Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2cπ bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.
Matematika
Elemen
Analisis Data dan Peluang
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui membaca cerita peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan piktogram atau diagram gambar.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, tanya jawab, latihan soal.
Media / Alat peraga
Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Video pembelajaran π
PENGERTIAN PIKTOGRAM
Menurut teori matematika, piktogram adalah diagram yang menggunakan gambar sebagai jumlah setiap kategori.
Piktogram ini biasanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda dengan banyak benda pada data.
Gambar yang digunakan juga harus disesuaikan dengan objek pada deskripsi untuk mewakili sejumlah objek.
Perhatikan contoh berikut ini!
Siswa kelas II SD Al Azhar 2 mendata warna kesukaan. Ibu Guru membuat piktogram dari data yang sudah diperoleh menjadi seperti di bawah ini !
Dari piktogram tersebut, kita menemukan data bahwa 4 siswa suka warna ungu, 2 siswa suka kuning, 1 siswa suka hitam, dan 5 siswa suka warna merah.
Dari piktogram di atas, kita mengetahui bahwa ikon orang mewakili jumlah 1 siswa.
Latihan :
Perhatikan tabel berikut !
Jawablah soal berikut ini di buku tulis latihanmu dengan memperhatikan tabel di atas!
1. Dari tabel tersebut, banyak anak yang hobi melukis ada ...
2. Banyaknya hobi .... dan .... mempunyai jumlah yang sama.
3. Ada .... anak yang hobi memasak.
4. Jumlah seluruh anak pada tabel ada ...
SENI RUPA
Elemen
Menciptakan(Making/Creating)
Peserta didik membuat karya senirupamenggunakanhasilpengamatannyaterhadaplingkungansekitar, menggunakan unsurgaris,bentuk,dan/atau warna.
Tujuan Pembelajaran
peserta didik dapat mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.
Metode Pembelajaran :
Cooperatif Learning
Materi:
Seni melipat origami
SENI MELIPAT ORIGAMI
Siapa yang suka melipat kertas?
Seni melipat dan membentuk kertas disebut juga sebagai Origami.
Origami adalah seni kuno dari jepang, dimana kita bisa membuat berbagai bentuk dengan hanya Melipat kertas.
Ayo kita belajar melipat dan membentuk kertas bersama-sama !
TEKNIK MELIPAT DAN MEMBENTUK KERTAS
Sebelum membuat origami, kita perlu belajar.Kita harus belajar teknik melipat terlebih dahulu.Tujuannya supaya memudahkan kita untuk membuat karya membentuk dan melipat kertas atau yang bisa kita sebut dengan O
SENI RUPA
Elemen
Menciptakan(Making/Creating)
Peserta didik membuat karya senirupamenggunakanhasilpengamatannyaterhadaplingkungansekitar, menggunakanunsurgaris,bentuk,dan/atau warna.
Tujuan Pembelajaran
peserta didik dapat mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalamberkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalamberkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.
Metode Pembelajaran :
Cooperatif Learning
Materi:
Seni melipat origami
SENI MELIPAT ORIGAMI
Siapa yang suka melipat kertas?
Seni melipat dan membentuk kertas disebut juga sebagai Origami.
Origami adalah seni kuno dari jepang, dimana kita bisa membuat berbagai bentuk dengan hanya Melipat kertas.
Ayo kita belajar melipat dan membentuk kertas bersama-sama !
TEKNIK MELIPAT DAN MEMBENTUK KERTAS
Sebelum membuat origami, kita perlu belajar.Kita harus belajar teknik melipat terlebih dahulu.Tujuannya supaya memudahkan kita untuk membuat karya membentuk dan melipat kertas atau yang bisa kita sebut dengan Origami.
Melipat kertas lebih mudah jika mengikuti petunjuk.Berikut beberapa teknik dalam petunjuk melipat kertas.
1). Lipatan Lembah flip
2). Lipatan Gunung atau Puncak, merupakan kebalikan dari lipatan lembah
3). Lipatan The Zig-zag Flip
4). Lipatan Flip terbalik internal dan eksternal adalah bertentangan kali lipatkeluar dan kedalam menjadi lambang
5). Lipatan Ganda Terbalik yaitu lipatan Ganda dalam puncak
6). Lipatan Ganda terbalik keluar yaitu luar lipatan Ganda puncak
Ayo Berkreasi
Cara membuat Kupu-kupu
1. Siapkan kertas lipat berbentuk persegi.Lipat kertas sama besar dari atas kebawah dan dari pinggir ke tengah. Bukalipatannya sehingga akan terbentukempat persegi kecil.
2.Lipat kertas secara diagonal lalu bukalipatan.
3.Tekan bagian tengah kertas ke tengah.Lalu lipat bagian atas dan bawahsehingga berbentuk segitiga.
4. Lipat sudut segitiga ke arah tengah danputar lalu balikkan kertas.
4.Lipat ujung atas sampai ke bawah.Selipkan ujung kertas ke dalam lipatan.
5.Satukan kedua bagian, lipat dan tekan.
6.Tahan kedua sisi yang sudah dilipat. Jika mau kamu bisa menambahkan lem agar kedua sayap tetap kokoh.
7.Buatlah kertas dalam posisi berdiri layaknya kupu-kupu yang hinggap.
8.Origami kupu-kupu sudah selesai
atau perhatikan video berikut untuk tutorial membuat kupu-kupu memakai kertas origami.
Setelah memahami tutorial atau cara pembuatan kupu-kupu dengan menggunakan kertas origami silahkan ananda membuat kupu-kupu dengan kertas origami yang sudah ibu guru siapkan.
Selamat mengerjakan!
Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum.
Nama : Fitka Afrillita, S.Pd.
NIK : 19900413 201507 2354
Pendidikan : S1PGSD
Unit Kerja : SD Al Azhar 2 Bandar Lampung
Guru Kelas : Kelas II C
Medsos yang dimiliki :
Instagram :@fitkaafrill
Tidak ada komentar:
Posting Komentar