Welcome to Grade 2B
Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Selasa, 12 Agustus 2025
Hello, Kids!
Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2
Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.
Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :
Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?
Baik selanjutnya.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana serta menggambar benda sederhana di sekitar mereka dengan menonjolkan dua unsur rupa yang telah dipelajari yaitu garis dan warna. Pada pertemuan ini kita akan mempelajari cara menyimak cerita dengan baik serta mampu menemukan informasi pada cerita. Kita juga akan melaksanakan latihan terkait materi nilai tempat ratusan.. Kita juga akan melaksanakan latihan terkait materi nilai tempat ratusan. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana, gambar emotikon perasaan, gambar/kartu angka ratusan, LKPD
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingka mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).
📌 Tujuan Pembelajaran (TP)
- Menyimak teks atau cerita pendek yang dibacakan dengan minat dan antusias.
- Membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
- Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
- Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
Murid dapat membandingkan dua atau lebih bilangan cacah hingga 500.
Murid dapat mengurutkan bilangan cacah hingga 500 secara naik dan turun.
Murid dapat melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
o Apa itu Perasaan?
Perasaan adalah apa yang kita rasakan di dalam hati saat mengalami sesuatu. Misalnya, merasa senang saat bermain, atau merasa sedih saat kehilangan barang.
o Macam-Macam Perasaan
Nama Perasaan | Contoh Ekspresi | Contoh Kalimat Sederhana | Gambar |
Senang | Wajah tersenyum | Saya senang karena bermain bersama teman. | 😊 |
Sedih | Wajah menangis atau murung | Saya sedih saat mainan saya rusak. | 😢 |
Marah | Wajah cemberut atau kesal | Saya marah karena pensil saya diambil adik. | 😠 |
Takut | Wajah tegang, mata membesar | Saya takut saat lampu kamar mati. | 😨 |
Terkejut | Wajah kaget | Saya terkejut saat mendapat hadiah ulang tahun. | 😲 |
o Cara Menyimak dan menemukan informasi pada cerita
Menyimak adalah mendengarkan dengan baik apa yang dibacakan atau diceritakan orang lain.
Kita menyimak dengan telinga dan perhatian penuh.
Agar mudah memahami cerita, lakukan hal-hal berikut:
Duduk dengan tenang dan fokus.
Dengar baik-baik saat guru atau teman membaca cerita.
Jangan berbicara saat menyimak.
Perhatikan siapa tokohnya, apa yang terjadi, dan di mana kejadian itu berlangsung.
Informasi yang Bisa Ditemukan dalam Cerita
Setelah menyimak, kita bisa menemukan informasi seperti:
Siapa tokohnya? (Siapa yang ada di cerita?)
Apa yang terjadi? (Peristiwa atau masalah dalam cerita)
Di mana dan kapan kejadian itu terjadi?
Bagaimana peristiwa itu terjadi?
Mengapa hal itu terjadi?
📌Materi Matemaika
Menguraikan bilangan (dekomposisi) dan Menyusun (komposisi) bilangan
Dekomposisi Bilangan (Menguraikan Bilangan)
Pengertian:
Dekomposisi adalah memecah atau menguraikan bilangan menjadi bagian-bagian ratusan, puluhan, dan satuan.
Contoh:
- Bilangan 237 dapat diuraikan menjadi:
- 200 + 30 + 7
- Ratusan: 2 → 200
- Puluhan: 3 → 30
- Satuan: 7 → 7
Bilangan | Ratusan | Puluhan | Satuan | Dekomposisi |
145 | 1 | 4 | 5 | 100 + 40 + 5 |
308 | 3 | 0 | 8 | 300 + 0 + 8 |
420 | 4 | 2 | 0 | 400 + 20 + 0 |
Komposisi Bilangan (Menyusun Bilangan)
Pengertian:
Komposisi adalah menyusun bilangan dari ratusan, puluhan, dan satuan.
Contoh:
- Dari 100 + 20 + 5, kita menyusun bilangan menjadi: 125
- Dari 300 + 0 + 6, bilangan yang terbentuk adalah: 306
Latihan Komposisi:
- Susun bilangan dari:
a. 200 + 50 + 8 → 258
b. 400 + 10 + 2 → 412
Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari
Contoh 1:
Ali membeli buku seharga 237 rupiah.
Berapa nilai ratusan, puluhan, dan satuannya?
- Jawaban:
- Ratusan = 200
- Puluhan = 30
- Satuan = 7
Contoh 2:
Ibu membawa uang 300 rupiah, 20 rupiah, dan 5 rupiah.
Berapa total uang ibu?
- Komposisi: 300 + 20 + 5 = 325 rupiah
Contoh 3:
Di perpustakaan ada 145 buku.
Berapa jumlah ratusan, puluhan, dan satuannya?
→ 100 + 40 + 5
A. Kegiatan 1 – Menguraikan Bilangan (Dekomposisi)
Petunjuk: Uraikan bilangan berikut menjadi ratusan, puluhan, dan satuan!
Contoh: 325 = 3 ratusan + 2 puluhan + 5 satuan
Bilangan | Ratusan | Puluhan | Satuan |
412 | |||
237 | |||
180 | |||
509 |
B. Kegiatan 2 – Menyusun Bilangan (Komposisi)
Petunjuk: Susun bilangan dari ratusan, puluhan, dan satuan berikut!
Contoh: 400 + 10 + 3 = 413
Ratusan | Puluhan | Satuan | Bilangan |
300 | 50 | 2 | |
100 | 70 | 9 | |
200 | 0 | 8 | |
400 | 20 | 0 |
C. Kegiatan 3 – Soal Cerita Kontekstual
Petunjuk: Jawablah soal cerita berikut ini!
- Danu memiliki 3 ratusan kelereng, 2 puluhan, dan 7 satuan. Berapa jumlah kelereng Danu semuanya?
✍️ _______________________________________________________ - Ibu membeli buah: 1 bungkus berisi 100 apel, 3 kantong berisi 10 apel, dan 9 apel satuan.
a. Berapa banyak apel yang dibeli Ibu seluruhnya?
✍️ _______________________________________________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar