About

Selasa, 30 Juli 2024

Matematika, B. Indonesia dan Seni Rupa

  Hari/Tanggal: Rabu, 31 Juli 2024


Matematika

Elemen CP :

Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.

Peserta didik membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengetahui susunan bilangan 3 angka, cara membaca, cara menulis dan memahami makna dari nilai tempat ratusan.

Alur Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu menyusun bilangan yang terdiri dari 3 angka.

Peserta didik mampu mengurutkan bilangan 3 angka.

Materi Pembelajaran :

Dalam menyusun 3 bilangan untuk membentuk angka ratusan, kita harus memperhatikan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan.

Membaca Bilangan Ratusan

Bilangan ratusan adalah nilai angka yang berkelipatan 100. Misalnya, jika ada angka 352, maka:

- Angka 3 adalah ratusan, yaitu 300

- Angka 5 adalah puluhan, yaitu 50

- Angka 2 adalah satuan

Untuk membaca bilangan ratusan, kita bisa mengingat contoh di atas ini, teman-teman, yaitu jika ada bilangan yang terdiri dari tiga angka, maka angka pertama bernilai ratusan, angka kedua bernilai puluhan, dan angka ketiga bernilai satuan.

Yuk, coba baca bilangan ratusan berikut:

- 138 dibaca seratus tiga puluh delapan

- 276 dibaca dua ratus tujuh puluh enam

- 351 dibaca tiga ratus lima puluh satu

- 462 dibaca empat ratus enam puluh dua

- 512 dibaca lima ratus dua belas

Mengurutkan Bilangan Ratusan

Nah, kalau mengurutkan bilangan ratusan, kita juga harus melihat dari angka ratusan, puluhan, dan satuannya.

Namun, perhatikan pertanyaannya, ya. Jika kita diminta mengurutkan dari kecil ke besar atau sedikit ke banyak, maka bilangan diurutkan dari yang nilainya paling kecil ke bilangan yang nilainya paling besar.

Lihat contoh di bawah ini, ya!

1. Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil ke terbesar

122, 102, 120

Jawabannya, urutan bilangan dari yang terkecil ke terbesar adalah 102, 120, 122

2. Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar ke terkecil

234, 228, 245

Jawabannya, urutan bilangan dari yang terbesar ke terkecil adalah 245, 234, 228

Bahasa Indonesia
Capaian Pembelajaran:

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

Tujuan Pembelajaran 

Membaca

Memahami kosakata baru pada tabel dengan menggunakan petunjuk visual.

Berbicara

Menjelaskan hubungan sebab akibat sederhana secara runtut.

Alur Tujuan Pembelajaran

    Membaca

1.1      Melalui membaca bersama teman, peserta didik dapat mengenali kata-kata baru pada tabel dengan menggunakan petunjuk visual

Berbicara

1.2    Melalui pengamatan terhadap pengalaman diri sendiri, peserta didik dapat menyatakan pendapatnya tentang cara menenangkan diri dan memberikan argumentasi.

1.3   Melalui diskusi, peserta didik dapat menghubungkan cara menenangkan diri ketika marah dengan akibat yang akan terjadi.

Materi Pembelajaran :

Berbicara


Pilihlah satu cara menenangkan diri dalam tabel di atas.  
Lalu, pilih satu cara yang tidak kalian setujui.   
Sampaikan alasan kalian.
Contoh:
Saya tidak setuju menenangkan diri dengan bersepeda karena jika 
bersepeda dengan perasaan marah, kita bisa jatuh.

Membaca


Kiki adalah kucing yang takut pada tikus.
Kiki tinggal bersama kucing usil bernama Cici.
Cici suka mengganggu Kiki.
Suatu hari mereka pergi ke pesta ulang tahun. 
Ruangan pesta penuh dengan dekorasi.
Cici mengeong keras ketika masuk ruangan.
Ternyata Cici takut pada balon!

Kosa Kata Baru



Seni Rupa

Elemen : Mengalami (Experiencing)

Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Alur Tujuan Pembeelajaran : 

1.     Melalui kegiatan pengamatan lingkungan Peserta didik mampu membuat karya unikny dengan unsur warna yang indah.

Warna

Warna adalah salah satu unsur penting dalam seni rupa yang memberikan pengaruh besar pada sebuah karya.

Dengan adanya warna, sebuah karya akan memberikan kesan yang sangat berbeda.

Bahkan pewarnaan yang tepat akan membuat sebuah karya seni rupa terlihat seperti nyata, lo.

Pemberian warna juga akan menunjukan suasana hati dan menjadi media penyampai pesan seniman pada banyak orang.

Seperti sebuah warna biru cerah, hijau cerah, hingga kuning bisa menunjukkan perasaan bahagia.

Atau ada juga warna gelap, seperti merah, biru gelap, hingga hitam menjadi simbol dari emosi sedih atau rasa takut.


Peserta didik di ajak membuat warna kombinasi pada sebuah pola di bawah ini!

 


Refleksi:
Kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar Alhamdulillah target capaian pembelajaran hari ini mengenai lompat bilangan, unsur rupa dari warna dan kosakata baru juga sebab akibat hampir semua siswa memahami materinya hanya pada pembelajaran matematika saja yang masih beberapa siswa belum memahami lompat bilangan.
Berikut dokumentasi kegiatan hari ini :

 






Matematika dan Seni rupa

  Hari/Tanggal: Selasa, 30 Juli 2024


Matematika

Elemen CP :

Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.

Peserta didik membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat mengetahui susunan bilangan 3 angka, cara membaca, cara menulis dan memahami makna dari nilai tempat ratusan.

Alur Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu mengetahui susunan bilangan 3 angka.

Peserta didik mampu memahami cara merepresentasikan bilangan melalui menuliskan lambang bilangan dengan angka 0 pada nilai tempat puluhan atau satuan.

Materi Pembelajaran :

Nilai tempat bilangan

Pada bilangan 235, angka 2 menempati nilai ratusan, angka 3 menempati nilai puluhan dan angka 5 menempati nilai puluhan.

Jadi bisa ditulis menjadi 200+30+5 = 235.

Lalu bagaimana jika nilai tempat satuan kosong, seperti gambar di bawah ini ?

Nilai tempat ratusan diisi sebanyak 200 buah kubus satuan, nilai tempat puluhan diisi sebanyak 30 buah, sementara nilai tempat satuan kosong. Jika seperti ini maka nilai tempat satuan diisi dengan 0.

Jadi, 200 + 30 + 0 = 230

dua ratus tiga puluh.

Begitu juga jika nilai tempat puluhan kosong dapat diisi seperti berikut:

200+0+5 = 205.

dua ratus lima.


Elemen : Mengalami (Experiencing)

Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman

atas dua unsur rupa.

Tujuan Pembelajaran : 

Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman

atas dua unsur rupa.

Alur Tujuan Pembeelajaran : 

1.     Peserta didik mengetahui pengertian seni rupa.


MATERI PEMBELAJARAN

Pengertian Seni Rupa

     Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Corak seni rupa diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan tujuan estetika.
Seni rupa ini menjadi karya yang selalu menonjolkan nilai-nilai estetika atau keindahan. Seni rupa berfungsi sebagai medium untuk memperindah suatu objek atau tempat.

      Unsur-Unsur Seni Rupa

      Seni rupa terdiri dari lima unsur, yaitu:

1. Garis
Garis adalah unsur seni rupa yang paling mendasar. Perwujudan seni rupa awalnya diawali dengan coretan garis.

Garis memiliki 2 dimensi memanjang dan mempunyai arah serta sifat-sifat khusus, seperti pendek, panjang, vertikal, horizontal, lurus, melengkung, berombak dan seterusnya.

2. Raut
Raut merupakan tampak dari potongan atau bentuk dari suatu objek. Raut dapat terbentuk dari garis yang mencakup ukuran luas tertentu yang membentuk bidang.

Raut juga dapat berarti perwujudan sebuah objek atau bidang. Bidang dapat berupa bangun beraturan seperti lingkaran, segi empat segi tiga atau tidak beraturan. Selain berupa bangun, benda juga memiliki bentuk plastis.

3. Ruang
Ruang menunjukkan dimensi dari karya seni rupa tersebut. Ruang pada karya seni rupa berbentuk tiga dimensi sebab adanya volume yang memberikan kesan yang mendalam.

4. Tekstur
Unsur tekstur atau barik adalah kualitas taktil dari suatu permukaan. Taktil artinya dapat diraba atau yang berkaitan dengan indra peraba.

5. Warna
Warna adalah unsur yang menimbulkan jesan akibat pantulan cahaya yang mengenai permukaan suatu benda. Dalam karya seni rupa, warna dapat berwujud seperti garis, bidang, ruang, dan nada gelap terang.


Jenis Seni Rupa


1. Seni Rupa Dua Dimensi
Seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dua ukuran, yaitu panjang dan lebar. Contohnya yaitu gambar, lukisan, foto,  dan lainnya.


2. Seni Rupa Tiga Dimensi
Seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki tiga ukuran, terdiri atas panjang, lebar, dan ruang atau volume. Misalnya, patung, pajangan, dan lainnya



      Untuk menambah pemahaman mari kita simak video berikut :


REFLEKSI :
Berdasarkan hasil pembelajaran matemtika hari ini kelas 2C sudah semua paham dan mampu tentang bilangan 0 pada nilai tempat puluhan atau satuan. juga dengan unsur rupa warna secara keseluruhan siswa memahami. berikut dokumentasinya :








 

Senin, 29 Juli 2024

PAK dan Bahasa Indonesia

  Hari/Tanggal: Senin, 29 Juli 2024




Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.

Pendidikan Anti Korupsi
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu memahami pengertian jujur dan contohnya

Jujur

Jujur adalah sikap lurus hati, tidak berbohong, tidak curang dan tulus-ikhlas. Seseorang dengan nilai kejujuran di hatinya tidak akan pernah korupsi, karena tahu tindakan tersebut adalah bentuk kebohongan dan kejahatan. Orang dengan berintegritas jujur akan selalu berpegang pada prinsip yang diyakininya benar. 


Orang dengan nilai kejujuran juga harus menolak ketidakjujuran. Dia harus berani menegur atau melaporkan tindak ketidakjujuran seperti korupsi atau yang lainnya. Pelaporan masyarakat ini menjadi salah satu yang sarana efektif untuk memberantas korupsi. Maka dari itu, masyarakat yang berintegritas akan menciptakan lingkungan yang bebas dari korupsi.



Capaian Pembelajaran:

Menulis

Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana.

Tujuan Pembelajaran :

  • Menyimpulkan perasaan tokoh cerita.
  • Menyampaikan pendapat terhadap cerita dengan mengaitkan pesan pada cerita dengan pengalaman pribadinya.
Bacalah cerita berikut dengan cermat!

Mimi Marah











Kunci Jawaban
1. Memperbaiki
2. Mengalah
3. Lega

Lakukan kegiatan berikut ini!

Kunci Jawaban

1. Karena mereka sama-sama ingin bermain boneka.

2. Marah, sedih, menyesal, lega, senang.

3. Mimi masuk ke kamar, berteriak, lalu menangis.

4. Jawaban tergantung pendapat peserta didik.

Misal: Setuju, karena dia tidak memukul adiknya.

5. Jawaban tergantung pendapat peserta didik.

Misal: Aku akan minta maaf kepada kakakku.

dari menjawab pertanyaan di atas kita dapat menyimpulkan perasaan tokoh dari cerita di atas.

Perhatikan tabel berikut ini!

Pilihlah satu cara menenangkan diri dalam tabel di atas.  
Lalu, pilih satu cara yang tidak kalian setujui.   
Sampaikan alasan kalian.
Contoh:
Saya tidak setuju menenangkan diri dengan bersepeda karena jika 
bersepeda dengan perasaan marah, kita bisa jatuh.

Berdiskusilah dengan tiga teman kalian.  
• Bagaimana cara kalian menunjukkan rasa marah?
• Bagaimana cara kalian menenangkan diri?
• Menurut  kalian, tepatkah cara kalian menunjukkan marah?


Refleksi :
Alhamdulillah target capaian pembelajaran PAK dan Bahasa Indonesia hari ini semua peserta didik memahami dan menguasai materi tentang sikap jujur dan kosa kata serta menyimpulkan perasaan tokoh cerita hampir semua menguasai. 
berikut dokumentasi kegiatan hari ini: