About

Selasa, 30 Juli 2019

tema 1 subtema 3 pembelajaran 3 dan 4


Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks permainan tradisional!
Permainan Kucing Buta
Dimainkan oleh anak-anak perempuan yang berusia 10 -14 tahun dengan jumlah minimum 10 orang. Salah seorang pemain matanya ditutup dengan kain, sehingga tidak dapat melihat seperti orang buta disebut permainan kucing buta. Permainan ini dilakukan di halaman rumah, di lapangan yang datar. Mereka memilih salah seorang menjadi pemeran kucing buta dan kadang-kadang ada yang langsung rela untuk memainkan kucing itu.
Pemeran kucing buta ditutup matanya dengan serebet atau sapu tangan sehingga tidak bisa melihat. Semua pemain berpegang tangan membentuk lomgkaran mengelilingi kucing buta, sambil melagukan seperti syair kucing buta cari aku, siapa dapat aku menunggu sampai dua tiga kali sesuai kesepakatan. Seluruh pemain secara serentak duduk berjongkok dan diam tak berusara. Bila di antara anak-anak ada yang bersuara makan dengan spontan kucing buta menuju suara tersebut dan langsung merangkulnya dan menyebut namanya. Bila tebakan tersebut benar maka kucing buta dikatakan menang oleh musuh-musuhnya. Sehingga terjadi pergantian pemeran kucing buta. Bila tebakannya salah maka kucing buta statusnya tetap dan permainan dilanjutkan seperti semula.

Pemantulan dan Penyerapan Bunyi
Bunyi dapat dipantulkan dan diserap.
1. Pemantulan Bunyi
Sebuah kelereng yang dilemparkan ke dindin akan mengalami pemantulan, demikian juga dengan bunyi. Bunyi juga dapat memantul, jika dalam perambatannya dihalangi oleh benda yang permukaannya keras, seperti kayu, kaca, dinding, atau besi.
2. Penyerapan Bunyi
 Bunyi juga dapat diserap. Benda-benda yang dapat menyerap bunyi adalah benda yang permukaannya lunak. Benda yang demikian disebut
peredam bunyi, misalnya karpet, goni, kertas, kain, busa, dan wol.
Benda-benda tersebut dapat digunakan untuk mencegah terjadinya
gaung atau kerdam. Dinding dan langit-langit gedung pertemuan,
studio rekaman, dan gedung bioskop dilapisi dengan bahan-bahan
tersebut supaya tidak terjadi gaung atau kerdam.
Macam-Macam Bunyi Pantul
1. Gaung atau Kerdam
Gaung atau kerdam terjadi karena bunyi
dipantulkan oleh dinding yang jaraknya tidak
jauh dari sumber bunyi. Hal itu menyebabkan
datangnya bunyi pantul bersamaan dengan
bunyi asli yang belum selesai terucapkan.
Akibatnya, bunyi pantul mengganggu bunyi asli
sehingga suara yang terdengar tidak jelas.

2. Gema
Gema terjadi karena bunyi dipantulkan oleh dinding yang jaraknya jauh dari sumber bunyi. Hal itu menyebabkan datangnya bunyi pantul setelah bunyi asli selesai terucapkan. Jadi, bunyi pantul yang terdengar lengkap sesudah bunyi asli. Gema sering terjadi di gua-gua, lembahlembah,dan bukit-bukit yang jaraknya jauh serta permukaannya keras dan rapat. Selain itu, gema juga dapat dipergunakan untuk mengukur kedalaman jurang atau gua.


Beberapa Manfaat Kerjasama

Adapun manfaat-manfaat lainnya yang dapat di dapatkan dari kerjasama, contohnya seperti:
a. Mempererat ikatan persaudaraan
Dengan berkolaborasi setiap pribadi pada sesuatu kesebelasan kerja bakal saling berinteraksi dan saling menolong dalam memecahkan persoalan-persoalan untuk menjangkau tujuannya, sampai-sampai akan terjalin pun komunikasi-komunikasi yang dimana semua tersebut akan meningkatkan rasa persaudaraan.
b. Menumbuhkan motivasi persatuan
Kerjasama-pun bisa menumbuhkan motivasi persatuan pada diri setiap pribadi yang tergabung dalam kumpulan kerja atau kesebelasan kerja. Supaya setiap pekerjaan dalam kerjasama dapat berlangsung baik maka mesti dapat menjunjung rasa kesatuan dan persatuan.
c. Pekerjaan lebih cepat terselesaikan
Dengan kerjasama masalah sesulit apapun bakal cepat terselesaikan sebab tidak melulu mengandalkan satu pribadi saja untuk menuntaskan pekerjaan namun dengan tidak sedikit individu yang bersatu dan saling menyokong satu sama lain, maka kegiatan akan lebih cepat teratasi dan lebih cepat membuahkan hasil.
d. Pekerjaan terasa lebih ringan
Pekerjaan yang sesulit apapun bakal terasa lebih enteng dan lebih gampang terselesaikan sebab di lakukan oleh tidak sedikit orang yang saling menyokong satu sama lain.

Tujuan Kerjasama

  1. Saling mengenal antar pribadi
  2. Meningkatkan persatuan bagi negara
  3. Sebagai kesempatan untuk mengemmukakan pendapat
  4. Menambah peluang keberhasilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar