Welcome to Grade 2B
Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Jum'at, 3 Oktober 2025
Hello, Kids!
Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2
Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.
Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :
Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?
Selamat pagi ananda sholeh sholehah.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang tentang Simbol dan Arti sila-sila Pancasila dan mengenal tokoh perumus pancasila, serta belajar membuat karya seni rupa berdasatkan pengalaman. Nah pada hari ini kita akan melaksanakan sumatif harian 2 tentang materi-materi yang telah kita pelajari sebelumhya. Oke mari mulai, kerjakan dengan teliti yaa, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajarana, Gambar tokoh perumus pancasila, LKPD
- 📌 Capaian Pembelajaran (CP)
- 1.Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
- 2. Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya
- Mengenal Tokoh perumus Pancasila
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapat menyebutkan macam-macam garis (lurus, lengkung, zigzag, spiral, patah-patah, dll).
- Murid dapat mengamati contoh garis dalam karya seni rupa atau lingkungan sekitar.
- Murid dapat menggambar melanjutkan garis yang telah diberikan secara.
- Murid didik dapat mengenal tokoh-tokoh perumus Pancasila.
- Murid dapat menyebutkan nama-nama perumus Pancasila secara lisan dan tertulis.
📌Materi Pendidikan Pancasila
2. Siapa yang merumuskan Pancasila?
Pancasila dirumuskan oleh para tokoh bangsa Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan. Beberapa tokoh penting:
- Ir. Soekarno
- Membacakan rumusan Pancasila pertama kali dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945.
- Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Presiden pertama Indonesia.
- Drs. Mohammad Hatta
- Mendampingi Soekarno dalam merumuskan dasar negara.
- Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Wakil Presiden pertama Indonesia.
- Mr. Muhammad Yamin
- Mengusulkan dasar negara yang juga menjadi bagian dari rumusan Pancasila.
- Seorang ahli hukum, sastrawan, dan tokoh perjuangan.
Pancasila dirumuskan oleh para tokoh bangsa Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan. Beberapa tokoh penting:
- Ir. Soekarno
- Membacakan rumusan Pancasila pertama kali dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 1945.
- Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Presiden pertama Indonesia.
- Drs. Mohammad Hatta
- Mendampingi Soekarno dalam merumuskan dasar negara.
- Dikenal sebagai Proklamator Kemerdekaan dan Wakil Presiden pertama Indonesia.
- Mr. Muhammad Yamin
- Mengusulkan dasar negara yang juga menjadi bagian dari rumusan Pancasila.
- Seorang ahli hukum, sastrawan, dan tokoh perjuangan.
- Ir. Soekarno
3. Apa yang harus kita teladani dari tokoh-tokoh perumus Pancasila?
Semangat perjuangan untuk bangsa dan negara.
Cinta tanah air.
Mengutamakan persatuan dan kepentingan bersama.
Semangat perjuangan untuk bangsa dan negara.
Cinta tanah air.
Mengutamakan persatuan dan kepentingan bersama.
📝 Latihan Soal
Pilihan Ganda
1. Tokoh yang menyampaikan pidato tentang dasar negara pada 1 Juni 1945 adalah …
a. Moh. Yamin
b. Supomo
c. Ir. Soekarno
d. Moh. Hatta
2. Tokoh perumus Pancasila yang ahli hukum adalah …
a. Ir. Soekarno
b. Moh. Hatta
c. Supomo
d. Ki Hajar Dewantara
Isian Singkat
3. Sebutkan tiga tokoh perumus Pancasila!
4. Moh. Yamin dikenal sebagai seorang … dan perumus Pancasila.
📑 LKPD
A. Menebak Gambar
Lihat gambar tokoh di bawah ini!. Tuliskan nama tokoh pada kolom yang tersedia!
No | Gambar Tokoh | Nama Tokoh |
1 | ……………………… | |
2 | ……………………… | |
3 | ……………………… |
B. Mencocokkan
Hubungkan nama tokoh dengan perannya!
Nama Tokoh | Peran |
1. Ir. Soekarno | ( ) Ahli hukum dan pengusul konsep negara integralistik |
2. Moh. Yamin | ( ) Mengusulkan gagasan dasar negara, tokoh sastra |
3. Supomo | ( ) Menyampaikan pidato tentang Pancasila 1 Juni 1945 |
C. Refleksi Murid
1. Tokoh perumus Pancasila yang paling saya kagumi adalah ……………………..
Karena ……………………………………………………………………………………
📌Materi Seni Rupa
Membuat karya seni rupa berdasarkan pengalaman
A. Apa itu Pengalaman Visual?
Pengalaman visual adalah hal-hal yang kita lihat dan alami setiap hari, misalnya:
· Pergi ke pasar bersama ibu.
· Bermain di taman.
· Melihat pelangi setelah hujan.
· Menonton pertunjukan wayang.
Pengalaman ini bisa dijadikan ide untuk membuat gambar atau karya seni.
B. Jenis Karya Seni Rupa Sederhana :
1. Menggambar bebas (crayon/pensil warna/spidol).
2. Kolase (menempel kertas warna sesuai bentuk).
3. Mewarnai gambar berdasarkan pengalaman.
C. Langkah Membuat Karya Seni Berdasarkan Pengalaman Visual:
1. Ingat kembali pengalaman yang menyenangkan (misalnya saat bermain, pergi bersama keluarga, atau melihat sesuatu yang indah).
2. Ceritakan secara lisan kepada teman atau guru.
3. Buat gambar dari pengalaman tersebut.
4. Tambahkan warna agar lebih menarik.
5. Tampilkan hasil karya di depan kelas.
Alat dan Bahan:
· Kertas gambar
· Pensil
· Pensil warna/crayon/spidol
· Gunting dan lem (jika membuat kolase)
· Kertas warna (untuk kolase)
LKPD :
Amatilah gambar berikut kemudian buatlah karya seni rupa yang berkaitan dengan ganbar tersebut lalu jelaskan di depan kelas !
1.
Pendidikan Pancasila
Pada pembelajaran hari ini, peserta didik membahas kembali materi yang telah dipelajari, yaitu tokoh perumus Pancasila, makna sila-sila Pancasila, serta contoh pengamalan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagian besar siswa sudah mampu menyebutkan tokoh perumus Pancasila dan menjelaskan makna serta contoh pengamalan sila, meskipun ada beberapa yang masih perlu bimbingan untuk lebih memahami secara mendalam.Seni Rupa
Peserta didik melaksanakan Sumatif Harian 2. Dalam kegiatan ini, siswa berusaha menampilkan pemahaman dan keterampilan seni rupa sesuai materi yang telah dipelajari sebelumnya. Hasil pekerjaan menunjukkan sebagian besar sudah menguasai dengan baik, meskipun kerapian dan ketelitian masih perlu terus dilatih.
Kesimpulan:
Secara umum, pembelajaran berjalan dengan lancar. Peserta didik mampu merefleksikan pengetahuan tentang Pancasila dan menunjukkan keterampilan seni rupa melalui kegiatan sumatif harian dengan cukup baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar