Welcome to Grade 2B
Nama Guru : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.
Satuan Pendidikan : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung
Kelas / Semester : 2B / 1
Hari, Tanggal : Rabu, 30 Juli 2025
Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?
Baik selanjutnya. Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang mendengarkan secara aktif dan sopan saat orang lain berbicara atau membaca teks dan mengurutkan serta membandingkan bilangan. Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari tentang menuliskan perasaan pada tokoh yang ada pada suatu cerita, sikap jujur dalam kegiatan sehari-hari dan mengenal bendera serta lagu kebangsaan indonesia. Oke mari sama-sama kita simak penjelasan materinya di bawah ini ya, semangat belajarnya anak-anak sholeh dan sholehah.
📌 Metode dan Media ajar
- Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
- Media ajar: Video pembelajaran, gambar bendera merah putih, Video lirik lagu Indonesia raya, LKPD. potongan kertas merah-putih
📌 Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungam.
📌 Tujuan Pembelajaran (TP):
- Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
- Mengenal bendera negara dan lagu kebangsaan
- Menyimak teks atau cerita pendek yang dibacakan dengan minat dan antusias.
📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Peserta didik dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
- Peserta didik dapat menentukan nilai tempat dari suatu angka dalam bilangan hingga 500.
- Peserta didik dapat mengenali dan menggambarkan ciri-ciri bendera negara Republik Indonesia.
- Peserta didik dapat memahami makna warna merah dan putih pada bendera
- Peserta didik dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
- Peserta didik dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
Jujur artinya berkata dan bertindak sesuai dengan kenyataan. Kalau kamu jujur, artinya apa yang kamu katakan itu benar, dan apa yang kamu lakukan juga benar. Jujur itu penting sekali, lho!
Kenapa Kita Harus Jujur?
- Disayangi Teman dan Keluarga: Orang yang jujur pasti lebih dipercaya dan disayangi teman-teman, guru, dan orang tua.
- Hidup Bahagia: Jujur membuat hidup kita jadi lebih nyaman dan bahagia.
- Hati Tenang: Kalau kita jujur, hati kita jadi tenang karena tidak perlu takut ketahuan berbohong.
Contoh Sikap Jujur dalam Keseharian:
- Mengakui Kesalahan: Kamu tidak sengaja memecahkan vas bunga. Daripada diam saja atau menyalahkan adik, kamu langsung bilang ke Mama, "Ma, maaf, aku tidak sengaja memecahkan vas bunga." Mama mungkin akan menasihati, tapi pasti bangga karena kamu jujur.
- Mengembalikan Barang Temuan: Kamu menemukan pensil temanmu yang terjatuh di kelas. Daripada menyimpannya, kamu langsung mencari pemiliknya dan mengembalikan pensil itu.
- Berbicara Apa Adanya: Saat ditanya guru mengapa tidak mengerjakan PR, kamu bilang dengan jujur, "Maaf Bu/Pak, saya lupa mengerjakannya kemarin." Bukan malah berbohong dengan berbagai alasan.
- Tidak Menyontek Saat Ujian: Saat ulangan, kamu berusaha mengerjakan sendiri walaupun sulit. Kamu tidak melirik jawaban teman atau membuka buku catatan. Itu namanya jujur pada diri sendiri dan juga guru.
- Mengakui Nilai yang Didapat:Kamu mendapat nilai jelek saat ulangan. Ketika orang tuamu bertanya, kamu menunjukkan nilai itu apa adanya dan berjanji akan belajar lebih giat.
Ingat ya, jujur itu adalah kunci kebaikan. Dengan jujur, kamu akan jadi anak yang hebat dan dipercaya semua orang!
📌Materi Pendidikan Pancasila
“Kapan kamu pernah mendengar lagu "Indonesia Raya"?”
“Mengapa kita harus menyanyikan lagu kebangsaan dengan semangat dan sikap yang baik?”
· "Siapa yang tahu lagu apa yang dinyanyikan saat upacara?”
· "Apa nama lagu yang paling penting di Indoensia
Apa yang dilakukan semua orang saat lagu dinyanyikan? Lagu apa yang dinyanyikan?
“Mengapa kita harus menyanyikan lagu itu dengan sikap hormat?”
Bagaimana cara menyanyikan lagu itu dengan baik?”
Mengenal Lagu Indonesia Raya
📗 Lagu Kebangsaan Indonesia
a. Nama Lagu Kebangsaan
Lagu kebangsaan negara kita adalah “Indonesia Raya”.
Lagu “Indonesia Raya” diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman (W.R. Supratman).
b. Lagu ini biasanya dinyanyikan saat:
· Upacara bendera di sekolah.
· Hari Kemerdekaan (17 Agustus).
· Acara resmi kenegaraan atau nasional.
📗Menyanyikan Lagu “Indonesia Raya”
a. Sikap saat menyanyikan lagu:
· Berdiri tegak.
· Sikap hormat (bagi yang memakai seragam, memberi hormat sesuai aturan).
· Bernyanyi dengan percaya diri, tidak bercanda.
b. Lirik Lagu Indonesia Raya (Satu Stanza)
Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku
Di sanalah aku berdiri, jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku, bangsa dan tanah airku
Marilah kita berseru, Indonesia bersatu
Hiduplah tanahku, hiduplah negeriku
Bangsaku, rakyatku, semuanya
Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya
Indonesia Raya, merdeka Merdeka
Tanahku, negeriku yang kucinta
Indonesia Raya, merdeka merdeka
Hiduplah Indonesia Raya
📗 Menunjukkan Sikap Cinta Tanah Air
a. Apa itu cinta tanah air?
Cinta tanah air berarti menyayangi dan bangga terhadap negara kita, Indonesia.
b. Contoh sikap cinta tanah air:
· Mengikuti upacara bendera dengan tertib.
· Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan rumah.
· Memakai dan menghormati simbol negara (bendera, lagu, lambang).
· Belajar dengan semangat agar bisa menjadi warga negara yang baik.
· Tidak merusak bendera atau menyanyikan lagu kebangsaan dengan main-main.
c. Bentuk kegiatan yang bisa dilakukan:
· Menggambar bendera Indonesia dan menjelaskan warnanya.
· Menyanyikan lagu "Indonesia Raya" dengan baik.
· Mendengarkan kisah para pahlawan.
· Membuat poster tentang cinta tanah air.
· Melakukan kegiatan gotong royong di sekolah.
Latihan :
A. Tes Lisan
1. Apa nama lagu kebangsaan Indonesia?
🗣 Jawaban: ________________________________________2. Apa fungsi lagu kebangsaan Indonesia?
🗣 Jawaban: ________________________________________3. Sebutkan kapan atau di mana lagu “Indonesia Raya” biasa dinyanyikan!
🗣 Jawaban: ________________________________________4. Bagaimana sikap yang benar saat menyanyikan lagu kebangsaan?
🗣 Jawaban: ________________________________________5. Sebutkan contoh sikap cinta tanah air?
🗣 Jawaban: ________________________________________B. Unjuk Kerja (Praktik)
🎤 Tugasmu:
Tunjukkan sikap hormat dan percaya diri saat menyanyikan lagu “Indonesia Raya” di depan kelas.✅ Perhatikan hal berikut:
· Berdiri tegak
· Sikap hormat
· Menyanyi dengan suara jelas
· Wajah menunjukkan rasa bangga
o Cara Menyimak dan menemukan informasi pada cerita
Menyimak adalah mendengarkan dengan baik apa yang dibacakan atau diceritakan orang lain.
Kita menyimak dengan telinga dan perhatian penuh.
Agar mudah memahami cerita, lakukan hal-hal berikut:
Duduk dengan tenang dan fokus.
Dengar baik-baik saat guru atau teman membaca cerita.
Jangan berbicara saat menyimak.
Perhatikan siapa tokohnya, apa yang terjadi, dan di mana kejadian itu berlangsung.
Informasi yang Bisa Ditemukan dalam Cerita
Setelah menyimak, kita bisa menemukan informasi seperti:
Siapa tokohnya? (Siapa yang ada di cerita?)
Apa yang terjadi? (Peristiwa atau masalah dalam cerita)
Di mana dan kapan kejadian itu terjadi?
Bagaimana peristiwa itu terjadi?
Mengapa hal itu terjadi?
Simaklah cerita pada video berikut ini, lalu jawablah pertanyaannya dengan benar dan tuliskan di buku kalian!
Peserta didik telah belajar menyimak cerita yang dibacakan atau ditayangkan oleh guru. Mereka dilatih untuk mendengarkan dengan fokus, memahami isi cerita, serta menjawab pertanyaan tentang tokoh, alur, dan perasaan tokoh dalam cerita. Secara umum, peserta didik dapat mengikuti kegiatan dengan baik, dan mulai menunjukkan kemampuan menyimak serta memahami isi cerita secara utuh.
Dalam pelajaran ini, peserta didik diajak untuk mengenal dan memahami pentingnya sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari. Mereka mampu menyebutkan contoh perilaku jujur di rumah dan di sekolah, seperti berkata apa adanya, tidak mencontek, dan mengembalikan barang yang bukan miliknya. Peserta didik juga diajak berdiskusi dan bermain peran sederhana untuk menunjukkan sikap jujur. Kegiatan ini membantu membentuk karakter yang positif sejak dini.
Peserta didik belajar tentang sikap yang benar saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, yaitu berdiri tegak, bersikap hormat, dan menyanyi dengan penuh semangat. Mereka juga mempraktikkan menyanyikan lagu dengan sikap yang tepat. Peserta didik tampak bangga dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini, yang menumbuhkan rasa cinta tanah air dan kedisiplinan.
Kesimpulan:
Peserta didik menunjukkan keterlibatan aktif dan semangat dalam mengikuti seluruh rangkaian pembelajaran hari ini. Mereka mulai memahami pentingnya menyimak cerita dengan baik, menunjukkan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari, serta bersikap hormat saat menyanyikan lagu kebangsaan. Pembelajaran berlangsung dengan menyenangkan dan penuh makna, serta mendukung pembentukan karakter dan keterampilan dasar anak secara menyeluruh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar