Hari/Tanggal: Selasa, 23 Juli 2024
Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.
Matematika
Elemen CP :
Bilangan
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.
Peserta didik membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu membilang melalui menghitung benda konkret atau abstrak yang dapat dikelompokkan menjadi ratusan.
Alur Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu membilang banyak benda melalui berhitung dengan tepat.
Peserta didik mampu memahami cara merepresentasikan bilangan melalui menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ratusan dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
Bilangan yang lebih besar dari 100
Bagaimana menyatakan bilangan tersebut ?
Ratusan ada 2, puluhan ada 3, satuan ada 5 menjadi dua ratus tiga puluh lima.
Dua ratus tiga puluh lima ditulis 235.
Angka 2 dalam bilangan adalah ratusan, dua balok ratusan disebut dua ratus.
Video Pembelajaran :
Elemen : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman
atas dua unsur rupa.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman
atas dua unsur rupa.
Alur Tujuan Pembeelajaran :
1. Peserta didik mengetahui pengertian seni rupa.
MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian Seni Rupa
Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Corak seni rupa diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan tujuan estetika.
Seni rupa ini menjadi karya yang selalu menonjolkan nilai-nilai estetika atau keindahan. Seni rupa berfungsi sebagai medium untuk memperindah suatu objek atau tempat.
Unsur-Unsur Seni Rupa
Seni rupa terdiri dari lima unsur, yaitu:
1. Garis
Garis adalah unsur seni rupa yang paling mendasar. Perwujudan seni rupa awalnya diawali dengan coretan garis.
Garis memiliki 2 dimensi memanjang dan mempunyai arah serta sifat-sifat khusus, seperti pendek, panjang, vertikal, horizontal, lurus, melengkung, berombak dan seterusnya.
2. Raut
Raut merupakan tampak dari potongan atau bentuk dari suatu objek. Raut dapat terbentuk dari garis yang mencakup ukuran luas tertentu yang membentuk bidang.
Raut juga dapat berarti perwujudan sebuah objek atau bidang. Bidang dapat berupa bangun beraturan seperti lingkaran, segi empat segi tiga atau tidak beraturan. Selain berupa bangun, benda juga memiliki bentuk plastis.
3. Ruang
Ruang menunjukkan dimensi dari karya seni rupa tersebut. Ruang pada karya seni rupa berbentuk tiga dimensi sebab adanya volume yang memberikan kesan yang mendalam.
4. Tekstur
Unsur tekstur atau barik adalah kualitas taktil dari suatu permukaan. Taktil artinya dapat diraba atau yang berkaitan dengan indra peraba.
5. Warna
Warna adalah unsur yang menimbulkan jesan akibat pantulan cahaya yang mengenai permukaan suatu benda. Dalam karya seni rupa, warna dapat berwujud seperti garis, bidang, ruang, dan nada gelap terang.
Jenis Seni Rupa
1. Seni Rupa Dua Dimensi
Seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dua ukuran, yaitu panjang dan lebar. Contohnya yaitu gambar, lukisan, foto, dan lainnya.
Video Pembelajaran :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar