About

Selasa, 12 Agustus 2025

Bahasa Indonesia dan Matematika

 Welcome to Grade 2B

Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Kelas / Semester         : 2B / 1

Hari, Tanggal              : Selasa, 12 Agustus 2025


Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                      

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana serta menggambar benda sederhana di sekitar mereka dengan menonjolkan dua unsur rupa yang telah dipelajari yaitu garis dan warna. Pada pertemuan ini kita akan mempelajari cara menyimak cerita dengan baik serta mampu menemukan informasi pada cerita. Kita juga akan melaksanakan latihan terkait materi nilai tempat ratusan.. Kita juga akan melaksanakan latihan terkait materi nilai tempat ratusanOke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah. 


📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: Video pembelajarana, gambar emotikon perasaan, gambar/kartu angka ratusan, LKPD

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan,   dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan. 

  2. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan   cacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingka mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.    Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda  konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian   dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak   (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Menyimak teks atau cerita pendek yang dibacakan dengan minat dan antusias.
  2. Membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
  2. Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
  3. Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
  4. Murid dapat membandingkan dua atau lebih bilangan cacah hingga 500.

  5. Murid dapat mengurutkan bilangan cacah hingga 500 secara naik dan turun.

  6. Murid dapat melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.


📌 Materi Bahasa Indonesia

o  Apa itu Perasaan?

Perasaan adalah apa yang kita rasakan di dalam hati saat mengalami sesuatu. Misalnya, merasa senang saat bermain, atau merasa sedih saat kehilangan barang.

o  Macam-Macam Perasaan

Nama Perasaan

Contoh Ekspresi

Contoh Kalimat Sederhana

Gambar

Senang

Wajah tersenyum

Saya senang karena bermain bersama teman.

😊

Sedih

Wajah menangis atau murung

Saya sedih saat mainan saya rusak.

😢

Marah

Wajah cemberut atau kesal

Saya marah karena pensil saya diambil adik.

😠

Takut

Wajah tegang, mata membesar

Saya takut saat lampu kamar mati.

😨

Terkejut

Wajah kaget

Saya terkejut saat mendapat hadiah ulang tahun.

😲


o  Cara Menyimak dan menemukan informasi pada cerita

Menyimak adalah mendengarkan dengan baik apa yang dibacakan atau diceritakan orang lain.

Kita menyimak dengan telinga dan perhatian penuh.

Agar mudah memahami cerita, lakukan hal-hal berikut:

  • Duduk dengan tenang dan fokus.

  • Dengar baik-baik saat guru atau teman membaca cerita.

  • Jangan berbicara saat menyimak.

  • Perhatikan siapa tokohnya, apa yang terjadi, dan di mana kejadian itu berlangsung.

Informasi yang Bisa Ditemukan dalam Cerita

Setelah menyimak, kita bisa menemukan informasi seperti:

  • Siapa tokohnya? (Siapa yang ada di cerita?)

  • Apa yang terjadi? (Peristiwa atau masalah dalam cerita)

  • Di mana dan kapan kejadian itu terjadi?

  • Bagaimana peristiwa itu terjadi?

  • Mengapa hal itu terjadi?


📌Materi Matemaika


  • Menguraikan bilangan (dekomposisi) dan Menyusun (komposisi) bilangan 


    Dekomposisi Bilangan (Menguraikan Bilangan)

    Pengertian:

    Dekomposisi adalah memecah atau menguraikan bilangan menjadi bagian-bagian ratusan, puluhan, dan satuan.

    Contoh:

    • Bilangan 237 dapat diuraikan menjadi:
      • 200 + 30 + 7
      • Ratusan: 2 → 200
      • Puluhan: 3 → 30
      • Satuan: 7 → 7

    Bilangan

    Ratusan

    Puluhan

    Satuan

    Dekomposisi

    145

    1

    4

    5

    100 + 40 + 5

    308

    3

    0

    8

    300 + 0 + 8

    420

    4

    2

    0

    400 + 20 + 0

     

    Komposisi Bilangan (Menyusun Bilangan)

    Pengertian:

    Komposisi adalah menyusun bilangan dari ratusan, puluhan, dan satuan.

    Contoh:

    • Dari 100 + 20 + 5, kita menyusun bilangan menjadi: 125
    • Dari 300 + 0 + 6, bilangan yang terbentuk adalah: 306

    Latihan Komposisi:

    1. Susun bilangan dari:
      a. 200 + 50 + 8 → 258
      b. 400 + 10 + 2 → 412

     

    Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari

    Contoh 1:

    Ali membeli buku seharga 237 rupiah.
    Berapa nilai ratusan, puluhan, dan satuannya?

    • Jawaban:
      • Ratusan = 200
      • Puluhan = 30
      • Satuan = 7

    Contoh 2:

    Ibu membawa uang 300 rupiah, 20 rupiah, dan 5 rupiah.
    Berapa total uang ibu?

    • Komposisi: 300 + 20 + 5 = 325 rupiah

    Contoh 3:

    Di perpustakaan ada 145 buku.
    Berapa jumlah ratusan, puluhan, dan satuannya?
    → 100 + 40 + 5


  • LATIHAN!
  • A. Kegiatan 1 – Menguraikan Bilangan (Dekomposisi)

    Petunjuk: Uraikan bilangan berikut menjadi ratusan, puluhan, dan satuan!
    Contoh: 325 = 3 ratusan + 2 puluhan + 5 satuan

    Bilangan

    Ratusan

    Puluhan

    Satuan

    412

    237

    180

    509

     

    B. Kegiatan 2 – Menyusun Bilangan (Komposisi)

    Petunjuk: Susun bilangan dari ratusan, puluhan, dan satuan berikut!
    Contoh: 400 + 10 + 3 = 413

    Ratusan

    Puluhan

    Satuan

    Bilangan

    300

    50

    2

    100

    70

    9

    200

    0

    8

    400

    20

    0

     

    C. Kegiatan 3 – Soal Cerita Kontekstual

    Petunjuk: Jawablah soal cerita berikut ini!

    1. Danu memiliki 3 ratusan kelereng, 2 puluhan, dan 7 satuan. Berapa jumlah kelereng Danu semuanya?
      ✍️ _______________________________________________________
    2. Ibu membeli buah: 1 bungkus berisi 100 apel, 3 kantong berisi 10 apel, dan 9 apel satuan.
      a. Berapa banyak apel yang dibeli Ibu seluruhnya?
      ✍️ _______________________________________________________





  • 📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar