About

Selasa, 29 September 2020

Tema 3 Sub Tema 3 PB 1 dan 2

 Hari/tanggal : Selasa/29 September 2020

Assalamulaikum.wr.wb.

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Hari ini kita akan mempelajari tentang menentukan isi dan keunggulan sebuah iklan dan Gangguan pada Organ Pencernaan Manusia. Berikut materinya ya nak simak baca baik2 semoga kalian memahami materi yang telah diberikan

Pembelajaran ke          :1 dan 2

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.4, 4. 4), IPA (KD 3. 3, 4. 3)

Untuk menentukan isi dan keunggulan sebuah iklan, kita harus mencermati informasi yang disampaikan dalam iklan dengan seksama, baik berupa suara maupun gambar. Perhatikan isi iklan tersebut, apakah menawarkan barang, jasa, atau layanan masyarakat ! jika iklan tersebut menawarkan sebuah produk, perhatikan dengan seksama nama dan keunggulan produk tersebut! Perhatikan juga hal yang membuat iklan tersebut menarik, misalnya gaya atau ucapan tokoh dalam iklan tersebut.

Gangguan pada Organ Pencernaan Manusia


Sistem pencernaan manusia dapat mengalami gangguan. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan manusia antara lain sebagai berikut :

1.      Kurangnya asupan makanan berserat
makanan yang berserat penting bagi tubuh. Salah satu fungsi serat adalah membantu usus untuk menyerap sari-sari makanan yang masuk dan melancarkan pembuangan kotoran dari dalam tubuh. Jika tubuh kurang sehat, seseorang dapat mengalami kesulitan buang air besar( sembelit). Serat dapat ditemukan pada makanan yang berasal dari tumbuhan, seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan.

2.      Pola makan yang kurang teratur

Pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan penyakit mag. Penyakit mag disebabkan lambung terus menerus menghasilkan asam lambung. Jika tidak digunakan untuk mencerna makanan, asam lambung dapat mengikis dinding lambung dan menyebabkan nyeri.

3.      Makanan dan minuman yang tidak bersih

Beberapa jenis penyakit seperti diare dan kolera disebabkan oleh bakteri atau virus. Bakteri dan virus tersebut terdapap dalam makanan yang kurang bersih dalam proses pengolahannya. Bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh akan menginfeksi sistem pencernaan kita.

Makanan Yang Sehat bagi Sistem Pencernaan

Makanan yang sehat adalah makanan yang bersih, memiliki kandungan gizi yang seimbang dan dibutuhkan oleh tubuh. Berikut contoh makanan yang menyehatkan bagi sistem pencernaan :

 



Tugasnya hari ini kalian Bu guru minta untuk membaca dan pelajari materi yang ada di blog hari ini & materi yang ada di buku siswa Tema 3 subtema 3 Pb 1 & 2, sebagai bukti kalian mengikuti pembelajaran hari ini tinggalkan komentar di blog tentang materi yang sudah kalian baca & pelajari, jika ada materi yang belum kalian pahami kalian bisa menulis pertanyaannya di kolom komentar atau chat wa pribadi Bu guru ya, selalu semangat untuk mengumpulkan tugasnya tepat waktu ya anak Sholeh & Sholeha Bu guru 😊

Wassalamualaikum.wr.wb 

32 komentar:

  1. Nama: Amelia sari
    Kelas: 5D
    Materi yang sudah saya baca dan pahami

    Blog: tentang iklan, gangguan pada organ pencernaan manusia , makanan yang sehat bagi sistem pencernaan

    Buku: tentang iklan, sistem pencernaan, buah dan manfaatnya, buah lokal dan buah impor, batik.
    Terimakasih bu atas materinya.

    BalasHapus

  2. Assalamualaikum,,,
    Nama:Vico Abiyu R. F
    Kelas:5D
    Materinya sudah saya baca dan pahami, makasih bu

    BalasHapus
  3. Fauzy Almer Firdaus
    Kls 5D
    Hadir
    Saya sudah membaca materinya Bu, terimakasih

    BalasHapus
  4. Nama: Keisya Dheandra putri
    Kelas: 5D
    Ket: materi yg sudah daya baca dan pahami adalah
    Blog:iklan,gangguan pd organ pencenaan manusia,dan makanan yg sehat nagi sistem pencenaan manusia

    Buku: iklan, batik,manfaat buah baik lokal maupun import

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum wr wb
    Nama:Muhammad Al Fariq
    Kelas:5D
    Keterangan:Hadir
    Saya telah memahami materi nya bu,Terima kasih πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Nama:annora Quinn a. S
    Kelas:5D
    Ket:hadir
    Saya Sudah membaca materinya buπŸ™πŸ™

    BalasHapus
  8. Nama:hayu azka Rani cempaka
    kelas:5D
    ket:hadir
    Saya sudah membaca dan memahami materinya bu

    BalasHapus
  9. Nama:ana anisa Olivia
    Kelas:5D
    Ket:hadir
    Saya sudah membaca dan memahami materinya bu

    BalasHapus
  10. Nama : Raisha Putri Kasyafa Sobri
    Kelas : 5d
    Saya sudah mempelajari materinya,terimakasih bu..

    BalasHapus


  11. Nama:cahaya
    Kelas:5D
    Ket:hadir
    Saya sudah membaca dan memahami materinya bu terimakasih

    BalasHapus

  12. kelas 5d
    hadir
    saya sudah memahami pelajaran yang ibu berikan

    BalasHapus
  13. Nama:Athaya Najla Widiono
    Kelas:5D
    Materi yang sudah saya pahami

    Blog:tentang iklan, gangguan pada organ tubuh manusia,dan makanan yg sehat untuk pencernaan tubuh manusia
    Terimakasih atas materinya BuπŸ™πŸ»

    BalasHapus
  14. Nama : Aqillasiti Fathiyya
    Saya sudah mempelajari materi nya Bu terimakasih πŸ™πŸ˜Š

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum wr wb
    Terimakasih materinya bu guruπŸ™
    Zaki mahardika ramadhan
    Hadir
    Wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  16. Kitania Syifana Syakira
    No. Absen 17
    Hadir
    Saya sudah mempelajari materi nya Bu terimakasih πŸ™πŸ˜Š

    BalasHapus
  17. M.Adeleo fajar
    5D
    saya sudah mempelajari materi yang ada di bloh

    BalasHapus
  18. Assalamu'alaikum Bu
    M. Zidane Aljabarho RS
    5D
    Absen 19
    Saya sudah membaca dan memahami materi yang Ibu berikan, terimakasih BuπŸ™

    BalasHapus
  19. Nama:Ahmad fakhri nasir
    kelas:5D
    Saya sudah membaca dan memahami materinya bu.

    BalasHapus
  20. NAMA:M.REVAN AL RIDHO
    KELAS:5D
    SAYA SUDAH MEMPELAJARI MATERI TERSEBUT

    BalasHapus
  21. Nama: Mikail Revans marsky
    Kelas:5D
    Saya sudah mempelajari materi yang di blog Bu guru,terima kasih

    BalasHapus
  22. M.Tangguh Pratama
    Kls 5 d
    Hadir
    Saya sudah belajar materi tematik hari ini.
    Trimakasih bu

    BalasHapus
  23. Nama: Ilmira Moza Aulia
    Kls:5D
    Saya sudah memahami pembelajaran yang ada diblog

    BalasHapus
  24. Nama ; M. Galang Pratama
    Kelas ; 5d
    Saya sudah memahami pembelajaran yg sudah saya pahami

    BalasHapus
  25. Nama : Nikoo F.H
    saya sudah mempelajari materi di blog dan buku terimakasihπŸ™

    BalasHapus
  26. Raden Muhammad khaiqal mp
    Kelas :5D
    Saya sudah membaca blog

    BalasHapus
  27. zelda almira
    membaca blog tentang iklan, gangguan pada organ pencernaan dan makanan sehat yang sehat untuk pencernaan. terimakasih

    BalasHapus
  28. Nayaka putri akila 5d
    Saya telah mrmpelajari mayeri diblog dan dibuku terimasih

    BalasHapus
  29. Nama: Jihan Fitria
    Kelas: 5d
    Saya sudah mempelajari materi yang ada di blog
    Dan di buku bos . Terimakasih πŸ™πŸ»

    BalasHapus
  30. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    BalasHapus
  31. FAIZ ATHAR ALTHAMIS
    5D
    HADIR
    Materi hari ini sudah saya pelajari di blog mengenai gangguan pada organ tubuh manusia,dan makanan yg sehat untuk pencernaan tubuh manusia

    Buku: tentang iklan, sistem pencernaan, buah dan manfaatnya, buah lokal dan buah impor, batik.
    Terimakasih bu.. wassalamualaikum

    BalasHapus
  32. Nama Chandra Wijaya. Vd. Terimakasih atas materinya..

    BalasHapus