About

Selasa, 13 Agustus 2019

Tema 2 Subtema 2 PB 2 dan 3

Hari/Tanggal : Rabu, 14 Agustus 2019
Tujuan Pembelajaran :
·         siswa mampu menunjukkan contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dengan tepat.
·         siswa mampu menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat dengan benar.
·         siswa mampu menyanyikan lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tepuk tangan dengan percaya diri.
·         siswa mampu mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

·         siswa mampu menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara aman menggunakan listrik dengan sistematis
PB 2
PKn
      Energi di manfaatkan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Benda-benda di sekitar kita juga dibuat dengan memanfaatkan energi. Setiap hari, untuk menulis dan menggambar kamu menggunakan kertas. Tahukah kamu bagaimana kertas dibuat? Energi apa yang dimanfaatkan dalam proses pembuatannya?

Mengapa Harus menghemat Kertas?Kertas diproduksi dengan menggunakan mesin yang menghasilkan energi sangat besar. Bahan utama pembuatan kertas adalah pohon dan air. Untuk membuat 1 rim kertas berukuran A4 diperlukan 1 pohon yang usianya 5 tahun. Untuk menghasilkan satu lembar kertas dibutuhkan 2 gelas air.
Amati di sekitarmu. Tulislah manfaat kertas yang sehari-hari kamu temui. Kertas digunakan untuk menulis, untuk membuat buku, untuk surat menyurat, untuk fotocopy, untuk membuat kerajinan, untuk mencetak gambar dll.
Setujukah kamu dengan penggunaan kertas berikut. Mengapa? Saya tidak setuju karena boros kertas.
Mengapa kita harus menghemat penggunaan kertas? Setiap proses produksi kertas memerlukan bahan kimia, air dan energi dalam jumlah besar dan tentu saja bahan baku, yang pada umumnya berasal dari kayu. Untuk itu penggunaan kertas harus sehemat mungkin karena sumber daya untuk membuat kertas terbatas.
Tulislah cara untuk menghemat kertas?
  1. Tidak dengan mudah membuang kertas, pikirkan kembali kemungkinan kertas tersebut digunakan untuk hal-hal lainnya.
  1. Memaksimalkan penggunaan kertas yaitu menggunakan semua bagian sisi kertas seperti saat mencetak, gunakan kedua sisi kertas.
  1. Mengumpulkan sisa-sisa kertas untuk dapat diolah atau didaur ulang lagi
  1. Koran, majalah, atau kalender bekas dapat digunakan untuk membungkus
  1. Ketika akan mencetak suatu dokumen, cobalah pertimbangkan prioritas dan kebutuhannya. Jika dokumen tersebut perlu dicetak, gunakan ke dua sisi kertas.
  1. Menggunakan kertas hanya saat-saat dibutuhkan saja,
Ketika kita menghemat kertas, kita ikut menghemat penggunaan energi. Kita juga menghemat pohon-pohon di hutan. Kita ikut menjaga bumi kita supaya setiap orang bisa hidup nyaman di bumi. Menggunakan kertas yang sisinya masih kosong, teliti saat menulis, menggunakan hanya benar-benar
ketika dibutuhkan adalah hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghematnya. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah menghemat kertas.
Tulis contoh-contoh pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. Ceritakan pengalamanmu menggunakan kertas.
Penggunaan kertas yang boros mengakibatkan pemborosan sumber daya alam, sebaiknya ketika kita menggunakan kertas kita gunakanlah dengan bijak. Misalnya saat menulis gunakanlah kedua sisi kertas sehingga dapat menghemat kertas. Dengan menggunakan kertas sesuai kebutuhan kewajiban kita untuk melestraikan sumber daya lam sudah dilaksanakan, selain itu kita juga memperoleh hak yaitu menggunakan kertas tersebut.
Sebagai bagian dari anggota masyakat kita harus melaksanakan hak dan kewajiban kita secara seimbang. Kita berhak menggunakan kertas, tapi orang lain juga berhak untuk hidup di lingkungan yang nyaman. Kewajiban kitalah untuk menghemat kertas.
SBdP

  1. Notasi Angka
Notasi angka adalah sistem penulisan lagu yang menggunakan simbol-simbol                       angka. Angka-angka yang dipakai adalah sebagai berikut;
1    2    3    4    5    6    7
do  re  mi  fa  sol  la  si

(0) Angka nol sebagai tanda diam atau istirahat.
 Notasi angka pertama kali ditemukan oleh Guido D'Arezzo (990-1050) seorang ahli          teori musik dari Perancis yang lama menetap di Arrezo, Italia. Guido D'Arezzo adalah          orang yang menciptakan suatu metode membaca notasi musik dengan menggunakan           suara manusia.
       Dalam perkembangannya, notasi angka kurang efektif karena tidak memiliki patokan           tinggi nada yang tetap. Notasi angka lebih tepat digunakan dalam pembelajaran vokal           (menyanyi).
Sekarang, saatnya kamu berlatih dengan teman-temanmu untuk menyanyikan lagu “Menanam Jagung” dengan tempo sedang. Tambahkan dengan tepuk tangan atau ketukan untuk mengiringi kamu bernyanyi.
Menanam Jagung
Bernyanyilah dalam kelompok. Mintalah pendapat temanmu. Apakah saat kamu bernyanyi sudah sesuai tinggi rendah nada? Apakah sudah sesuai tempo?


PB 3
IPA
Sekilas Tentang Energi Listrik
Energi listrik adalah energi yang berasal dari muatan listrik, sehingga bisa membuat medan medan listrik statis dan menghasilkan gerakan-gerakan elektron di dalam konduktor ataupun ion di dalam zat cair atau gas. Arus listrik sendiri ada dua macam yaitu arus listrik DC dan juga arus listrik AC.
Seperti contoh, jika kita ingin menyalakan setrika dan juga televisi, jika tidak ada listrik kita tidak bisa menyalakan kedua benda ini, karena kedua benda ini membutuhkan listrik sebagai energi utamanya. Berikut adalah contoh dari pemanfaatan energi listrik bagi manusia.
Salah satu contoh dari manfaat energi listrik adalah sebagai penerangan di malam hari. Pada saat siang, kebanyakan lampu tidak akan dihidupkan lantaran sudah ada cahaya matahari yang sangat terang yang menyinari tempat tinggal kita. Kita tidak membutuhkan penerangan buatan semacam lampu pada saat siang hari karena bagaimanapun juga sinar dari matahari mempunyai terang yang sangat hebat sehingga kita bisa melihat indahnya dunia.
Namun tidak untuk malam hari. Listrik menjadi salah satu enegi yang banyak dibutuhkan untuk menghidupi listrik agar lampu menyala. Penerangan alami pada malam hari hanyalah bulan namun cahayanya tidak seterang cahaya matahari. Pemanfaatan listrik sebagai penerangan di malam hari adalah manfaat yang banyak dimanfaatkan oleh manusia.
Manfaat energi listrik kedua adalah menunjang kebutuhan hidup kita sehari hari. Misalnya saja ketika kita ingin memasak air menggunakan kompor dan kompornya kehabisan gas, maka kita bisa menggunakan dispenser untuk memasak air. Kita bisa saja menggunakan api dan kayu bakar, namun bagi sebagian orang hal ini sudah terlanjur kuno dan banyak ditinggalkan, khususnya bagi yang tinggal di daerah kota.
Contoh lain adalah ketika kita ingin memanggang roti, kita bisa saja menggunakan oven yang membutuhkan listrik agar oven menyala. Cara ini terbilang praktis jika dibandingkan dengan menggunakan panggangan langsung karena membutukan proses yang sangat lama. Selain itu, aroma yang ditimbulkan juga akan bercampur dengan kayu bakar.
Ketika kita ingin mendapatkan manfaat energi listrik dari sumber listrik, maka sebaiknya kita menggunakan listrik dengna hemat karena setiap waktu dan setiap tahun pasokan listrik untuk penduduk juga akan semakin bertambah. Belum lagi jika di Negara kita yang kebanyakan pembangkit listriknya menggunakan air dan uap.
Jika air yang digunakan sebagai sumber energi tersebut berkurang jumlahnya akibat musim kemarau, maka pasokan listrik juga akan semakin berkurang. Kita bisa mengganti dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga surya, namun proses instalasi pembangkit listrik dengan menggunakan tenaga matahari ini sangatlah mahal. Belum lagi jika penanganan pembangkit listrik ini membutuhkan SDM yang berkualitas dan harus mengerti.
Sebenarnya manfaat dari energi listrik hanya dibagi menjadi dua bagian saja yaitu sebagai penerangan dimalam hari dan sebagai penunjang aktifitas kita. Jika tidak ada listrik, maka semua benda elektronik yang kita punyai di rumah tidak akan berfungsi. Untuk itu, penting bagi kita jika kita menghemat dalam penggunaan listrik, seperti jangan menyalakan lampu di siang hari dan jangan menggunakan mesin air otomatis karena pasokan dari listrik di Indonesia juga bisa saja habis dan terbatas. Itulah beberapa manfaat dari manfaat energi listrik, dan semoga bermanfaat.
Bahasa Indonesia
Teks Petunjuk Menggunakan Listrik dengan Aman

Bacalah petunjuk menggunakan listrik dengan aman:
1.    Ikuti buku petunjuk penggunaan  
2.    Perhatikan daya listrik  
3.    Hati-hati saat menyalakan atau mematikan peralatan listrik 
 4.    Beri sedikit ruang di sekitar peralatan listrik
 5.    Jangan sentuh peralatan listrik jika tangan basah 
.6.    Jangan meletakan peralatan listrik dekat bahan kimia 
 7.    Matikan peralatan listrik jika sedang mati lampu

1 komentar: