Hari/tanggal : Kamis/24 September 2020
Assalamulaikum.wr.wb.
Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :
Hari ini kita akan mempelajari tentang keragaman adat istiadat,perbedaan bahasa iklan media cetak dengan media elektronik dan upaya pembangunan sosial dalam masyarakat. berikut materinya ya nak simak baca baik2 semoga kalian memahami materi yang telah diberikan
Pembelajaran 3 dan 4
Muatan Pelajaran :
PPKn (KD 3.3, 4.3), Bahasa Indonesia (KD 3. 4, 4.4), IPS (KD 3. 2, 4. 2)
PPKn
(KD 3.3, 4.3)
Keragaman Adat Istiadat
Adat istiadat adalah perilaku masyarakat
yang menjadi ciri khas suatu daerah tertentu. Adat istiadat diterapkan secara
turun temurun sehingga menjadi sebuah kebiasaan dalam kehidupan masyarakatnya.
Adat istiadat dibedakan menjadi 2 jenis
:
1. Tertulis
(peraturan atau dokumen)
2. Tidak tertulis (ceritarakyat, tarian daerah, dan upacara
adat)
Contoh adat istiadat : Ngaben(Bali), Tabuik (Sumatera Barat),
Dugderan (Semarang), dan Lompat Batu Fahombo (Nias)
Makna
Semboyan Bhineka Tunggal Ika
Kita harus saling menghormati dan
menghargai yang dapat terwujud melalui kerja sama.
Bahasa
Indonesia (KD 3. 4, 4.4)
Perbedaan
Bahasa Iklan Media Cetak dan Elektronik
Iklan media cetak
ü Iklan
disampaikan tertulis, sehingga dapat dibaca kapan saja.
Iklan media elektronik
ü Iklan
dilihat, didengar, dan dibaca teksnya
ü Iklan
hanya ditampilkan dalam waktu singkat
ü Bahasa
yang digunakan dapat berupa formal maupun nonformal
Persamaannya, sama-sama dibuat untuk
meyakinkan dan memengaruhi pembaca atau pendengarnya.
Isi pada Iklan Media Elektronik Untuk dapat memahami isi iklan pada radio, dengarkanlah iklan dengan seksama. Sedangkan pada televisi, lihat, dengar, dan bacalah teks yang disajikan dengan seksama. Kita perlu mengingat kata kunci yang terdapat pada iklan elektonik karena biasanya disampaikan dalam waktu yang singkat. Kata kunci pada iklan dapat ditemukan pada slogan serta kalimat persuasif yang ada pada iklan tersebut.
IPS (KD 3. 2, 4. 2)
Upaya Pembangunan Sosial dalam Masyarakat Setiap negara memiliki rancangan pembangunan dibidang sosial, budaya, dan ekonomi sesuai dengan program dan kemampuannya masing-masing. Pembangunan sosial adalah semua aktivitas yang terkait dengan aspek sosial dan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan sosial. Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial, antara lain penyuluhan kesehatan, koperasi, dan kegiatan ekonomi pasar.
Aktivitas
Masyarakat dalam Upaya Pembangunan social Budaya
Pembangunan adalah serangkaian proses
yang dilakukan manusia untuk memperbaiki taraf hidupnya. Negara Indonesia
melakukan pembangunan digegala bidang agar masyarakat makmur sejahtera. Kerja
sama yang baik sangat dibutuhkan agar tujuan pembangunan social budaya
tercapai. Keragaman justru menjadi motivasi untuk memperkuat persatuan dan
kesatuan bangsa. Berikut beberapa upaya untuk menyukseskan pembangunan social
budaya di Indonesia
ü
Berlatih
tari di sanggar tari
ü
Berlatih
memainkan alat musik daerah
ü
Menggunakan
bahasa Indonesia untuk berkomunikasi
ü
Mengikuti
kegiatan ekstrakulikuler di sekolah
Objek wisata pantai
merupakan salah satu upaya pembangunan sosial ekonomi bagi masyarakat pesisir.
Numpang promo ya Admin^^
BalasHapusingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.biz ^_$
add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^