About

Senin, 29 Juli 2019

Tema 1 Subtema 3 PB 1 dan 2


v Gagasan pokok dan pendukung dalam teks lisan
Teks lisan adalah teks yang dibacakan. Gagasan pokok dan pendukung dalam teks lisan ditemukan dengan cara menyimak. Menyimak artinya mendengarkan dengan seksama hal yang didengarkan atau dibicarakan.
Gado-Gado, Salad Segar dengan Siraman Saus Kacang khas Betawi
Gado – gado makanan khas Indonesia khusunya Betawi. Berbagai rebusan sayur-mayur, kentang, tahu, tempe dan telur tersaji dengan siraman bumbu kacang serta taburan kerupuk, itulah gado-gado. Hidangan ini sangat nikmat menjadi teman menyantap nasi atau disajikan bersama potongan lontong.
Sepintas tampilannya memiliki kemiripan dengan beberapa makanan khas daerah lain, seperti Lotek (Jawa Barat) atau Pecel (Jawa Timur). Bedanya, bumbu kacang dalam gado-gado tidak menggunakan kencur seperti halnya Lotek dan Pecel. Selain itu, tidak seperti pecel yang umumnya hanya sayuran, gado-gado menggunakan telur, tahu, tempe serta lontong.
Tidak ada yang tahu persis asal muasal sajian unik ini, namun sebagian besar referensi bebas cenderung mengasosiasikan Gado-Gado sebagai hidangan asli tanah Betawi. Asal usul nama pun nampaknya senasib dengan asal muasalnya.
Asal kata 'Gado-Gado' tidak ada dalam kamus bahasa Indonesia maupun kosa kata bahasa Betawi. Meski demikian, nampaknya keberadaan makanan ini justru menginspirasi perkembangan bahasa, antara lain dengan munculnya istilah 'pernikahan gado-gado' yang berarti kawin campur atau 'bahasa gado-gado' yang berarti bahasa campur aduk.
Temukan gagasan Pokok dan pendukung dari setiap paragraf di atas!

v Makanan tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia. Contoh : rendang dari Sumatera Barat, papeda dari Papua, nasi timbel dari Jawa Barat, pempek dari Sumatera Selatan, sekubal dari Lampung

v Pemantulan dan penyerapan bunyi
Bunyi dapat dipantulkan jika mengenai benda keras. Contohnya : kaca, dinding, dan logam. Bunyi dapat diserap jika mengenai benda lunak. Contoh benda lunak yang dapat menyerap bunyi, adalah karpet, karet, busa dan kertas.

Kerjasama dalam Diskusi
v Diskusi merupakan pertemuan beberapa orang untuk bertukar pendapat mengenai suatu hal.
v Manfaat saling menghormati pendapat:
1.     Tercipta kerukunan dan kebersamaan
2.     Menambah pengetahuan
3.     Permsalahan lebih mudah diselesaikan
4.     Kita akan dihormati orang lain
5.     Menghasilkan kesimpulan yang adil

v Faktor pendukung tari adalah lagu dan alat musik.
Alat musik yang digunakan adalah alat musik tradisional. Contohnya gendang, tamborin, marakas dan gamelan.

4 komentar:

  1. Apa isi gagasan pokok dan gagasan pendykung dalam teks tersebut

    BalasHapus
  2. Apa isi gagasan pokok dan gagasan pendykung dalam teks tersebut

    BalasHapus
  3. Temukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dri setiap paragraf di atas

    BalasHapus