About

Selasa, 05 Agustus 2025

Pendidikan Pancasila dan PAK

 Welcome to Grade 2B

Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Kelas / Semester         : 2B / 1

Hari, Tanggal              : Rabu, 06 Agustus 2025


Hello, Kids! 

Hallo, good morning ananda sholih sholihah 2.A . How's your feel today? semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam belajar yaa Aamiin. Okay, Sebelum kita mulai pembelajaran hari ini, marilah kita membaca do'a, melaksanakan sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu yaa sholeh sholehah ^^

Pada pertemuan sebelumnya kita telah mengenal dan menyebutkan berbagai macam contoh sikap jujur di lingkungan rumah dan sekolah serta menyebutkan sikap cinta tanah air dan menghargai Lagu kebangsaan Indoensia Raya. nah pada hari ini kita akan melaksanakan sumatif harian PAk dan mempelajari . Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini yaa,  semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^

📌 Metode dan Media ajar

  •        Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
  •        Media ajar: Video pembelajarana, gambar bendera merah putih, Video lirik lagu Indonesia raya, LKPD. potongan kertas merah-putih

    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 

  2. Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 
  2. Mengenal bendera negara dan lagu kebangsaan

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Peserta didik dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga. 
  2. Peserta didik dapat menentukan nilai tempat dari suatu angka dalam bilangan hingga 500.
  3. Peserta didik dapat mengenali dan menggambarkan ciri-ciri bendera negara Republik Indonesia.
  4.        Peserta didik dapat memahami makna warna merah dan putih pada bendera

📌 Materi PAK


 

📌Materi Pendidikan Pancasila



  • ·         “Siapa tahu nama lambang ini?”

    ·         “Apa kalian pernah melihat simbol ini? Di mana?”



  • Mengenal Simbol dan Sila Pancasila

  • 📗 Lambang Negara Indonesia

    -   Lambang negara kita adalah Garuda Pancasila.

    -   Garuda adalah burung besar berwarna emas, lambang kekuatan dan kejayaan.

    -   Di bagian dada Garuda terdapat perisai yang berisi 5 simbol Pancasila.

    -   Cakar Garuda mencengkeram pita bertuliskan:

    -   "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya: Berbeda-beda tetapi tetap satu juga.

     

    📗 Bunyi dan Simbol Lima Sila Pancasila

    No

    Bunyi Sila

    Simbol di Perisai Garuda

    Makna Sederhana

    1

    Ketuhanan Yang Maha Esa

    🌟 Bintang Emas

    Percaya kepada Tuhan

    2

    Kemanusiaan yang adil dan beradab

    ⛓️ Rantai Emas

    Saling menghargai sesama manusia

    3

    Persatuan Indonesia

    🌳 Pohon Beringin

    Menjaga persatuan dan kesatuan

    4

    Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan...

    🐃 Kepala Banteng

    Musyawarah dan bermufakat

    5

    Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

    🌾 Padi dan Kapas

    Hidup adil dan sejahtera bersama

  • Latihan :








  • 📌REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN

    Peserta didik mengerjakan penilaian sumatif harian terkait macam-macam perasaan, seperti senang, sedih, marah, dan takut. Berdasarkan hasil pengerjaan soal, sebagian besar peserta didik sudah dapat mengenali dan menyebutkan jenis-jenis perasaan dengan tepat. Hal ini menunjukkan bahwa mereka telah memahami materi dan mampu mengaitkannya dengan pengalaman sehari-hari.


    Pada mata pelajaran Pendidikan Anti Korupsi, peserta didik juga melaksanakan sumatif harian tentang sikap jujur. Soal-soal berisi situasi sederhana yang menguji pemahaman mereka dalam membedakan perilaku jujur dan tidak jujur. Secara umum, peserta didik dapat menjawab dengan benar dan menunjukkan pemahaman yang baik mengenai pentingnya bersikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah maupun di sekolah.


    Dalam pelajaran ini, peserta didik belajar mengenali simbol-simbol sila Pancasila dan menyanyikan lagu yang berkaitan dengan Pancasila. Kegiatan dilakukan secara berkelompok, di mana masing-masing kelompok maju ke depan kelas untuk menyanyikan lagu atau menjelaskan simbol-simbol Pancasila. Peserta didik tampak percaya diri, aktif, dan kompak saat tampil. Kegiatan ini juga membantu menanamkan nilai-nilai kebangsaan serta melatih keberanian dan kerja sama antar teman


    Kesimpulan:


    Secara keseluruhan, peserta didik mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran dan penilaian dengan baik. Mereka mampu menunjukkan pemahaman tentang perasaan, sikap jujur, serta simbol dan lagu Pancasila. Kegiatan kelompok juga berjalan lancar dan menyenangkan. Pembelajaran hari ini tidak hanya menumbuhkan pengetahuan, tetapi juga memperkuat nilai karakter dan kerja sama antar peserta didik.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar