serta rangkum isinya, tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen wajib ya🥰:
Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak!
Kelas : V D
Tema 8 : Lingkungan sahabat kita Subtema 3 : Usaha pelestarian lingkungan
Pembelajaran
3 dan 4
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.8
dan KD 4.8), IPS (KD 3.3 dan KD 4.3), PPKn (KD
3.3 dan KD 4.3)
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca materi,
siswa dapat membuat peta pikiran (mindmap) tentang poin-poin penting
dari teks bacaan dengan benar.
2. Dengan membaca materi,
siswa mampu menjelaskan pengaruh kegiatan ekonomi terhadap tingkat
kesejahteraan masyarakat dengan benar.
3. Dengan membaca materi, siswa dapat menceritakan keuntungan dari keragaman
sosial akibat adanya berbagai jenis usaha.
Bahasa
Indonesia (KD 3.8 dan KD 4.8)
Menyampaikan
peristiwa melalui peta pikiran
Peta pikiran merupakan cara mengembangkan kegiatan berpikir ke
segala arah dan menangkap ide dari berbagai sudut pandang. Peta pikiran
membantu mengefisienkan penggunaan waktu dalam mempelajari suatu informai. Hal
ini disebabkan karena metode ini dapat menyajikan gambaran menyeluruh atas
suatu hal, dalam waktu yang lebih singkat. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat
membuat peta pikiran :
1.
Buatlah
judul atau tema yang berada di pusat peta pikiran.
2.
Dari tema
utama, akan muncul tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama.
3. Cari
hubungan antara setiap tema dan tandai dengan garis, warna, atau symbol.
Penggunaan garis, warna, atau symbol disesuaikan dengan kreativitas
masing-masing.
4. Gunakan huruf
besar untuk dapat mendorong kita menuliskan poin-poin penting saja di peta
pikiran.
Menjelaskan
Peristiwa dari Teks Nonfiksi melalui Diagram Alir
Untuk menjelaskan peristiwa penting dalam teks nonfiksi, dapat
menggunakan diagram alir. Isi kolom pada diagram alir berupa ringkasan.
Ringkasan adalah inti sari sebuah teks. Saat menjelaskan peristiwa dari teks,
hanya perlu meringkas isi teks dengan ara mencatat informasi penting yang kamu
temukan. Informasi penting tersebut biasanya disampaikan melalui gagasan pokok
pada setiap paragraph. Dalam meringkas, urutan setiap peristiwa pada teks harus
sesuai dengan isi teks sebenarnya. Setelah selesai meringkas, masukkan
ringkasan tersebut ke dalam kolom-kolom yang sesuai pada diagram alir.
IPS
(KD 3.3 dan KD 4.3)
Pengaruh
Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat
Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari kegiatan
ekonomi. Apa sajakah kegiatan ekonomi yang dilakukan sehari-hari? Kegiatan
ekonomi meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan
ekonomi ini saling berkaitan satu sama lain. Satu kegiatan ekonomi terhambat,
akan mengganggu kegiatan ekonomi lainnya.
1. Produksi
Apakah produksi? Amatilah kegiatan ekonomi seorang petani! Petani menanam padi
di sawah, lalu memberi pupuk, dan menyiangi rumput yang tumbuh di sela-sela
tanaman padi. Setelah bulir-bulir padi mulai bernas, petani mengusir
burung-burung yang berusaha makan bulir-bulir padi itu. Saat padi menguning,
itulah saatnya petani memanen. Hasil panen lalu dijual.
Dari ilustrasi tersebut, si petani telah melakukan kegiatan produksi. Jadi,
produksi adalah kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda
atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.
Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen. Berikan contoh
kegiatan produksi yang terdapat di sekitar tempat tinggalmu.
Kegiatan produksi berpengaruh terhadap kesejahteraan pemilik
sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi adalah barang atau jasa yang
dapat memberikan manfaat atau keuntungan. Sumber daya ekonomi dapat berasal
dari sumber daya alam atau sumber daya manusia. Sumber daya ekonomi dapat
diolah menjadi modal dasar pembangunan. Bagi pemilik sumber daya ekonomi,
adanya proses produksi memungkinkannya memperoleh balas jasa. Balas jasa ini
berupa sewa, bunga modal, atau gaji. Dengan balas jasa ini, pemilik sumber daya
ekonomi dapat memenuhi kebutuhan hidup. Bagi produsen, adanya proses produksi
menyebabkan produsen memperoleh keuntungan. Selanjutnya, keuntungan tersebut
digunakan untuk menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup. Ini dilakukan
dalam upaya mencapai kemakmuran hidup.
2. Distribusi
Setiap hari kamu makan dan mengenakan pakaian. Bahan makanan tersebut
dihasilkan di suatu tempat tertentu. Pakaian juga diproduksi di tempat tertentu
lainnya. Untuk mendatangkan bahan makanan dan pakaian diperlukan kegiatan
penyaluran. Kegiatan inilah yang disebut distribusi.
Jadi, distribusi adalah kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsen ke
konsumen. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut distributor. Kelancaran
distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalan yang memadai.
Tujuannya agar hasil produksi dapat segera sampai kepada konsumen dengan cepat
dan tepat sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.
3. Konsumsi
Perhatikan aktivitas teman sekolah ketika waktu istirahat! Ada yang jajan di
kantin, ada pula yang makan bekal dari rumah. Jajan di kantin dan makan bekal
termasuk kegiatan konsumsi.
Konsumsi adalah kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang
atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi
disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan
pengorbanan tertentu. Pengorbanan dapat berupa uang atau waktu.
PPKn
(KD 3.3 dan KD 4.3)
Menghargai Kegiatan Usaha Ekonomi
Orang Lain
Kamu telah memahami
kegiatan ekonomi yang berkembang di Indonesia. Setiap orang akan melakukan
kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani,
penjahit, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis,
pengusaha, dan lainnya. Kegiatan ekonomi yang dilakukan setiap orang melibatkan
orang lain. Keterlibatan orang lain dapat dilihat dari kegiatan produksi,
distribusi, dan konsumsi. Pada kegiatan produksi, orang yang terlibat adalah
tenaga kerja. Pemakaian tenaga kerja dimaksudkan untuk memperlancar kegiatan produksi. Tenaga kerja
akan memperoleh balas jasa dari produsen berupa upah atau gaji dari produsen.
Selanjutnya, barang hasil produksi akan disalurkan kepada konsumen atau
masyarakat oleh distributor. Dari kegiatan penyaluran barang tersebut,
distributor akan memperoleh keuntungan. Contoh distributor adalah agen,
pedagang besar, dan pedagang eceran. Konsumen adalah pihak yang mengonsumsi
barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Barang dan jasa diperoleh
dari produsen secara langsung atau melalui perantara (distributor). Ketiga
pelaku kegiatan ekonomi tersebut (produsen, distributor, dan konsumen) akan saling
berhubungan membentuk arus diagram ekonomi. Setiap pelaku kegiatan ekonomi
memiliki peran yang saling menguntungkan. Menurut kodratnya, manusia berperan
sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai makhluk sosial, manusia
akan berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain. Sebagai makhluk
ekonomi, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai makhluk sosial maupun
makhluk ekonomi, manusia hendaknya memiliki etika moral. Dengan etika moral,
manusia dapat menghargai setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh orang
lain. Amatilah pakaian yang kamu kenakan! Bagaimana proses produksi pakaian?
Untuk menghasilkan pakaian
dibutuhkan waktu yang lama. Pada mulanya, produsen pakaian membutuhkan bahan
baku kain dan benang. Kain dapat diperoleh dari perusahaan pemintalan benang.
Bahan baku benang berupa kapas yang dihasilkan dari perkebunan tanaman kapas.
Untuk menjadi benang, kapas dipintal terlebih dahulu. Benang ditenun di pabrik
tenun hingga menjadi kain. Selanjutnya, kain dapat dibuat pakaian oleh
penjahit. Itulah proses panjang produksi pakaian. Kamu sudah mengetahui bahwa
banyak pihak terlibat dalam proses produksi pakaian. Ada petani tanaman kapas,
pekerja pemintalan, penenun kain, penjahit, dan pengusaha garmen. Setiap pelaku
dalam proses produksi pakaian itu mempunyai peran penting, begitu pula dalam
proses produksi benda lain. Oleh karena itu hendaknya kita perlu menghargai
kegiatan usaha ekonomi orang lain.
Bagaimana kita menghargai kegiatan
usaha ekonomi orang lain? Cara menghargai kegiatan usaha ekonomi dapat
dilakukan sebagai berikut.
1. Menumbuhkan persaingan
usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian.
2. Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.
3. Menjunjung tinggi setiap jenis pekerjaan yang dilakukan orang lain.
4. Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.
Bagaimana materi hari ini? Semoga Ananda semua bisa memahaminya ya. Setelah kalian mempelajari materinya tugas Ananda minggu ini adalah tugas project based learning membuat klipping yang akan dikumpulkan klippingnya pada pembelajaran 5 & 6, untuk hari ini tugas Ananda yaitu :
- Mengumpulkan gambar kegiatan di pasar
Dokumentasikan saat Ananda mengerjakan tugasnya (proses saat mencari gambar, menggunting gambar, menempel gambar di kertas HVS, menulis judul contoh judulnya "Gambar kegiatan dipasar"). Kumpulkan dokumentasinya tepat waktu ya, Bu guru tunggu sampai jam 12, jangan lupa tinggalkan komentar di blog ini jika kalian sudah mempelajari materinya & ada yang ingin ditanyakan.
Tetap semangat beribadah dan belajar, jangan lupa sholat 5 waktu, bantu orang tuamu, jaga selalu kesehatan dan selalu berdoa agar pandemi segera berlalu aamiin...
ibu guru akhiri wassalammualaikum.wr.wb
Berikut Dokumentasi kalian tanggal 4 Maret 2021:
nama:nayaka putri akila
BalasHapusket: hadir
Nama:ana Anisa Olivia
BalasHapusKet:hadir
Nama: keisya dheandra putri
BalasHapusKet:hadir
Nama:Ahmad Fakhri N
BalasHapusKls :VD
Ket :Hadir
nama: cahaya gifari
BalasHapuskls:5D
Ket:hadir
Assalamu'alaikum bu
BalasHapusNama:Vico abiyu R.F
No absen:30
Sudah menyimak materi yang ibu berikan terimakasih bu 🙏
Assalamu'alaikum Bu
BalasHapusNama:M.Zidane Aljabarho RS
Kelas:5D
Absen:19
Ket:Hadir
Terimakasih Bu untuk materi hari ini
Wassalamualaikum
Nama AQILLA SITI FATHIYYA
BalasHapusKelas 5d
Ket hadir
Terimakasih 🙏
Assalamualaikum Bu
BalasHapusNama:Athaya Najla widiono
Kelas:5D
No absen:06
Ket:hadir
Terimakasih Bu untuk materinya
Wassalamu'alaikum