Hari/Tanggal: Rabu, 31 Juli 2024
Matematika
Elemen CP :
Bilangan
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.
Peserta didik membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat mengetahui susunan bilangan 3 angka, cara membaca, cara menulis dan memahami makna dari nilai tempat ratusan.
Alur Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu menyusun bilangan yang terdiri dari 3 angka.
Peserta didik mampu mengurutkan bilangan 3 angka.
Materi Pembelajaran :
Dalam menyusun 3 bilangan untuk membentuk angka ratusan, kita harus memperhatikan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan.
Membaca Bilangan Ratusan
Bilangan ratusan adalah nilai angka yang berkelipatan 100. Misalnya, jika ada angka 352, maka:
- Angka 3 adalah ratusan, yaitu 300
- Angka 5 adalah puluhan, yaitu 50
- Angka 2 adalah satuan
Untuk membaca bilangan ratusan, kita bisa mengingat contoh di atas ini, teman-teman, yaitu jika ada bilangan yang terdiri dari tiga angka, maka angka pertama bernilai ratusan, angka kedua bernilai puluhan, dan angka ketiga bernilai satuan.
Yuk, coba baca bilangan ratusan berikut:
- 138 dibaca seratus tiga puluh delapan
- 276 dibaca dua ratus tujuh puluh enam
- 351 dibaca tiga ratus lima puluh satu
- 462 dibaca empat ratus enam puluh dua
- 512 dibaca lima ratus dua belas
Mengurutkan Bilangan Ratusan
Nah, kalau mengurutkan bilangan ratusan, kita juga harus melihat dari angka ratusan, puluhan, dan satuannya.
Namun, perhatikan pertanyaannya, ya. Jika kita diminta mengurutkan dari kecil ke besar atau sedikit ke banyak, maka bilangan diurutkan dari yang nilainya paling kecil ke bilangan yang nilainya paling besar.
Lihat contoh di bawah ini, ya!
1. Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil ke terbesar
122, 102, 120
Jawabannya, urutan bilangan dari yang terkecil ke terbesar adalah 102, 120, 122
2. Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar ke terkecil
234, 228, 245
Jawabannya, urutan bilangan dari yang terbesar ke terkecil adalah 245, 234, 228
Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu berbicara
dengan santun tentang beragam topik yang dikenali
menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang
sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar
orang lain (teman, guru, dan/atau
orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan
dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali
teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Tujuan Pembelajaran
Membaca
Memahami kosakata baru pada tabel dengan menggunakan petunjuk visual.
Berbicara
Menjelaskan hubungan sebab akibat sederhana secara runtut.
Alur Tujuan Pembelajaran
Membaca
1.1 Melalui membaca bersama teman, peserta didik dapat mengenali kata-kata baru pada tabel dengan menggunakan petunjuk visual
Berbicara
1.2 Melalui pengamatan terhadap pengalaman diri sendiri, peserta
didik dapat menyatakan pendapatnya tentang cara menenangkan diri dan memberikan
argumentasi.
1.3 Melalui diskusi, peserta didik dapat menghubungkan cara
menenangkan diri ketika marah dengan akibat yang akan terjadi.
Materi Pembelajaran :
Berbicara
Seni Rupa
Elemen : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.
Alur Tujuan Pembeelajaran :
1. Melalui kegiatan pengamatan lingkungan Peserta didik mampu membuat karya unikny dengan unsur warna yang indah.
Warna
Warna adalah salah satu unsur penting dalam seni rupa yang memberikan pengaruh besar pada sebuah karya.
Dengan adanya warna, sebuah karya akan memberikan kesan yang sangat berbeda.
Bahkan pewarnaan yang tepat akan membuat sebuah karya seni rupa terlihat seperti nyata, lo.
Pemberian warna juga akan menunjukan suasana hati dan menjadi media penyampai pesan seniman pada banyak orang.
Seperti sebuah warna biru cerah, hijau cerah, hingga kuning bisa menunjukkan perasaan bahagia.
Atau ada juga warna gelap, seperti merah, biru gelap, hingga hitam menjadi simbol dari emosi sedih atau rasa takut.
Peserta didik di ajak membuat warna kombinasi pada sebuah pola di bawah ini!