Pages - Menu

Pages

Kamis, 19 September 2024

Pendidikan Pancasila

 Hari/Tanggal: Jum'at, 20 September 2024


PENDIDIKAN PANCASILA

Elemen:

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

CP:
Peserta didik mengenal aturan di lingkungan keluarga
menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga dan menunjukan prilaku mematuhi aturan di lingkungan keluaraga.

TP:
Peserta didik dapat mengelompokkan dan menceritakan sikap patuh dan tidak patuh menaati aturan di rumah.
Mengenal perumus Pancasila: 
1. Muhammad Yamin 
2. Soepomo 
3. Soekarno 
Ada beberapa sikap meneladani pahlawan: 
1. Selalu rukun 
2. Suka produk buatan Indonesia 
3. Rajin belajar 
4. Mengerjakan pekerjaan sekolah sendiri 
5. Tidak membeda-bedakan teman.


Berikut adalah contoh sikap patuh dan tidak patuh pada aturan di rumah :


Sikap patuh
Mematuhi perintah orang tua, tidak mencuri, tidak berbohong, saling tolong-menolong, tidak menonton televisi sampai larut malam, mempersiapkan keperluan sekolah, pulang sekolah tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya, menyapu lantai, dan makan di meja makan.

Sikap tidak patuh
Mengabaikan perintah orang tua, mengganggu kakak atau adik yang sedang belajar, ibadah tidak tepat waktu, menonton tayangan yang tidak boleh ditonton oleh anak-anak, bangun kesiangan

Akibat tidak patuh pada aturan di rumah, antara lain: Suasana menjadi tidak nyaman, Hidup menjadi tidak teratur dan nyaman.



PEMBAHASAN SOAL SUMATIF HARIAN PENDIDIKAN PANCASILA

1. Simbol bintang pada lambang Pancasila melambangkan sila pertama. Apa yang bisa kita lakukan untuk menerapkan sila pertama di sekolah?
a. Selalu membantu teman dalam belajar
b. Berdoa sebelum memulai pelajaran
c. Menghormati perbedaan pendapat di kelas

2. Saat ada perbedaan pendapat di kelas, kita bisa belajar dari simbol kepala banteng. Apa yang sebaiknya kita lakukan ketika ada teman yang berbeda pendapat dengan kita?
a. Berdiskusi dan mencari solusi bersama
b. Membiarkan teman memilih sendiri
c. Menolak pendapat teman

3. Sila pertama dan simbol bintangnya mengajarkan kita tentang pentingnya memiliki keyakinan. Bagaimana cara kita menghormati teman yang beragama berbeda di sekolah?
a. Memaksa teman ikut beribadah bersama kita
b. Hanya berteman dengan teman yang seagama

c. Menghargai cara ibadah teman yang berbeda

4. Saat bermain sepak bola, kita harus menghormati keputusan wasit. Sikap ini sesuai dengan sila Pancasila ke...

a. Pertama
b. Keempat
c. Kelima

5. Di rumah, kamu dan keluargamu selalu makan bersama dengan tertib dan rukun. Ini adalah contoh pengamalan sila Pancasila ke...

a. Ketiga
b. Keempat
c. Kelima

6. Saat kalian berjanji untuk datang tepat waktu ke sekolah, apa yang harus kamu lakukan?

a. Mengabaikan janji
b. Menepati janji dengan datang tepat waktu
c. Datang terlambat karena tidak peduli

7. Siapakah tokoh yang merumuskan Pancasila?
a. Muh. Yamin
b. Mohammad Hatta
c. Ki Hajar Dewantara

8. Para tokoh perumus Pancasila seperti Soekarno, Mohammad Yamin, dan Dr. Soepomo bekerja keras menyusun dasar negara. Apa sikap kita sebagai generasi penerus bangsa terhadap usaha mereka?
a. Bermalas-malasan karena mereka sudah berjuang
b. Melanjutkan perjuangan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila
c. Tidak peduli karena sudah selesai 

9. Ketika pembelajaran di kelas, bu guru meminta anak-anak untuk memberikan pendapat dalam diskusi kelompok. Hal ini mencerminkan nilai Pancasila sila ke 4

10. Pancasila mengajarkan kita untuk saling tolong-menolong. Contoh tindakan yang menunjukkan sikap tersebut adalah SIKAP SILA KE 2 berantakan, Pekerjaan tidak cepat selesai.
Faktor-faktor yang memengaruhi pembentukan sikap anak-anak terhadap aturan, antara lain: Lingkungan keluarga, Norma-norma sosial, Pendidikan karakter, Kemampuan berpikir kritis, Komunikasi



Refleksi/Ringkasan Materi:
Dari pembelajaran PENDIDIKAN PANCASILA hari ini kelas 2C sudah dapat menyebutkan tiga tokoh yang menjadi perumus Pancasila dan menuliskan beberapa sikap pahlawan yg harus diteladani kita sebagai pelajar atau siswa.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar