About

Rabu, 25 September 2024

P5 dan Pendidikan Pancasila

 Hari/Tanggal: Kamis, 26 September 2024


AKTIFITAS 7

Merancang Konsep Penampilan (Berlatih)

 

Kegiatan Awal

1.      Menyiapkan bahan untuk latihan

2.      Pemantauan kegiatan latihan

 

Kegiatan Inti

1.      Pendidik memantau proses kegiatan berlatih peserta didik.

2.      Pendidik memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.

3.      Selama kegiatan, pendidik ikut serta mendampingi peserta didik.

Penutup

Pendidik memberikan penguatan untuk proses latihan tari tradisional dan lagu daerah yang akan di tampilkan pada tahap gelar karya.

PENDIDIKAN PANCASILA

Elemen CP :

Pancasila : Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh perumus pancasila.

Alur Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mengidentifikasi tokoh-tokoh perumus pancasila

Metode Pembelajaran

Diskusi Kelompok

Media / Alat peraga

Tv, Video dan gambar 

Sumber Belajar

Buku LKS Pendidikan Pancasila kelas 2 SD


PENDIDIKAN PANCASILA
Tokoh-tokoh perumus Pancasila yang dapat diteladani oleh siswa kelas 2 SD kurikulum merdeka adalah:
  • Prof. Mohammad Yamin S.H.


  • Prof. Mr. Dr. Supomo


  • Ir. Soekarno 

Para tokoh tersebut mengutarakan usulan dasar negara dalam sidang BPUPKI. Mr. Moh. Yamin mengajukan usulannya pada hari pertama Sidang BPUPKI I tanggal 29 Mei 1945. 
Nilai-nilai luhur yang dapat diteladani dari para tokoh perumus Pancasila di antaranya:
  • Mendengarkan dan menghargai pendapat orang lain
  • Menerima keputusan yang diambil dalam rapat atau pertemuan
  • Kerja keras
  • Rendah hati
  • Mengutamakan persatuan
  • Rela berkorban
  • Melaksanakan keputusan bersama 
Cara meneladani para tokoh perumus Pancasila adalah dengan turut berkontribusi pada lingkungan sekitar. Contohnya, membantu pelaksanaan acara kampung, mengajar anak-anak yang membutuhkan, dan lain sebagainya.

Latihan Soal

Pilihlah jawaban di bawah ini dengan tepat

1. Perhatikan gambar berikut

Gambar di atas merupakan salah satu tokoh yang merumuskan Pancasila, nama tokoh di atas adalah...
a. Muh. Yamin
b. Soekarno
c. Ki Hajar Dewantara

2. Para tokoh perumus Pancasila seperti Soekarno, Mohammad Yamin, dan Dr. Soepomo bekerja keras menyusun dasar negara. Apa sikap kita sebagai generasi penerus bangsa terhadap usaha mereka?
a. Bermalas-malasan karena mereka sudah berjuang
b. Melanjutkan perjuangan dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila

c. Tidak peduli karena sudah selesai

 

3. Kita harus meneladani sikap pahlawan. Salah satunya adalah cinta tanah air. Tindakan kita sebagai bentuk cinta tanah air adalah...

a.      Tidak membeda-bedakan teman

b.      Mengerjakan tugas sekolah sendiri

c.       Suka barang buatan dalam negeri

1.      Isian

1.  Perhatihan gambar berikut

Tokoh di atas merupakan perumus Pancasila yang Bernama….

2.    2. Sikap kita sebagai penerus bangsa dalam meneladani sikap pahlawan perumus Pancasila adalah ….

 REFLEKSI / RINGKASAN MATERI
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan hari ini, sebagian besar peserta didik sudah mulai menghafal lagu daerah lampung yg berjudul cangget agung dan untuk pembelajran pendidikan pancasila dalam mengerjakan soal peserta didik sudah mendapatkan nailai yang baik.


rrr                                            










RE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar