About

Rabu, 12 Februari 2025

Matematika, seni rupa dan Bahasa Indonesia

 Hari/Tanggal: Rabu/12 Febuari 2025

Guru : Fitka Afrillita, S. Pd.


Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya
😊 

Pada pembelajaran sebelumnya di pelajaran B.Indonesia kita telah menemukan rima yang sama dalam pantun, untuk pertemuan ini kita akan mempelajari  tentang cara menghemat air dan tentang memilah sampah organik dan anorganik;

Kemudian di pelajaran Matematika kita telah dapat mengarsir gambar sesuai pecahan dan hari ini kita akan mempelajari setengah bagian dari kumpulan benda.

Dalam pelajaran seni rupa kita telah mengenal ragam hias, hari ini kita akan mewarnai ragam hias geometris salah satunya motif batik.(praketek karya 3 dimensi dari bahan gibsun)


Matematika 

Elemen : Bilangan

Tujuan : Peserta didik dapat mengetahui setengah dari kumpulan benda.

Metode Pembelajaran :

Metode Gambar, Diskusi, Tanya jawab, latihan soal

Media / Alat peraga

Tv, laptop, Video dan gambar 

Sumber Belajar :

Buku cetak Matematika Kelas 2 Kemendikbud dan Mediatama serta internet

Video Pembelajaran :







 

BAHASA INDONESIA
ELEMEM

Menyimak

Membaca dan memirsa

Berbicara dan Mempresentasikan

Menulis

METODE PEMBELAJARAN

Metode Gambar, Diskusi

Media / Alat peraga

Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

7.1.       Melalui membaca nyaring, peserta didik dapat mengucapkan kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.

Menulis

7.2.       Melalui membaca berulang, peserta didik dapat menjelaskan topik bacaan.

Menyimak

7.3.       Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi kunci pada teks yang dibacakan dengan tepat.

Menulis

7.4.       Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalam gambar.

7.5.       Melalui menulis, peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari gambar (jenis sampah) pada pengatur grafis sederhana.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi kunci pada teks yang dibacakan dengan tepat;

Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya;

Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara sopan menggunakan kalimat imbauan dan ajakan

  • Peserta didik akan belajar tentang cara menghemat air;
  • Peserta didik akan belajar tentang memilah sampah organik dan anorganik;

                                                 SIMAK VIDIO DI BAWAH INI 👇


Amati gambar berikut bersama guru kalian. Berapa persen jumlah air bersih di bumi?


Bacalah bacaan berikut dengan nyaring. Yuk, Hemat Air!

Sebagian besar permukaan bumi adalah air. Hampir semuanya adalah air asin. Air asin adalah air dengan kandungan garam tinggi. Air tawar adalah air yang tidak manis atau asin. Manusia membutuhkan air tawar untuk hidup. Air tawar digunakan untuk memasak, mandi, dan mencuci. Jumlah air tawar bersih di bumi sangat terbatas. Yuk, kita hemat air.

Cara Menghemat Air: 
• Tidak berlama-lama ketika mandi. 
• Mematikan keran ketika sedang menyabuni tangan. 
• Menyiram tanaman dengan alat penyiram. 
• Memeriksa apakah ada keran yang bocor

Amati gambar berikut bersama guru kalian
"BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPAT SEHARUSNYA'


Berlatihlah menggunakan kosakata baru. Tuliskan kata yang tepat untuk gambar berikut.




Dalam kegiatan ini kalian belajar menyebutkan perbedaan pada gambar.

2. Pilih dua sampah organik dan dua sampah anorganik. Masukkan dalam tabel berikut. Lalu, tambahkan sampah lain yang belum ada pada gambar. Dua sampah organik dan dua sampah anorganik. Tuliskan tabel berikut di buku tulis kalian, ya.

Kalimat imbauan atau ajakan bertujuan mengajak seseorang melakukan sesuatu. 
• Dalam kalimat imbauan kata kerjanya memakai akhiran –lah.
 Contohnya : Buanglah sampah pada tempatnya!
  : Jagalah kebersihan kelas!

 • Kalimat ajakan memakai kata “ayo” dan “mari”. 

Contohnya : Ayo, buang sampah pada tempatnya! 
 : Mari kita jaga kebersihan kelas!

SENI RUPA 
CP: peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dan bahan dasar dalam berkarya menggambar peserta didik dapat mengenali ragam hias nusantara 

ATP: mengenali ragam hias nusantara berbentuk geometri

TP: mengenali konsep ragam hias geometri 
Menjelaskan ciri-ciri ragam hias geometris 
Mengenal aneka ragam hias geometri 
Membuat ragam hias geometri 
Memiliki karakter kreativitas dalam aktivitas 
Memiliki karakter bergotong-royong 
Indahnya ragam hias nusantara 
Mengenal ragam hias geometris 
Aneka ragam hias 

A. Mengenal ragam hias geometri 
Ragam hias dapat disebut ornamen ada juga yang menyebut motif ragam hias adalah bentuk yang diulang bentuk tersebut menjadi pola atau motif salah satu contohnya adalah bentuk geometri 

B. Ciri ragam hias geometri 
Ragam hias geometri mempunyai ciri cirinya terdapat garis dan lengkungan 

1. Ragam hias garis 
Ragam hias garis terdiri dari kumpulan garis susunannya berulang-ulang polanya rapi dan teratur 

2. Ragam hias lengkung 
Ragam hias lengkung polanya berupa lengkungan susunan berulang-ulang polanya selaras dan harmonis 

C. Aneka ragam hias 
Indonesia kaya akan ragam hias ragam hias tiap daerah berbeda keindahan ragam hias dilihat dari warna bentuk dan polanya.

PRAKTEK PEMBUATAN KARYA 3 DIMENSI

BAHAN BAHAN NYA:

1.TEPUNG GIPSUN
2.CETAKAN
3.MANGKUK PELASTIK
4.SENDOK PELASTIK
5.PEWARNAAN

Baiklah Bu guru ucapkan terimakasih jangan lupa sholat 5 waktu dan selalu gunakan 4 kata ajaib tolong, terimakasih, permisi dan maaf. semangat selalu dalam belajar. Bu guru akhiri wassalamualaikum. wr. wb

REFLEKSI /RINGKASAN MATERI

Berdasarkan pembelajaran hari ini di kls 2 c materi matematika Peserta didik dapat mengetahui setengah dari kumpulan benda.hanya beberapa yang belum paham dan akan di ulas kembali.sedangkan umtuk praktek seni rupa 3 dimensi banyak yang belum berhasil dan akan di ualang kembali pada mimggu depan .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar