Hari/Tanggal Rabu, 29 Mei 2024
Semoga anak - anak hari ini dalam keadaan sehat dan semangat dalam belajar.
1. Peserta didik mampu menuliskan arti Bhinneka Tunggal Ika
2. Peserta didik mampu menentukan asal daerah dari makanan khas rendang
3. Peserta didik mampu menyimpulkan agama yang dianut
4. Peserta didik mampu menentukan bunyi sila tentang keragaman suku dan budaya
5. Peserta didik mampu menyimpulkan hal yang dilakukan akibat perbedaan dua bahasa
6. Peserta didik mampu menentukan sikap yang harus dilakukan berkenaan senjata tradisional
7. Peserta didik mampu menunjukkan sikap menghargai keragaman lagu daerah
8. Peserta didik mampu menentukan sikap bersyukur kepada Tuhan adanya perbedaan karakteristik
9. Peserta didik mampu menyimpulkan sikap yang dapat dilakukan untuk menyikapi keberagaman
10. Peserta didik mampu memilih sikap saling menghargai keberagaman sosial budaya
11. Peserta didik mampu menentukan semboyan bangsa Indonesia
12. Peserta didik mampu menentukan nama rumah adat Papua
13. Peserta didik mampu menentukan nama kain tradisonal Lampung
14. Peseta didik mampu menentukan 2 lagu daerah
15. Peserta didik mampu menyebutkan 3 tarian daerah beserta daerah asalnya
16. Peserta didik mampu menentukan sikap yang dilakukan untuk memperkuat NKRI sebagai pelajar
17. Peserta didik mampu menunjukkan pernyataan yang benar mengenai NKRI
18. Peserta didik mampu menunjukkan sikap semangat persatuan
19. Peserta didik mampu menyebutkan makna sumpah pemuda
20. Peserta didik mampu menunjukkan pernyataan yang benar mengenai NKRI
21. Peserta didik mampu menentukan pengaruh peristiwa sumpah pemuda terhadap keutuhan NKRI
22. Peserta didik mampu memberi contoh pengamalan nilai luhur Pancasila di sekolah berkenaan NKRI
23. Peserta didik mampu menentukan hal yang dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah
24. Peserta didik mampu memilih salah satu contoh mencerminkan uapaya menjaga keutuhan NKRI dalam kehidupan masyarakat
25. Peserta didik mampu menentukan sila Pancasila yang menekankan kerukunan agar NKRI tetap terjaga
26. Peserta didik mampu menentukan makna negara kesatuan
27. Peserta didik mampu menunjukkan tujuan dasar dibentuknya NKRI
28. Peserta didik mampu memilih contoh menjaga keutuhan NKRI di lingkungan masyarakat
29. Peserta didik mampu menentukan yang bertanggung jawab menjaga keutuhan NKRI
30. Peserta didik mampu menentukan contoh menjaga keutuhan NKRI di lingkungan masyarakat
31. Peserta didik mampu menentukan alasan harus menjaga keutuhan NKRI
32. Peserta didik mampu menuliskan 3 contoh sikap menjaga keutuhan NKRI
33. Peserta didik mampu menunjukkan manfaat gotong royong
34. Peserta didik mampu menentukan alasan gotong royong perlu ditingkatkan
35. Peserta didik mampu menunjukkan bentuk kerja sama yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari
36. Peserta didik mampu mampu menentukan tindakan gotong royong yang dilakukan
37. Peserta didik mampu menentukan gotong royong yang harus dilakukan
38. Peserta didik dapat menunjukkan gotong royong di lingkungan masyarakat
39. Peserta didik mampu menunjukkan gotong royong di lingkungan keluarga
40. Peserta didik mampu menentukan tindakan yang harus dilakukan berkenaan gotong royong
41. Peserta didik mampu menunjukkan gotong royong di lingkungan masyarakat
42. Peserta didik mampu menentukan tujuan gotong royong yang dilakukan warga
43. Peserta didik mampu menentukan sikap yang harus dilakukan berkenaan gotong royong
44. Peserta didik mampu menentukan tujuan gotong royong
45. Peserta didik mampu menentukan yang tidak boleh dilakukan dalam bergotong royong
46. Peserta didik mampu menentukan pengamalan sila Pancasila tentang gotong royong
47. Peserta didik mampu menentukan manfaat gotong royong
48. Peserta didik mampu menentukan gotong royong di lingkungan sekolah
49. Peserta didik mmapu memberikan 3 contoh gotong royong di lingkungan sekolah
SUMATIF 1 PENDIDIKAN PANCASILA
PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1.
Kalimat Bhinneka tunggal ika
terdapat dalam sebuah buku yang berjudul....
a.
Negara Kertagama
b.
Sutasoma
c.
Babad tanah jawi
d.
Mahabarata
2.
Sikap kita terhadap teman yang
berbeda keyakinan agama adalah .....
a.
Tetap
bersahabat
b.
Menjauhinya
c.
Memusuhinya
d.
Menghindarinya
3.
Kerukunan akan terwujud apabila
umat beragama saling .....
a.
mencaci
b.
menghormati
c.
mengumpat
d.
meminta
4.
Sikap menghormati dan menghargai
antarumat beragama merupakan perwujudan dari sila ..... dari Pancasila
a. ke-1 b.
ke-3 c.ke-2 d. ke-4
5.
Mempelajari tarian tradisional
Indonesia adalah salah satu cara untuk .....
a.
mengenali kesenian asing
b.
melestarikan budaya asing
c.
melestarikan budaya Indonesia
d.
menjaga diri dari pengaruh luar
6.
Tari Jaipong merupakan tarian
berasal dari daerah...
a.
Jawa Tengah
b.
Jawa Barat
c.
Yogyakarta
d.
Bali
7.
Salah satu cara menghargai budaya
suku lain adalah....
a.
menonjolkan budaya sendiri
b.
memusuhi teman dari suku lain
c.
mengejek penampilan kesenian
daerah lain
d.
menikmati pertunjukan seni suku
lain
8.
Bangsa Indonesia akan menjadi
bangsa yang kuat jika....
a. pemerintahannya kuat
b. sumber daya alamnya melimpah
c. rakyatnya bersatu
d. persenjataanya lengkap
9.
Sejak zaman dahulu bangsa
Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, bahasa, dan budaya. Hal tersebut
sesuai dengan semboyan bangsa Indonesia .....
a. Merdeka atau mati
b. Bhinneka Tunggal Ika
c. Mati satu tumbuh seribu
d. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh
10.
Pencetus semboyan Bhinneka
Tunggal Ika adalah .....
a. Gajah
Mada
b. Mpu Tantular
c. Hayam Wuruk
d. Mpu Gandring
Esay!
1. Rumah adat yang berasal dari daerah Sulawesi Selatan adalah . . .
2. Apa yang dimaksud dengan
perbedaan dalam keragaman di Indonesia?
3. Setiap manusia memiliki
perbedaan. Perbedaan apa saja yang dimiliki oleh manusia, tuliskan!
4. Apa yang dimaksud dengan
toleransi?
5. Bagaimana cara menyikapi
perbedaan yang ada di Indonesia?
I.
Berilah
tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d untuk jawaban yang benar!
1.
Menurut Undang – undang
dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal 1 ayat (1) bahwa Negara
Indonesia berbentuk . . .
a.
Negara persemakmuran
b.
Negara Serikat
c.
Kerajaan
d.
Negara Kesatuan
2.
Sistem pemerintahan yang
dijalankan oleh pemerintah negara Indonesia adalah . . .
a.
Sistem Parlementer
b.
Sistem Presidensial
c.
Sistem Liberal
d.
Sistem demokrasi Liberal
3.
Sumpah pemuda merupakan
salah satu faktor yang memperkuat keutuhan NKRI. Pernyataan yang kurang tepat
berkaitan dengan Sumpah Pemuda adalah . . .
a.
Sumpah Pemuda merupakan
peristiwa merintisnya perjuangan seluruh rakyat Indonesia dalam meraih
kemerdekaan
b.
Sumpah Pemuda merupakan
kebualatan tekad para pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
c.
Sumpah Pemuda melahirkan
semangat – semangat baru untuk mewujudkan kemerdakaan
d.
Sumpah Pemuda melemahkan
semangat para pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan
4.
Pancasila merupakan faktor
memperkuat keutuhan NKRI. Pancasila mengandung bermacam – macam nilai yang
menjadi pedoman bagi bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan sehari –
hari. Adapun nilai – nilai Pancasila bersifat . . .
a.
Terpecah – belah
b.
Universal
c.
Kedaerahan
d.
Internasional
5.
Perhatikan Pernyataan berikut ini!
1)
Kami Putra dan Putri
Indonesia, Menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia
2)
Kami Putra Putri Indonesia,
mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia
3)
Kami Putra dan Putri
Indonesia mengaku bebangsa yang satu, bangsa Indonesia
Dari pernyataan di atas urutkan isi sumpah Pemuda
yang benar adalah . . .
a. 1), 3), 2)
b. 2), 3), 1)
c. 3), 2), 1)
d. 2), 1), 3)
6.
Kemampuan dan daya tahan
negara dalam menghadapi tantangan, ancaman, dan gangguan yang datang dari dalam
maupun dari luar negeri yang dapat membahayakan bangsa dan Negara disebut . . .
a.
Keutuhan Negara
b.
Ketahanan Nasional
c.
Persatuan Nasional
d.
Kesetiakawanan Nasional
7.
Peran penting keutuhan NKRI
bagi bangsa Indonesia adalah . . .
a.
Memberikan gambaran Negara
di masa akan datang
b.
Meredam konflik yang
terjadi
c.
Menentukan keberhasilan
pembangunan Negara
d.
Menyelesaikan masalah –
masalah bangsa
8.
Hal yang harus dijaga dalam
kaitannya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kehidupan
di rumah adalah . . .
a.
Sesuka hati dalam bertindak
b.
Melakukan perintah orang
tua apabila diingatkan
c.
Memaksakan kehendak diri
kepada anggota keluarga lainnya
d.
Saling menghormati dan
menghargai anggota keluarga lainnya
9.
Indonesia juga memiliki
banyak produk lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri.
Oleh sebab itu Andi lebih senang membeli produk produk Indonesia, contoh sikap
bangga terhadap bangsa Indonesia yang dilakukan Andi adalah . . .
a.
Bangga menggunakan bahasa
Indonesia
b.
Bangga menggunakan pakaian
adat ataupun batik
c.
Bangga menggunakan produk
buatan Indonesia
d.
Bangga menjaga fasilitas
umum
10.
Setiap daerah memiliki ciri
khas pakaian adat masing – masing. Lani selalu senang ketika menggunakan
pakaian adat daerahnya apalagi jika dia dapat menggunakan pakaian adat yang
berasal dari daerah lain. Contoh sikap bangga terhadap bangsa Indonesia yang
dilakukan Lani adalah . . .
a.
Bangga menggunakan bahasa
Indonesia
b.
Bangga menggunakan pakaian
adat ataupun batik
c.
Bangga menggunakan produk
buatan Indonesia
d.
Bangga menjaga fasilitas
umum
II.
Isilah titik – titik di bawah ini dengan jawaban yang paling
tepat!
1. Indonesia terdiri dari sekitar 1.340 suku bangsa. Salah satu sukunya
yaitu suku dayak. Terdapat di pulau apakah suku dayak . . .
2. Tarian yang berasal dari Bali adalah . . .
3. Salah
satu faktor yang memperkuat keutuhan NKRI adalah dasar Negara sekaligus
pandangan hidup bangsa yang memiliki nilai – nilai dijadikan pedoman dalam
menjalankan kehidupan. Faktor yang dimaksud adalah . . .
4. Pihak
yang wajib menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
adalah . . .
5. Wilayah
NKRI dibagi menjadi 38 Provinsi. Masing – masing Provinsi memiliki kepala
daerah yang disebut . . .
SUMATIF 3 PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 4
Pilihlah jawaban a, b, c atau d yang paling tepat!
1.
Gotong royong merupakan budaya masyarakat Indonesia sejak zaman nenek
moyang, dengan semangat kekeluargaan, gotong royong dilakukan untuk tujuan
bersama. Masyarakat yang melakukan gotong royong belajar dengan sukarela tanpa
mendapatkan imbalan. Dari teks dapat disimpulkan bahwa gotong royong adalah...
a. Sebuah kegiatan
masyarakat yang dilakukan bersama dengan mendapat imbalan
b. Sebuah kegiatan yang
dilakukan untuk tujuan bersama dengan sukarela tanpa mendapat imbalan
c. Sebuah kegiatan yang
dilakukan untuk tujuan bersama dengan mendapat imbalan
d. Sebuah kegiatan yang
dilakukan masyarakat bersama untuk kepentingan pribadi
2.
Manfaat dari kegiatan
gotong royong yang dilakukan pada gambar adalah
. . .
a. Membuat lingkungan
menjadi bersih, nyaman dan asri
b. Membuat lingkungan
menjadi kotor
c. Pekerjaan menjadi
lebih berat
d. Membuat lingkungan
menjadi banyak penyakit
3.
Membersihkan
lingkungan sekolah adalah tanggung jawab ....
a.
ketua kelas
b.
penjaga
sekolah
c.
semua warga
sekolah
d.
kepala
sekolah
4.
Contoh
kegiatan gotong royong di lingkungan masyarakat adalah ….
a.
merapikan
ruangan kelas
b.
membersihkan
selokan di sekolah
c.
membantu
teman yang kesulitan
d.
memperbaiki
pos ronda
5.
Gotong royong akan membuat semua pekerjaan ....
a.
susah
b.
menjadi lebih berat
c.
lama selesainya
d.
cepat selesai
6.
Manfaat utama gotong royong adalah....
a. Meningkatkan persaingan di antara warga.
b. Mengurangi kekayaan budaya lokal.
c. Memperkuat kebersamaan dan rasa solidaritas antar anggota
masyarakat.
d. Menciptakan kesenjangan sosial di antara warga.
7.
Bagaimana peran gotong royong dalam pelestarian
lingkungan?
a. Dapat
mengakibatkan peningkatan polusi lingkungan.
b. Membantu
dalam membersihkan sampah dan menjaga kebersihan lingkungan.
c. Menyebabkan
kerusakan lingkungan akibat aktivitas manusia yang berlebihan.
d. Tidak
memiliki kaitan dengan upaya pelestarian lingkungan.
8.
Permainan berikut yang membutuhkan kerja
sama antar anggota adalah.....
a. Kelereng
b. Panjang pinang
c. Petak umpet
d. Layang-layang
9.
Kegiatan memperbaiki jalan kampung yang
rusak secara bersama-sama perlu dipertahankan, karena.....
a. Menyebabkan perpecahan
b. Memperlemah persatuan
c. Memperkuat persatuan
d. Merugikan orang lain
10. Arman mengajakmu untuk mengerjakan tugas kelompok. Sebaiknya
kamu.....
a. Ikut mengerjakan bersama
b. Pura-pura sakit
c. Pura-pura tidak mengetahui
d. Menolak ajakan tersebut
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
benar!
1. Tuliskan manfaat bekerjasama dengan bergotong royong!
2. Tuliskan nilai – nilai dalam bergotong royong!
3. Tuliskan 2 contoh gotong royong di rumah!
4. Tuliskan 2 contoh gotong royong di sekolah!
5. Apa kerugian jika kita tidak mau bekerja sama dengan
orang lain?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar