About

Senin, 23 November 2020

Tema 5 Sub Tema 2 PB 5 dan 6

Hari/tanggal : Senin/23 November 2020

Assalamulaikum.wr.wb.

Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :

ABSENSI VD

Hari ini kita akan mempelajari tentang Hubungan Antar Makhluk Hidup dengan Lingkungan, Melengkapi Informasi dari teks nonfiksi, Pola lantai Tari dan Semangat kekeluargaan dan gotong royong.  Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.

Pembelajaran 5 dan 6

Muatan Pelajaran : IPA (KD 3. 5 dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2), dan PPKn (KD 3.

Rangkuman Materi :

IPA (KD 3. 5 dan 4. 5)

HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA

A. Simbiosis

Hubungan antarmakhluk hidup yang khas disebut simbiosis. Di alam dikenal tiga macam kehidupan simbiosis yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme.

1.   Simbiosis mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang saling menguntungkan.

Contoh :

1.   hubungan serangga dan tumbuhan berbunga.

Serangga seperti kupu-kupu, lebah, dan kumbang mengambil nektar dari bunga untuk makanannya, serangga membantu proses penyerbukan pada bunga.

2.   Simbiosis komensalisme

Simbiosis komensalisma adalah hubungan ketergantungan antara makhluk hidup, di mana satu pihak diuntungkan namun pihak yang lain tidak dirugikan. Contohnya adalah sebagai berikut:

A. Ikan remora dengan ikan hiu.

Ikan-ikan kecil yang disebut remora, menempel pada tubuh ikan hiu. Remora mendapatkan sisa-sisa makanan dari ikan hiu. Selain itu, remora dapat bepergian ke manapun tanpa takut dimangsa oleh ikan-ikan besar lain. Hiu tidak diuntungkan maupun dirugikan.

3.   Simbiosis parasitisme

Simbiosis parasitisma adalah hubungan ketergantungan yang hanya menguntungkan salah satu pihak. Contohnya adalah sebagai berikut:

A.Benalu yang hidup di pohon inang.

Selain menumpang hidup, benalu juga mengambil makanan dari tumbuhan inang yang ditumpanginya. Akibatnya tumbuhan yang ditumpangi mengalami kerugian karena kehilangan zat-zat makanan dan pertumbuhannya terganggu.


Bahasa Indonesia (KD 3. 7 dan 4. 7)

Melengkapi informasi teks nonfiksi yang dibaca

Untuk melengkapi informasi-informasi teks nonfiksi yang dibaca , kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut:

a.       Membaca teks dengan seksama

b.      Menggaris bawahi kata kunci atau ide pokok pada setiap paragraph teks.

c.       Menjawab pertanyaan yang diberikan.

 

SBdP (KD 3. 2 Dan 4. 2)

 properti adalah barang yang digunakan dalam tarian untuk memperjelas tema suatu tarian misalnya tari pakarena - dari sulawesi selatan dengan menggunakan properti kipas yang memakai lagu pakarena sebagai iringan tariannya

.Unsur pola lantai adalah pola yang digunakan sebagai posisi penari dalam menarikan suatu tarian, terdapat pola lantai garis lurus (vertical dan horizontal) seperti pada gerak tari tradisional seperti tari saman - dari aceh dengan menggunakan iringan berupa tepukan, terdapat pula pola lantai garis lengkung seperti pada tari kecak - dari bali dengan menggunakan iringan berupa ucapan "cak cak cak"

 

PPKn (KD 3. 4 dan 4. 4)

Semangat kekeluargaan dan gotong royong

Gotong royong merupakan sebuah kegiatan bersama yang bertujuan mencapai kemajuan bersama. Gotong royong telah menjadi kepribadian bangsa dan budaya semenjak dahulu. Budaya ini telah ada sebelum Indonesia merdeka dan telah berakar di dalam kehidupan masyarakat. Gotong royong menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong. Dengan demikian, rasa persatuan dan kesatuan nasional terus terbina.

Bangsa Indonesia menganut prinsip Kolektivis. yakni mengutamakan kepentingan kelompok. Hal ini bisa kita lihat, dalam perembukan PANCASILA, yang tidak hanya mementingkan 1 kelompok, tapi juga kelompok lain.

Dalam era saat ini, gotong royong dapat diaplikasikan melalui

1. Kerja bakti

2. Musyawarah mufakat

3. Saling membantu sesuai bidang masing-masing

adapun gotong royong tercipta, karena adanya perasaan ketergantungan satu sama lain, dan perasaan senasib sepenanggungan

 Setelah mempelajari materi di atas jika ada yang kurang di pahami dapt bertanya di WA grup dan Jang lupa berikan komentar Mu di blog Bu guru, jika paham materi di atas dapat kerjakan latihan soal berikut ini!

Latihan Soal Tema 5 Sub Tema 2

Jika sudah selesai mengerjakan soal silahkn konfirmasi ke WA grup ya nak dan jangan lupa kirimkan bukti screenshoot nya jika kalian sudah mengerjakan soal latihan hari ini terimakasih anak Sholeh/Sholeha VD 

Wassalamu'alaikum.wr.wb 


13 komentar:

  1. M. Zidane Aljabarho RS
    5D
    Saya sdh menyimak, memahami materi dan sdh mengerjakan latihan soal, terimakasih Bu🙏

    BalasHapus
  2. Nama: keisya dheandra putri
    Kelas:5D
    Ket: saya sdh membaca materi d atas Bu namun ada yg mau sy tanyakan bagaimana cara benalu mengambil sari makanan dari tanaman induk nya Bu...trimakasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimkasih keisya jadi cara benalu mengambil sari makanan pada tanaman induknya adalah dengan dengan cara menancapkan akarnya pada bagian akar maupun batang tanaman inang. Dengan cara tersebut maka tumbuhan parasit dapat mengambil makanan yang diedarkan tumbuhan inang ke bagian yang ditempelinya.
      begitu nak caranya.

      Hapus
  3. Nama :Amelia sari
    Kelas:5D
    Ket:saya sudah membaca dan memahami meteri diatas dan saya sudah mengerjakan latihan soal nya bu. Terimakasih

    BalasHapus
  4. Nama :ana anisa olivia
    Kelas:5D
    Anisa sudah memahami nya bu

    BalasHapus
  5. gafito oktabara setiawakelas 5d
    saya sudah memahami mayeri nya ibu

    BalasHapus
  6. Nama: Annora Quinn a.s
    Kelas: 5D
    Ket: Saya sudah mengerjakan latihan tema 5 SB 2 ya bu🙏🙏

    BalasHapus
  7. Nama:Raisha Putri Kasyafa
    Kls:5D
    Ket:saya sudah memahami materinya dan sudah mengerjakan latihan tema nya bu

    BalasHapus
  8. Assalamuallaikum Bu..
    Nama: Vico abiyu
    Kelas: 5D
    Ket : sudah mengerjakan latihan tema ya bu
    Terimakasih bu...

    BalasHapus
  9. Fauzy almer firdaus
    Kls 5D
    Saya sudah membaca dan menjawab soal latihan terimakasih bu

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum wr wb
    Nama: Muhammad Al Fariq
    Kelas:5D
    Keterangan:Hadir


    Saya sdh membaca materinya ibu

    BalasHapus
  11. Nama:Nikoo Febrian Hartono
    Ket:Hadir

    Saya Sudah Membaca Dan Memahami Materi Dan Sudah Mengerjakan Soal Tema

    Terima Kasih Bu

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum Bu
    Aqillasiti Fathiyya kls 5 D
    Ket: saya sudah mengerjakan latihan nya Bu terimaksh

    BalasHapus