Hari/tanggal : Jum'at/27 November 2020
Assalamulaikum.wr.wb.
Apa kabar anak sholeh/sholeha VD, alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Alamin.Sebelum belajar jangan lupa dengarkan tausiah serta rangkum isinya,tadarus kemudian shalat dhuha ya nak. setelah selesai silahkan klik link berikut untuk absen :
Hari ini kita akan mempelajari tentang Menemukan Makna Kosakata serta Melengkapi Peta Pikiran, Hubungan Rantai Makanan dengan Jaring-jaring Makanan, Membuat Pertanyaan Teks Nonfiksi, Pengaruh Perubahan Lingkungan terhadap Keseimbangan Ekosistem, Ide Penciptaan Gerak Tari dan Properti Tari, Menyimpulkan Informasi dari Teks Nonfiksi, Pengaruh Letak Geografis terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat dan Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Sosial Budaya, Ekonomi . Berikut materinya ya nak simak baca baik - baik semoga kalian memahami materi yang telah diberikan.
Pembelajaran
: 1 dan 2
Muatan
Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)
Menemukan
Makna Kosakata serta Melengkapi Peta
Pikiran
Setiap kali kita membaca teks, kamu akan
menemukan kosakata di dalamnya. Kosakata dapat dicari maknanya dalam Kamus
Besar Bahasa Indonesia. Setelah membaca teks, informasi yang ditemukan dapat
diringkas dengan menggunakan pikiran. Peta pikiran dapat disajikan dengan cara
yang kreatif dan menarik untuk memudahkan seseorang memahami isi teks.
Muatan
IPA ( KD 3.5 dan 4.5)
Hubungan
Rantai Makanan dengan Jaring-jaring Makanan
Rantai makanan adalah urutan proses
memakan dan dimakan antarmakhluk hidup di dalam suatu ekosistem. Di dalam
rantai makanan terdapat beberapa peran, antara lain produsen, konsumen, dan
pengurai. Sedangkan jarring-jaring makanan adalah kumpulan beberapa rantai
makanan tersebut di dalam suartu ekosistem.
Pengertian jaring-jaring makanan adalah gabungan dari
beberapa rantai makanan yang siklusnya saling berhubungan. Jadi disimpulkan
bahwa rantai makanan adalah bagian dari jaring-jaring makanan dalam cakupan
yang lebih luas lagi.
Perbedaan rantai makanan dengan jaring-jaring makanan.Kalau
rantai makanan organisme yang terkumpul pada jaring-jaring makanan mempunyai
beberapa jenis oragnisme yang dapat dipilih menjadi makanannya.
Sedangkan pada rantai makanan, organisme yang menjadi
konsumen hanya memiliki satu pilihan makanan saja. Meskipun tersedia beberapa,
tapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan organisme yang ada pada
jaring-jaring makanan.
Contoh
Jaring-jaring Makanan
Berdasarkan contoh di atas, dapat
ditarik kesimpulan sederhana bahwa dari 13 mahluk hidup yang ada dalam sebuah
jaring-jaring makanan terdapat 8 rantai makanan berbeda. Pada setiap rantai
makanan, paus biru dan paus pembunuh menjadi mahluk hidup yang menjadi konsumen
puncak.
Di sisi lain, rumput laut dan phytoplankton
menjadi produsen pada jaring-jaring makanan tersebut. Berikut ini beberapa
kesimpulan yang bisa diambil dari contoh di atas.
- Organisme yang masuk ke dalam
siklus jaring-jaring makanan tidak harus terlibat dalam seluruh rantai
makanan yang terjadi.
- Jaring-jaring makanan tersebut
dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan produsen utamanya, yaitu phytoplankton dan
rumput laut.
- Pada siklus makanan dengan
produsen phytoplankton, zooplankton dan udang menjadi konsumen
tingkat 1. Ikan kecil jadi konsumen tingkat 2, burung camar dan anjing
laut menjadi konsumen tingkat 4, paus biru dan paus pembunuh menjadi konsumen
tingkat akhir.
- Pada jaring-jaring makanan
dengan produsen rumput laut, kepiting menjadi konsumen tingkat 1, gurita
jadi konsumen tingkat 2, pinguin dan gajah laut sebagai konsumen 3,
anjing laut konsumen tingkat 4, dan paus pembunuh sebagai konsumen tingkat
akhir
- Konsumen seperti anjing laut,
paus pembunuh, dan ikan kecil mempunyai beberapa pilihan organisme untuk
dimakan.
Muatan
Bahasa Indonesia (kd 3.7 dan 4.7)
Membuat
Pertanyaan Teks Nonfiksi
Menemukan informasib dalam teks dapat dilakukan
dengan membuat atau mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengann isi teks.
Setiap kata tanya mempunyai makna dan tujuan yang berbeda. Contoh kata Tanya
yang dapat digunakan adalah:
● APA, fungsinya adalah
untuk menanyakan SESUATU. Sesuatu yang dimaksudkan bisa keadaan atau pun
perbuatan.
● SIAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan mengenai PELAKU
suatu kejadian.
● KAPAN, fungsinya adalah untuk menanyakan WAKTU
berlangsungnya suatu kerjadian.
● (di, ke, dari) MANA, fungsinya adalah untuk menanyakan TEMPAT
atau LOKASI.
● MENGAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan perihal ALASAN
atau PENYEBAB suatu peristiwa.
● BAGAIMANA, fungsinya adalah untuk menanyakan hal hal yang
berkaitan dengan PROSES atau CARA.
● BERAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan JUMLAH, BANYAKNYA,
atau SATUAN.
Muatan
IPA 9 KD 3.5 dan 4.5)
Pengaruh
Perubahan Lingkungan terhadap Keseimbangan Ekosistem
Komponen-komponen dalam suatu ekosistem
harus seimbang. Perubahan yang terjadi pada salah satu komponen dalam
lingkungan dapat menyebabkan segala proses dalam ekosistem terganggu. Ekosistem
yang terganggu menyebabkan terganggunya rantai makanan. Jika salah satu dari
komponen rantai makanan tidak ada, komponen rantai makanan lainnya akan
terganggu.
Akibat terganggunya jaring –jaring
makanan, hewan yang ada dalam jaring-jaring makanan dapat memakan hewan lain di
ekosistem yang berbeda.
Muatan
SBdP ( KD 3.3 dan 4.3)
Ide
Penciptaan Gerak Tari dan Properti Tari
Tari merupakan karya seni yang pengungkapannya melalui gerakan. Penciptaan gerak dalam seni tari diawali dengan menentukan ide atau gagasan. Sumber ide gerak tarian biasanyadiperoleh melalui pengamatan terhadap gerak manusia, hewan, tumbuhan, atau alam. Selanjutnya, ide tersebut dikembangkan dalam bentuk gerakan dan dilengkapi dengan property, busana, tata rias, dan music yang sesuai.
Pembelajaran
: 3 dan 4
Muatan
Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)
Menyimpulkan
Informasi dari Teks Nonfiksi
Menyimpulkan berarti menyarikan
informasi berdasarkan apa yang telah diuraikan. Untuk menyimpulkan informasi
dari teks nonfiksi, dapat mengacu pad hasil identifikasi teks nonfiksi berupa
ide-ide pokok teks. Menyampaikan ide pokok dari dalam table atau peta pikiran
ke dalam beberapa kalimat menggunakan bahasau sendiri.
Salah satu contoh teks nonfiksi adalah
artikel. Artikel merupakan sebuah
tulisan yang berisi informasi yang disajikan berdasarkan fakta dan biasanya
terdapat dalam majalah ataun surat kabar.
Muatan
IPS ( KD 3.1 dan 4.1 )
Pengaruh
Letak Geografis terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat
Pengaruh letak strategis Indoneisa
memberikan keuntungan sebagai berikut :
1. Terjadi
akulturasi (percampuran) antara budaya Indonesia dengan budaya asing.
2. Memudahkan penyebran
budaya Indonesia ke luar negeri.
Sedangkan kerugiananya dalah banyak
budaya daerah yang tersingkirkan akibat masuknya budaya asing yang belum
sepenuhnya diterima di Indonesia karena bertentangan dengan norma-norma di
Indonesia.
Indonesian dikenal sebagai Negara
maritim dan Negara agraris. Indonesia mwrupaka Negara kepulauan. Indonesia
terdiri dari ribuan pulau yang dikelilingi oleh lautan. Sebagian besar wilayah
Indonesia merupakan perairan, disebut dengann Negara maritim.
Berdasarkan letak geografisnya,
Indonesia memiliki potensi maritim yang
melimpah antara lain: pariwisata bahari, minyak bumi, dan sumberdaya laut yang
beraneka ragam.
Selain potensi maritime, Indonesia
dikenal dengan Negara agraris karena banyak penduduk nyab yang bermata pencaharian sebagai petani dan
berkebun, seperti rempeh-rempah, cokelat, tembakau dan buah-buahan.
Muatan
PPKn ( KD 3.4 dan 4.4 )
Persatuan
dan Kesatuan dalam Kehidupan Sosial Budaya, Ekonomi
Keragaman latar belakang rakyat
Indonesia tidak jadi penghalang dalam kehidupan bermasyarakat. Beberapa contoh
sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan social budaya yaitu ;
1. Saling
menghormati penganut agama lain yang sedang beribadah.
2. Bergotongb
royong membeesihkan lingkungan.
3. Bekerja
saman membangun sarana umum
4. Membantu
korban bencana alam
5. Menghargai
kebudayaan suku lain.
Berikut cara menjaga persatuan dan
kesatuan dalam kegiatan ekonomi adalah :
1. Bersikap
terbuka terhadap pelaku ekonomi lain
2. Menhgormati
dan menghargai sesame pelaku ekonomi
3. Menyelesaikann
masalah yang dihadapi dengan musyawarah
4. Memanfaatkan
sumber daya alam dengan bijaksana
5. Menjalinn
kerja sama dengan baik dan bersikap jujur
Berikut manfaat persatuan dan kesatuan
dalam kegiatan ekonomi adalah :
1. Kebutuhan
ekonomi rakyat dapat terpenuhi
2. Pemerataan
kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia dapat tercapai
3. Terbukanya
lapangan pekerjaan sehingga mengurangin penggangguran
Nama:Nayaka putri akila
BalasHapusAbsen:26
Saya sudah memahami pelajaran diblog ini Bu 🙏🏻🙏🏻
gafito oktabara setiawan
Hapuskelas 5D
saya sudah memahami materi
di blog ibu
Nama: Annora Quinn a. S
BalasHapusKelas: 5D
Ket: Saya sudah memahami pelajaran NY ya bu🙏🙏
Nama:ana anisa olivia
BalasHapusKelas 5D
Anisa sudah memahami nya bu
NAMA:M.REVAN AL RIDHO
BalasHapusKELAS:5D
REVAN SUDAH MEMAHAMI NYA BU
BalasHapusAssalamuallaikum bu,,
Vico Abiyu R.F
Sudah menyimak materinya bu,terimakasih
Fauzy almer firdadus
BalasHapusKls 5D
Saya sudah membaca
materi hari ini terimakasih bu
M. Zidane Aljabarho RS
BalasHapus5D
Saya sudah menyimak materi hari ini terimakasih Bu
Ilmira Moza Aulia
BalasHapusSudah memahami pembelajaran yang ada di blogger ibu fitka
Amelia sari 5D
BalasHapussaya sudah memahami materi diatas bu