Pages - Menu

Pages

Minggu, 22 September 2024

PAK dan Bahasa Indonesia

  Hari/Tanggal: Senin, 23 September 2024


Pendidikan Anti Korupsi

Tujuan : Peserta didik dapat mengetahui sikap tanggung jawab dan penerapannya.

Sumber belajar : Televisi, video, buku cetak Pendidikan Anti Korupsi

Latihan soal :

1. Sebelum bermain, sepulang sekolah Titus segera mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru di sekolah. Hal yang dilakukan Titus adalah sikap ...

a. Bertanggung jawab

b. Jujur

c. Adil

2. Anak yang bertanggung jawab akan ... tugas yang diberikan dengan baik. Jawaban yang sesuai untuk melengkapi kalimat di atas adalah...

a. Mengabaikan

b. Menyelesaikan

c. Melupakan

3. Kegiatan di rumah yang sesuai dengan sikap bertanggung jawab ditunjukkan oleh ...

a. Siti bermain sampai sore dan lupa mengerjakan PR

b. Setelah bermain Dayu tidak merapikan mainan

c. Lani mengerjakan tugas tepat waktu

4. Sikap bertanggung jawab membuat hidup menjadi ...

a. teratur

b. kacau

c. berantakan

5. Anak yang bertanggung jawab akan memiliki...

a. Banyak musuh

b. Banyak masalah

c  Banyak teman

B.Indonesia

CP

Membaca

Membaca kata-kata yang terdiri atas kombinasi v-kv, kv dan kvk yang sering ditemui.

Menulis

Menyimpulkan nama tempat berdasarkan informasi.

Berdiskusi

Mencari informasi pada sumber lain yang relevan dengan teks yang dibaca.

Menulis

Menyampaikan pendapat terhadap informasi yang terkandung di dalam gambar.

ATP

Membaca

Melalui latihan berulang, peserta didik dapat membaca kata yang terdiri atas kombinasi v-kv, kv dan kvk yang sering ditemui.

Menulis

Melalui membaca informasi, peserta didik dapat menyimpulkan nama tempat umum yang dimaksud.

Berdiskusi

Melalui diskusi, peserta didik dapat mencari informasi pada sumber lain yang relevan dengan teks yang dibaca.

Menulis

Melalui menulis, peserta didik dapat menyampaikan pendapat terhadap informasi yang terkandung di dalam gambar.

TP

Peserta didik dapat mengetahui istilah tempat umum dan contohnya melalui pengamatan pada gambar dengan cermat. 

Peserta didik dapat mengetahui tentang tanda-tanda peringatan di tempat umum melalui pengamatan pada gambar dengan cermat. 

Tempat Umum

Tempat umum adalah suatu tempat yang umumnya terdapat banyak orang yang berkumpul untuk melakukan suatu kegiatan baik secara sementara maupun secara terus menerus dan baik membayar maupun tidak membayar. Tempat umum juga dapat diartikan sebagai sarana yang diselenggarakan oleh pemerintahswasta atau perorangan yang digunakan untuk kegiatan bagi masyarakat demi kenyamanan bersama.
Tempat umum meliputi, sarana kesehatan, sarana sekolah, tempat ibadah dan pasar.

Tanda Peringatan

Tanda segitiga kuning adalah peringatan akan bahaya, sedangkan tanda lingkaran merah dicoret adalah larangan.

Berikut ini adalah makna dari tanda peringatan tersebut.

Jangan mendorong;

Jangan membuka pintu;

Jangan memberi makan hewan;

Hati-hati lantai licin;

Hati-hati ada ayunan;

Hati-hati ombak besar;

Jangan sentuh stop kontak;

Hati-hati ketika melangkah;

Hati-hati barang panas.

Latihan soal :

1. Apa yang dimaksud dengan tempat umum?

2. Tuliskan 2 contoh tempat umum yang pernah kamu kunjungi !

3. Apakah yang dimaksud dengan tanda peringatan?

4. Gambarkan sebuah contoh tanda peringatan dan tuliskan maknanya !

B.Indonesia

CP

Menulis

Menuliskan ‘di’ sebagai kata depan dan kata kerja.

ATP

Menulis

Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan ‘di’ sebagai kata depan dan kata kerja dengan tepat.

TP

Peserta didik akan belajar tentang cara menulis “di” sebagai imbuhan dan kata depan;

Ringkasan Materi :

Sebagai kata depan, “di” diikuti oleh nama tempat yang penulisannya terpisah.
Misal: di sekolah.

Sebagai imbuhan, “di” diikuti oleh kata kerja yang penulisannya digabung.
Misal: dibuat



Tugas :

Tulislah sepuluh kata,setelah gurumu menyebutkannya !

dibaca
di pantai
di kamar
disimpan
dipakai
di lapangan
dilatih
di kebun
dijaga
di rumah sakit

Refleksi/Kesimpulan
Dari hasil pembelajaran hari ini terkait pembelajaran bahasa indonesia materi imbuhan kata di sebagian besar peserta didik belum dapat memahaminya. Untuk pembelajaran pendidikan anti korupsi Alhamdulillah sebagian besar sudah mampu mengerjakan soal tentang tanggung jawab. Sehingga untuk pertemuan selanjutnya dapat dilanjutkan dengan materi baru.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar