About

Senin, 17 November 2025

Bahasa Indonesia dan Matematika

 Welcome to Grade 2B

Nama Guru                 : Fitka Afrillita, S.Pd & Resky Kusumawardati, S.Kom., S.Pd.

Satuan Pendidikan     : SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung

Kelas / Semester         : 2B / 1

Hari, Tanggal              : Selasa, 18 November 2025


Hello, Kids! 

Good morning sholeh-sholehah kelas 2B SD AL-AZHAR 2

Bagaimana kabarnya hari ini? Alhamdulillah, luar biasa, tetap semangat, ALLAHUAKBAR. MasyaAllah alhamdulillah ya nak semuanya hari ini pasti semangat sholeh-sholehah bu guru. Selanjutnya anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dan murojaah surat pendek.

Membaca doa belajar sebelum pembelajaran dimulai :                      

Ayo sebelum kita memulai pembelajaran pada hari ini, bu guru mau cek kehadiran terlebih dahulu ya, siapa yang hari ini tidak hadir?

Baik kita lanjutkan ya pembelajaran hari ini.. Pada pertemuan sebelumnya kita telah latihan membuat struktur cerita dari alur awal, tengah, akhir dan aturan disekolah. Oke hari ini kita melanjutkan menulis tegak bersambung dan matematika tentang pengukuran waktu, oke pertama mari kita simak video pembelajarannya ya, semangat anak-anak sholeh dan sholehah ^^


📌 Metode dan Media ajar

o Metode/ Model pembelajaran : Discovery Learning

o Media ajar : Video pembelajaran, LKPD


    📌 Capaian Pembelajaran (CP):

1. Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Murid  mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orangdewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Murid  mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Murid  mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

2. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangancacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingka mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.  Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda  konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak   (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

📌 Tujuan Pembelajaran (TP)

1.  Murid dapat berbicara dengan santun menggunakan intonasi dan volume suara yang tepat sesuai situasi.

2. Membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu.

📌 Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

1. Murid dapat dapat menunjukkan sikap santun saat berbicara kepada teman, guru, dan orang dewasa.

2. Murid dapat mengatur volume suara dan intonasi sesuai tempat dan lawan bicara.

3. Murid dapat mempraktikkan berbicara santun melalui dialog, permainan peran, atau kegiatan diskusi.

4. Murid dapat membedakan cara berbicara dalam situasi formal (misalnya : berbicara di kelas) dan informal (misalnya: berbicara dengan teman).

5. Murid dapat membuat cerita dengan struktur awal, tengah dan akhir yang sederhana.

6. Murid dapat membandingkan durasi waktu dua kegiatan sederhana

7. Murid dapat menyimpulkan perbandingan panjang, berat, dan waktu melalui kegiatan konkret.



MATERI BAHASA INDONESIA 
 

KATA KERJA AKTIF DAN KATA KERJA PASIF

PENGERTIAN

Kata kerja aktif Adalah kata kerja yang menunjukkan bahwa subjek (pelaku) melakukan Tindakan atau  pekerjaan.

Kalimat aktif : Kalimat yang subjeknya melibatkan suatu pekerjaan

CIRI-CIRI UMUM

1.     Kata kerja aktif menggunakan awal me- atau ber-

2.     Fokus pada pelaku aksi

CONTOH : Membaca, menulis, memasak

Bermain, berpetualang, berdoa

 


PENGERTIAN

Kata kerja aktif Adalah kata kerja yang menunjukkan bahwa subjek (penerima) memberi tindakan dari orang lain.

Kalimat pasif : Kalimat yang subjeknya dikenai suatu pekerjaan.

CIRI-CIRI UMUM

1.     Kata kerja aktif menggunakan awal di- atau ter-

2.     Fokus pada pelaku aksi

CONTOH : ditulis, diantar, dipotong

Terkena, terjatuh, tersembunyi 

 




MATERI MATEMATIKA



🕒 1. Pengertian Waktu

Waktu digunakan untuk mengetahui kapan sesuatu terjadi.
Contoh: kapan kita bangun tidur, makan, atau pergi ke sekolah.

🕓 2. Satuan Waktu

Ada tiga satuan waktu utama yang perlu diketahui:

  1. Detik (s)
    👉 Waktu yang sangat singkat.
    Contoh: menghitung “satu... dua... tiga...” saat bermain.
    ⏱️ 1 menit = 60 detik

  2. Menit (menit)
    👉 Waktu yang agak lebih lama dari detik.
    Contoh: menyikat gigi selama 2 menit.
    ⏰ 1 jam = 60 menit

  3. Jam (jam)
    👉 Waktu yang lebih lama lagi.
    Contoh: kita belajar di sekolah selama 5 jam.

🕕 3. Membaca Jam

Jam ada dua jenis:

  • Jam analog (pakai jarum)

  • Jam digital (pakai angka)

🕐 Jam analog

Ada tiga jarum:

  • Jarum pendek → menunjukkan jam

  • Jarum panjang → menunjukkan menit

  • Jarum tipis → menunjukkan detik

📖 Contoh:
Jika jarum pendek di angka 3 dan jarum panjang di angka 12, maka jam menunjukkan pukul 3 tepat.

📷 Contoh Gambar (bisa digambar di papan tulis atau kertas)

 

Jarum pendek → 3

Jarum panjang → 12

→ Waktu: pukul 3 tepat

LATIHAN :




REFLEKSI & KESIMPULAN PEMBELAJARAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar