Hari/Tanggal: Rabu/23 Oktober 2024
Semangat pagi sholih sholiha bu fitka kelas 2 C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
Alhamdulillah hari ini kita bisa kembali belajar lagi disekolah dengan keadaan sehat dan semangat. Terimakasih untuk kalian semua yang sudah mengikuti pembelajaran PAK dan Bahasa Indonesia dengan penuh semangat dan antuasias dalam pembelajaran.
Jika kemarin kita telah mempelajari tentang bangun datar mengitung banyak sisi nya dan juga mempelajari tentang warna tersier dalam pembelajaran Seni rupa. Hari ini kita akan mempelajari materi matematika tentang menyusun dan mengurai bangun datar serta kalimat fakta dan kalimat opini serta melanjutkan materi seni rupa pembelajaran kemarin.
A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mengidentifikasi bangun datar sederhana (persegi, persegi
panjang, segitiga, lingkaran).
- Siswa dapat menguraikan bangun datar menjadi bagian-bagian yang lebih
kecil.
- Siswa dapat menyusun kembali bagian-bagian bangun datar menjadi bentuk
semula.
B. Materi Pokok
- Pengenalan Bangun Datar:
- Menunjukkan berbagai macam benda di sekitar yang
memiliki bentuk bangun datar (misalnya: buku, pintu, roda, atap rumah).
- Menjelaskan ciri-ciri masing-masing bangun datar
(sisi, sudut).
- Menguraikan Bangun Datar:
- Menggunakan kertas atau gambar bangun datar
untuk dipotong-potong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
- Menjelaskan bahwa bangun datar dapat diuraikan
menjadi berbagai bentuk yang berbeda-beda.
- Menyusun Kembali Bangun Datar:
- Menyusun kembali potongan-potongan bangun datar
menjadi bentuk semula.
- Menjelaskan bahwa bagian-bagian bangun datar
dapat disusun kembali menjadi bentuk yang utuh.
C. Kegiatan
Pembelajaran
1. Ayo Mencoba
- Kegiatan:
- Guru membagikan kertas berwarna berbentuk
persegi, persegi panjang, dan segitiga kepada setiap siswa.
- Siswa diminta untuk menggunting kertas tersebut
menjadi beberapa bagian.
- Siswa diminta untuk bercerita tentang
bentuk-bentuk potongan yang mereka dapatkan.
- Tujuan: Membantu siswa memahami bahwa bangun datar dapat diuraikan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
BAHASA INDONESIACAPAIAN PEMBELAJARAN
Membaca
Menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual.
Bahas Bahasa
Menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Membaca
Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual.
Bahas Bahasa
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat mengetahui kalimat fakta.
Metode Pembelajaran
Diskusi Kelompok
Media / Alat peraga
Gambar
Sumber Belajar
Buku Pendidikan Bahasa Indonesia kelas 2 SD Masmedia, internet.
Kalimat Fakta adalah kalimat yang berisi peristiwa atau hal yang nyata, telah atau sedang terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya.
Berikut adalah beberapa contoh kalimat fakta: 1. Pak Prabowo adalah Presiden Republik Indonesia.2. Bumi adalah planet yang ditinggali makhluk hidup. 3. Manusia memerlukan makanan untuk hidup. 4. Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari kemerdekaan Indonesia. 5. Bola berbentuk bulat. Setelah mempelajari kalimat fakta, selanjutnya kita akan mempelajari kalimat opini.Kalimat opini adalah kalimat berisi pendapat, pandangan dan anggapan seseorang.Contoh kalimat opini dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yang diutarakan individu/publik tetapi belum atau tidak ada bukti kebenaran dalam pernyataannya.
SENI RUPA
Elemen : Menciptakan (Making/ Creating)Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat mengetahui warna tersier
Alur Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mengetahui warna tersier
Metode Pembelajaran
Diskusi Kelompok
Media / Alat peraga
Tv, Video dan gambar
Sumber Belajar
Buku Seni Rupa kelas 2 SD
Perhatikan Video Berikut
ar Warna tersier merupakan warna tahap ketiga yang merupakan hasil campuran dua warna sekunder. Oleh karena itu, warna tersier mulai kehilangan kromanya sehingga tidak secerah warna primer dan sekunder.
Contoh Warna Tersier
Adapun contoh warna tersier atau warna antara sebagai berikut:
1. Kuning Kehijauan
Warna ini adalah hasil dari pencampuran antara kuning (warna primer) dan hijau (warna primer). Kuning kehijauan memiliki dominasi warna kuning dengan nuansa hijau yang agak kuat. Warna ini sering terlihat pada benda-benda seperti daun dalam suasana cahaya matahari yang terang.
2. Biru Kehijauan
Biru kehijauan adalah hasil dari pencampuran antara biru (warna primer) dan hijau (warna primer). Warna ini lebih mendekati biru dengan sedikit nuansa hijau yang terlihat. Biru kehijauan sering digunakan untuk menggambarkan air yang dalam dan jernih atau langit cerah di dekat pantai.
3. Biru Keunguan
Warna ini muncul ketika biru (warna primer) dicampur dengan ungu (warna sekunder). Biru keunguan memiliki dominasi biru dengan nuansa ungu yang kuat. Warna ini sering digunakan dalam seni dan desain untuk menciptakan efek misterius dan damai.
4. Merah Keunguan
Merah keunguan adalah hasil dari pencampuran merah (warna primer) dan ungu (warna sekunder). Warna ini lebih mendekati merah dengan sedikit nuansa ungu yang terlihat. Merah keunguan dapat memberikan kesan romantis dan dramatis dalam komposisi warna.
Baiklah demikian materi penjelasan hari ini semoga bermanfaat dan diterapkan ilmunya. Bu guru ucapkan terimakasih dan jangan lupa sholat 5 waktu serta gunakan terus 4 kata ajaib, tolong, maaf, permisi dan terimakasih. Semangat selalu dalam belajar Bu Guru akhiri wasalamualaikum.wr.wb.
REFLEKSI /RINGKASAN MATERIBerdasarkan pembelajaran hari ini alhamdulilah kelas 2 c sudah memahami mater tentang menguraikan bangun datar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan menyusun kembali bagian-bagian bangun datar menjadi bentuk semula.sedangkan untuk pembelajaran seni rupa kelas 2 c juga sudah memamhi tentang warna primer ,tersiyer dan sekunder.Bahasa indonesia tentang menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Membaca
Menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual.
Bahas Bahasa
Menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Membaca
Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual.
Bahas Bahasa
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat mengetahui kalimat fakta.
Metode Pembelajaran
Diskusi Kelompok
Media / Alat peraga
Gambar
Sumber Belajar
Buku Pendidikan Bahasa Indonesia kelas 2 SD Masmedia, internet.
Kalimat Fakta adalah kalimat yang berisi peristiwa atau hal yang nyata, telah atau sedang terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya.
SENI RUPA
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat mengetahui warna tersier
Alur Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mengetahui warna tersier
Metode Pembelajaran
Diskusi Kelompok
Media / Alat peraga
Tv, Video dan gambar
Sumber Belajar
Buku Seni Rupa kelas 2 SD
ar Warna tersier merupakan warna tahap ketiga yang merupakan hasil campuran dua warna sekunder. Oleh karena itu, warna tersier mulai kehilangan kromanya sehingga tidak secerah warna primer dan sekunder.
Contoh Warna Tersier
Adapun contoh warna tersier atau warna antara sebagai berikut:
1. Kuning Kehijauan
Warna ini adalah hasil dari pencampuran antara kuning (warna primer) dan hijau (warna primer). Kuning kehijauan memiliki dominasi warna kuning dengan nuansa hijau yang agak kuat. Warna ini sering terlihat pada benda-benda seperti daun dalam suasana cahaya matahari yang terang.
2. Biru Kehijauan
Biru kehijauan adalah hasil dari pencampuran antara biru (warna primer) dan hijau (warna primer). Warna ini lebih mendekati biru dengan sedikit nuansa hijau yang terlihat. Biru kehijauan sering digunakan untuk menggambarkan air yang dalam dan jernih atau langit cerah di dekat pantai.
3. Biru Keunguan
Warna ini muncul ketika biru (warna primer) dicampur dengan ungu (warna sekunder). Biru keunguan memiliki dominasi biru dengan nuansa ungu yang kuat. Warna ini sering digunakan dalam seni dan desain untuk menciptakan efek misterius dan damai.
4. Merah Keunguan
Merah keunguan adalah hasil dari pencampuran merah (warna primer) dan ungu (warna sekunder). Warna ini lebih mendekati merah dengan sedikit nuansa ungu yang terlihat. Merah keunguan dapat memberikan kesan romantis dan dramatis dalam komposisi warna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar