Hari/tanggal : Senin/23 November 2020
Assalamulaikum.wr.wb.
Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :
Hari ini kita akan mempelajari tentang Hubungan Antar Makhluk Hidup dengan Lingkungan, Melengkapi Informasi dari teks nonfiksi, Pola lantai Tari dan Semangat kekeluargaan dan gotong royong. Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.
Pembelajaran 5
dan 6
Muatan Pelajaran
: IPA (KD 3. 5 dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), SBdP (KD 3. 2 dan
4. 2), dan PPKn (KD 3.
Rangkuman Materi :
IPA
(KD 3. 5 dan 4. 5)
HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP
DENGAN LINGKUNGANNYA
A. Simbiosis
Hubungan
antarmakhluk hidup yang khas disebut simbiosis. Di alam dikenal tiga macam
kehidupan simbiosis yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan
simbiosis komensalisme.
1.
Simbiosis
mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua jenis
makhluk hidup yang saling menguntungkan.
Contoh :
1.
hubungan
serangga dan tumbuhan berbunga.
Serangga seperti kupu-kupu, lebah,
dan kumbang mengambil nektar dari bunga untuk makanannya, serangga membantu
proses penyerbukan pada bunga.
2.
Simbiosis
komensalisme
Simbiosis komensalisma adalah hubungan ketergantungan antara makhluk hidup, di
mana satu pihak diuntungkan namun pihak yang lain tidak dirugikan. Contohnya
adalah sebagai berikut:
A. Ikan remora dengan ikan hiu.
Ikan-ikan kecil yang disebut remora,
menempel pada tubuh ikan hiu. Remora mendapatkan sisa-sisa makanan dari ikan
hiu. Selain itu, remora dapat bepergian ke manapun tanpa takut dimangsa oleh
ikan-ikan besar lain. Hiu tidak diuntungkan maupun dirugikan.
3.
Simbiosis
parasitisme
Simbiosis parasitisma adalah hubungan ketergantungan yang hanya menguntungkan salah satu pihak. Contohnya
adalah sebagai berikut:
A.Benalu yang hidup di pohon inang.
Selain menumpang hidup, benalu juga mengambil makanan dari tumbuhan inang yang ditumpanginya. Akibatnya tumbuhan yang ditumpangi mengalami kerugian karena kehilangan zat-zat makanan dan pertumbuhannya terganggu.
Bahasa
Indonesia (KD 3. 7 dan 4. 7)
Melengkapi informasi teks nonfiksi yang dibaca
Untuk melengkapi informasi-informasi teks nonfiksi
yang dibaca , kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut:
a.
Membaca teks dengan seksama
b.
Menggaris bawahi kata kunci atau ide
pokok pada setiap paragraph teks.
c.
Menjawab pertanyaan yang diberikan.
SBdP (KD 3. 2
Dan 4. 2)
.Unsur pola lantai adalah pola yang
digunakan sebagai posisi penari dalam menarikan suatu tarian, terdapat pola
lantai garis lurus (vertical dan horizontal) seperti pada gerak tari
tradisional seperti tari saman - dari aceh dengan menggunakan iringan berupa
tepukan, terdapat pula pola lantai garis lengkung seperti pada tari kecak -
dari bali dengan menggunakan iringan berupa ucapan "cak cak cak"
PPKn (KD 3. 4
dan 4. 4)
Semangat
kekeluargaan dan gotong royong
Gotong royong merupakan sebuah kegiatan bersama yang bertujuan mencapai kemajuan bersama. Gotong royong telah menjadi kepribadian bangsa dan budaya semenjak dahulu. Budaya ini telah ada sebelum Indonesia merdeka dan telah berakar di dalam kehidupan masyarakat. Gotong royong menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong. Dengan demikian, rasa persatuan dan kesatuan nasional terus terbina.
Bangsa Indonesia menganut prinsip Kolektivis. yakni mengutamakan kepentingan kelompok. Hal ini bisa kita lihat, dalam perembukan PANCASILA, yang tidak hanya mementingkan 1 kelompok, tapi juga kelompok lain.
Dalam era saat ini, gotong royong
dapat diaplikasikan melalui
1. Kerja bakti
2. Musyawarah mufakat
3. Saling membantu sesuai bidang masing-masing
adapun gotong royong tercipta,
karena adanya perasaan ketergantungan satu sama lain, dan perasaan senasib
sepenanggungan
Latihan Soal Tema 5 Sub Tema 2
Jika sudah selesai mengerjakan soal silahkn konfirmasi ke WA grup ya nak dan jangan lupa kirimkan bukti screenshoot nya jika kalian sudah mengerjakan soal latihan hari ini terimakasih anak Sholeh/Sholeha VD
Wassalamu'alaikum.wr.wb
M. Zidane Aljabarho RS
BalasHapus5D
Saya sdh menyimak, memahami materi dan sdh mengerjakan latihan soal, terimakasih Bu🙏
Nama: keisya dheandra putri
BalasHapusKelas:5D
Ket: saya sdh membaca materi d atas Bu namun ada yg mau sy tanyakan bagaimana cara benalu mengambil sari makanan dari tanaman induk nya Bu...trimakasih....
terimkasih keisya jadi cara benalu mengambil sari makanan pada tanaman induknya adalah dengan dengan cara menancapkan akarnya pada bagian akar maupun batang tanaman inang. Dengan cara tersebut maka tumbuhan parasit dapat mengambil makanan yang diedarkan tumbuhan inang ke bagian yang ditempelinya.
Hapusbegitu nak caranya.
Nama :Amelia sari
BalasHapusKelas:5D
Ket:saya sudah membaca dan memahami meteri diatas dan saya sudah mengerjakan latihan soal nya bu. Terimakasih
Nama :ana anisa olivia
BalasHapusKelas:5D
Anisa sudah memahami nya bu
gafito oktabara setiawakelas 5d
BalasHapussaya sudah memahami mayeri nya ibu
Nama: Annora Quinn a.s
BalasHapusKelas: 5D
Ket: Saya sudah mengerjakan latihan tema 5 SB 2 ya bu🙏🙏
Nama:Raisha Putri Kasyafa
BalasHapusKls:5D
Ket:saya sudah memahami materinya dan sudah mengerjakan latihan tema nya bu
Assalamuallaikum Bu..
BalasHapusNama: Vico abiyu
Kelas: 5D
Ket : sudah mengerjakan latihan tema ya bu
Terimakasih bu...
Fauzy almer firdaus
BalasHapusKls 5D
Saya sudah membaca dan menjawab soal latihan terimakasih bu
Assalamualaikum wr wb
BalasHapusNama: Muhammad Al Fariq
Kelas:5D
Keterangan:Hadir
Saya sdh membaca materinya ibu
Nama:Nikoo Febrian Hartono
BalasHapusKet:Hadir
Saya Sudah Membaca Dan Memahami Materi Dan Sudah Mengerjakan Soal Tema
Terima Kasih Bu
Assalamualaikum Bu
BalasHapusAqillasiti Fathiyya kls 5 D
Ket: saya sudah mengerjakan latihan nya Bu terimaksh