Pages - Menu

Pages

Selasa, 22 Oktober 2024

Matematika, Bahasa Indonesia dan Seni Rupa

  Hari/Tanggal: Rabu/23 Oktober 2024


Semangat pagi sholih sholiha bu fitka kelas 2 C. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

Alhamdulillah hari ini kita bisa kembali belajar lagi disekolah dengan keadaan sehat dan semangat. Terimakasih untuk kalian semua yang sudah mengikuti pembelajaran PAK dan Bahasa Indonesia dengan penuh semangat dan antuasias dalam pembelajaran.

Jika kemarin kita telah mempelajari tentang bangun datar mengitung banyak sisi nya dan juga mempelajari tentang warna tersier dalam pembelajaran Seni rupa. Hari ini kita akan mempelajari materi matematika tentang menyusun dan mengurai bangun datar serta kalimat fakta dan kalimat opini serta melanjutkan materi seni rupa pembelajaran kemarin.


A. Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat mengidentifikasi bangun datar sederhana (persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran).
  • Siswa dapat menguraikan bangun datar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
  • Siswa dapat menyusun kembali bagian-bagian bangun datar menjadi bentuk semula.

B. Materi Pokok

  • Pengenalan Bangun Datar:
    • Menunjukkan berbagai macam benda di sekitar yang memiliki bentuk bangun datar (misalnya: buku, pintu, roda, atap rumah).
    • Menjelaskan ciri-ciri masing-masing bangun datar (sisi, sudut).
  • Menguraikan Bangun Datar:
    • Menggunakan kertas atau gambar bangun datar untuk dipotong-potong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
    • Menjelaskan bahwa bangun datar dapat diuraikan menjadi berbagai bentuk yang berbeda-beda.
  • Menyusun Kembali Bangun Datar:
    • Menyusun kembali potongan-potongan bangun datar menjadi bentuk semula.
    • Menjelaskan bahwa bagian-bagian bangun datar dapat disusun kembali menjadi bentuk yang utuh.

C. Kegiatan Pembelajaran

1. Ayo Mencoba

  • Kegiatan:
    • Guru membagikan kertas berwarna berbentuk persegi, persegi panjang, dan segitiga kepada setiap siswa.
    • Siswa diminta untuk menggunting kertas tersebut menjadi beberapa bagian.
    • Siswa diminta untuk bercerita tentang bentuk-bentuk potongan yang mereka dapatkan.
  • Tujuan: Membantu siswa memahami bahwa bangun datar dapat diuraikan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

BAHASA INDONESIA

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Membaca

Menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual. 

Bahas Bahasa 

Menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Membaca

Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual. 

Bahas Bahasa 

Melalui latihan berulang, peserta didik dapat mengetahui kalimat fakta.

Metode Pembelajaran

Diskusi Kelompok

Media / Alat peraga

Gambar

Sumber Belajar

Buku Pendidikan Bahasa Indonesia kelas 2 SD Masmedia, internet.

Kalimat Fakta adalah kalimat yang berisi peristiwa atau hal yang nyata, telah atau sedang terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat fakta: 
1. Pak Prabowo adalah Presiden Republik Indonesia.
2. Bumi adalah planet yang ditinggali makhluk hidup. 
3. Manusia memerlukan makanan untuk hidup. 
4. Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari kemerdekaan Indonesia. 
5. Bola berbentuk bulat. 
Setelah mempelajari kalimat fakta, selanjutnya kita akan mempelajari kalimat opini.
Kalimat opini adalah kalimat berisi pendapat, pandangan dan anggapan seseorang.
Contoh kalimat opini dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yang diutarakan individu/publik tetapi belum atau tidak ada bukti kebenaran dalam pernyataannya.

SENI RUPA

Elemen : Menciptakan (Making/ Creating)

Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengetahui warna tersier

Alur Tujuan Pembelajaran 

Peserta didik  mengetahui warna tersier

Metode Pembelajaran

Diskusi Kelompok

Media / Alat peraga

Tv, Video dan gambar 

Sumber Belajar

Buku Seni Rupa kelas 2 SD

Perhatikan Video Berikut



ar  Warna tersier merupakan warna tahap ketiga yang merupakan hasil campuran dua warna sekunder. Oleh karena itu, warna tersier mulai kehilangan kromanya sehingga tidak secerah warna primer dan sekunder.


Contoh Warna Tersier
Adapun contoh warna tersier atau warna antara sebagai berikut:

1. Kuning Kehijauan
Warna ini adalah hasil dari pencampuran antara kuning (warna primer) dan hijau (warna primer). Kuning kehijauan memiliki dominasi warna kuning dengan nuansa hijau yang agak kuat. Warna ini sering terlihat pada benda-benda seperti daun dalam suasana cahaya matahari yang terang.

2. Biru Kehijauan
Biru kehijauan adalah hasil dari pencampuran antara biru (warna primer) dan hijau (warna primer). Warna ini lebih mendekati biru dengan sedikit nuansa hijau yang terlihat. Biru kehijauan sering digunakan untuk menggambarkan air yang dalam dan jernih atau langit cerah di dekat pantai.

3. Biru Keunguan
Warna ini muncul ketika biru (warna primer) dicampur dengan ungu (warna sekunder). Biru keunguan memiliki dominasi biru dengan nuansa ungu yang kuat. Warna ini sering digunakan dalam seni dan desain untuk menciptakan efek misterius dan damai.

4. Merah Keunguan
Merah keunguan adalah hasil dari pencampuran merah (warna primer) dan ungu (warna sekunder). Warna ini lebih mendekati merah dengan sedikit nuansa ungu yang terlihat. Merah keunguan dapat memberikan kesan romantis dan dramatis dalam komposisi warna.


Baiklah demikian materi penjelasan hari ini semoga bermanfaat dan diterapkan ilmunya. Bu guru ucapkan terimakasih dan jangan lupa sholat 5 waktu serta gunakan terus 4 kata ajaib, tolong, maaf, permisi dan terimakasih. Semangat selalu dalam belajar Bu Guru akhiri wasalamualaikum.wr.wb.

REFLEKSI /RINGKASAN MATERI
Berdasarkan pembelajaran hari ini alhamdulilah kelas 2 c sudah memahami mater tentang menguraikan bangun datar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan menyusun kembali bagian-bagian bangun datar menjadi bentuk semula.
sedangkan untuk pembelajaran seni rupa kelas 2 c juga sudah memamhi tentang warna primer ,tersiyer dan sekunder.
Bahasa indonesia tentang menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek. 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar