About

Rabu, 24 April 2024

Kegiatan P5

 Hari/Tanggal : Rabu, 24 April 2024


Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.

Kegiatan P5 

“AKU CINTA KEBERAGAMAN”

Tema : Bhineka Tunggal Ika


AKTIFITAS 4 

Kebhinekaan (Sejarah, Makna, Fungsi dan contoh Bhineka Tunggal Ika)

Mengenal Nilai Penting Kebhinekaan 

Dimensi           : Berkebhinekaan Global

Tujuan             : Peserta didik mampu memerankan tokoh berdasarkan di dalam teks cerita


Kegiatan Awal

Drama Bully

Scane 1

 

Di sebuah SD Bernama SD Bar-Bar, terdapat 3 orang anak pengganggu yang terkenal di sekolah itu. Mereka adalah Tenza, Alfin, Dan Radit. Dan Hari inimereka melakukan yang biasa mereka lakukan memalak, memarahi danmembully murid lain.

 

Radit : Eh, Tenza, Alfin. Aku denger hari ini kita bakal dapet anak pindahandi kelas kita !”

Tenza :  Trus Apa masalahnya ama Aku ?”

Radit :  Ya engga , Aku kan Cuma ngasih tau kau! Kali aja aku kudegitu !”

Alfin:  Iya Aku juga denger, katanya sih namanya Lestari

Tenza : “Hah siapa, Lestari ? Hahaha, oke untuk hari ini kita bakal ngasih dia pelajaran berharga buat dia biar gak bisa macem macem ama kitakedepannya.“

 

Tenza dan temannya pun menyusun rencananya untuk memberikan pelajarantersebut kepada anak baru itu.


Scene 2   


Ring...Ring...

 

Bel tanda masuk pun dimulai, semua anak berjalan cepat menuju kelasmereka. Semuanya kecuali anggota genk terkenal ini mereka berjalan lambatmenuju kelasnya yang lumayan jauh.

Didalam kelas para murid duduk dengan rapih dan mengambil buku pelajaransebelum dimulai pelajaran.

 

Brakkk…

 

Terdengar suara pintu terbanting, semua murid melihat ke asal suara. Ya! Taklain adalah Tenza, Alfin dan Radit. Mereka dengan santai nymemasuki kelas, dan bagaikan tak menghiraukan tatapan murid kelasnya. Alie yangmerasa kesal bangkit dari duduknya dan menghampirmereka.

 

Yusuf:  Hei!, Tenza, Alfin, Radit udah aku peringatin beberapa kali bukan.Kalo buka pintu tuh biasa aja, gak usah dibanting segala. Kalo pintunyarusak mau gantiin ? (Yusuf sebagai ketua kelas marakarena propertiyang seharusnya di jaga kita semua malah dibanting seperti itu.)

Tenza :  Oh,Hei ! pasti soal properti sekolah yaa.. maaf ,, maaf Aku gak kan ngulangin kejadian banting pintu lagi deh“ (Perkataan Tenza diiringidengan tawa ejekkan dari Alfin dan Radit.)

Yusuf:  Terserah deh ! aku ngasih tau serius , bukan bercanda!“ 

Alfin :  OH! YAUDAH! PERMISI! (dengan di ikuti Tenza dan Radit)

 

Setelah itu guru pun masuk yang dibelakangnya terdapat seorang murid.

 

Bu Yeni “Yap anak anak seperti yang sudah kalian ketahui kita memiliki seorang murid baru ! Tolong sedikit perhatiannya saat iamemperkenalkan diri .“

Lestari Assalamuaikum wr.wb. perkenalkan nama saya Lestari pindahandari SD Harap Maklum. Mohon bantuannya agar saya bisa meyesuaikandiri di lingkungan sekolah ini.” (dengan logat jawa yang mendok)

 

Tenza: “ eehhh,,,eehhh ,,,,eehhh ada orang dari kampung niii (dengan diringi ejekan dan tawa seluruh siswa)

Bu Yeni: “ cukup ya nak! Tidak boleh saling mengejek ya nak! (sambil menanangkan siswa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar