Hari/Tanggal: Senin, 22 Juli 2024
Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.
Menyimak
Peserta didik mampu bersikap
menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan
yang didengar serta mampu memahami
informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan
dan/atau didengar), instruksi
lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Menulis
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana.
Tujuan Pembelajaran :
Mengamati
- Mengidentifikasi
perbedaan perasaan melalui gambar.
Bercerita
- Mempresentasikan informasi dengan suara yang jelas, dengan penekanan pada intonasi untuk menarik minat pendengar.
- Mempresentasikan informasi dengan suara yang jelas, dengan penekanan pada intonasi untuk menarik minat pendengar.
Menulis
- Mengingat dan menyebutkan informasi kunci pada puisi yang dibacakan.
Mengamati
1.1 Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat menemukan
berbagai jenis perasaan dengan tepat.
Bercerita
1.2 Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mempresentasikan
informasi tentang mimik berbagai perasaan dengan suara jelas dan penekanan
intonasi.
1.3 Melalui mengingat pengalaman pribadi, peserta didik dapat
menceritakan perasaannya terkait pengalaman pribadi dengan suara yang jelas dan
penekanan intonasi.
Menulis
1.4 Melalui menyimak puisi, peserta didik dapat menuliskan kembali informasi dalam puisi dengan tepat.
Materi Ajar :
Amati gambar Berikut ini!
Apa saja perasaan yang terlihat pada gambar?
definisi
kata-kata berikut berdasarkan KBBI:
senang : puas dan lega, tanpa rasa susah
dan kecewa, berbahagia, gembira
takut : merasa gentar (ngeri) menghadapi
sesuatu yang dianggap akan mendatangkan bencana; tidak berani, khawatir
sedih : merasa sangat pilu dalam hati;
susah hati
marah : sangat tidak senang; berang; gusar
kaget : terkejut
malu : segan melakukan sesuatu karena
agak takut
bangga : besar hati karena mempunyai
keunggulan
sedih : merasa sangat pilu dalam hati;
susah hati
marah : sangat tidak senang; berang; gusar
kaget : terkejut
malu : segan melakukan sesuatu karena
agak takut
bangga : besar hati karena mempunyai
keunggulan
Setelah mengetahui berbagai macam perasaan peserta didik menceritkan pengalaman perasaan yang pernah dialami oleh siswa.
Perhatikan Puisi di bawah ini!
Memahami Pengertian Sederhana dan Kesederhanaan
Pengertian Kesederhanaan
Kesimpulan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar