Hari/Tanggal : Kamis, 10 Febuari 2022
Tema 6 : Energi dan Perubahannya
Subtema 2 : Perubahan Energi
Pembelajaran : 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan kosakata/istilah yang terkait dengan perubahan energi dengan tepat
2. Dengan memperhatikan demonstrasi yang ditunjukkan guru, siswa dapat melakukan gerakan kuat dan lemah kaki dalam tari dengan tepat.
3. Dengan mengidentifikasi lama suatu kegiatan, siswa mampu menentukan satuan waktu yang tepat untuk mengukur lama suatu kegiatan berlangsung.
Semua benda yang
menghasilkan energi disebut sumber energi.
Matahari, udara, air, tumbuhan, dan hewan
merupakan sumber energi. Sumber energi
terbesar di bumi adalah Matahari.
Tanpa matahari, tumbuhan tidak bisa
melakukan fotosintesis. Fotosintesis ini
menghasilkan makanan dan oksigen. Makanan
dan oksigen sangat penting untuk
kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup
lainnya. Selain itu, sinar matahari juga
digunakan sebagai sumber energi listrik melalui PLTS
(Pembangkit Listrik Tenaga Surya).
Air juga merupakan
sumber energi. Tubuh kita memerlukan air
sekitar 3 liter tiap hari. Air dan
makanan merupakan sumber energi bagi tubuh.
Selain itu, tumbuhan dan hewan juga
merupakan sumber energi, karena sebagian besar
makanan dihasilkan oleh tumbuhan dan hewan. Manusia dan hewan sangat membutuhkan
tumbuhan untuk makanannya.
Cara melestarikan sumber energi :
⮚ Merawat dan memelihara tanamam/tumbuhan
⮚ Melakukan penghijauan
⮚ Tidak membuang sampah atau limbah
ke sumber air
Air bukan hanya sumber
energi bagi tubuh, tapi juga sumber
energi listrik. Bendungan atau waduk yang
dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik
disebut Pembangkit Listrik Tenaga Air
atau (PLTA). Aliran air dari waduk/bendungan
memiliki kekuatan yang
disebut Energi Kinetik. Energi
kinetik air menggerakkan kincir
atau turbin. Gerakan
kincir air akan menggerakkan generator
listrik. Generator listrik inilah yang
membangkitkan energi listrik. Selain
sebagai pembangkit listrik,
waduk/ bendungan juga digunakan untuk irigasi
(pengairan sawah), perikanan, dan sebagai
tempat wisata.
Udara juga
merupakan sumber energi bagi
tubuh, yaitu untuk bernapas karena
udara mengandung Oksigen. Selain itu, udara juga dimanfaatkan untuk menghasilkan
listrik yang dinamakan Pembangkit Listrik
Tenaga Bayu (PLTB). Udara yang bergerak
disebut bayu atau angin. Bayu (angin)
memiliki energi kinetik. Energi kinetik inilah
yang dapat menggerakkan kincir. Kincir
angin dapat menggerakkan generator listrik.
Generator listrik akan membangkitkan energi listrik.
Sumber energi bagi
kendaraan adalah BBM (Bahan Bakar Minyak).
BBM berasal dari fosil hewan. Fosil
hewan adalah hewan yang mati dan tertimbun
di dalam tanah, jutaan tahun yang lalu. Selain itu, BBM juga digunakan untuk
menyalakan kompor, untuk mesian-mesin di pabrik.
Lani telah selesai bercakap-cakap dengan teman - teman. Kemudian Lani mengajak teman-temannya untuk berlatih menari. Kali ini mereka akan berlatih Gerak kuat kaki pada tari. Jenis gerakannya hampir sama dengan gerakan sebelumnya. Iringan musiknya lebih cepat sehingga gerakan kaki harus lebih kuat. Lani meletakkan tangan di pinggang. Kemudian, kakinya diayunkan mengikuti irama musik yang cepat. Musiknya berirama cepat, kakinya harus diayunkan lebih kuat. Ingat gerakan yang sudah dipelajari sebelumnya!
Selesai latihan menari, Lani dan teman-teman berlatih berhitung. Mereka akan menghitung kegiatan yang dilakukan di sekolah. Sebagai panduan digunakan jadwal pelajaran di sekolah.
Guru meminta siswa bekerja secara berkelompok. Masing-masing kelompok menghitung lamanya kegiatan selama satu hari. Sebelum siswa bekerja guru menjelaskan cara menentukan lamanya suatu kegiatan.
Ayo Berlatih!
Coba kerjakan soal berikut di buku latihan tema ya nak!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar